Terbit: 21 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Diabetes bisa terjadi pada siapa saja baik pria atau wanita. Penyakit ini biasanya muncul seiring dengan bertambahnya usia dari manusia meski diabetes usia muda kerap terjadi dan bisa merusak tubuh pria atau wanita.

7 Hal Pemicu Diabetes Pada Pria Muda

Dibandingkan dengan wanita, pria cenderung lebih rentan terkena obesitas. Kondisi ini terjadi karena gaya hidup pria yang kadang kurang diperhatikan setiap harinya. Selain itu, obesitas pada pria juga bisa terjadi pada usia yang terbilang cukup mudah.

Kalau Anda tidak mau mengalami obesitas di usia muda, coba perhatikan beberapa hal yang memicu kondisi diabetes di bawah ini.

  1. Obesitas

Obesitas adalah penyebab diabetes yang paling utama untuk pria muda yang masih produktif. Kondisi dari obesitas ini menyebabkan gangguan pada tubuh baik produksi testosteron dan juga mencegah tubuh merespons insulin.

Kondisi obesitas ini juga bisa menjalar ke organ tubuh yang lain seperti jantung dan jaringan kardiovaskular lainnya. Kalau pria ingin menurunkan risiko diabetes, lemak di dalam tubuh harus diturunkan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

  1. Faktor keturunan

Faktor keturunan memang memberikan sumbangan besar apakah Anda bisa terkena diabetes atau tidak. Meski peluang ini tidak seratus persen, diabetes bisa terjadi kalau Anda tidak menerapkan gaya hidup sehat.

Kalau Ada ayah, ibu, nenek, atau kakek yang terkena diabetes, lebih baik waspada sejak dini. Kurangi asupan gula dalam tubuh setiap harinya.

  1. Pola makan tidak diatur

Salah satu faktor terbesar yang menyebabkan seseorang mengalami diabetes adalah apa yang dimakan. Kalau kadar gula darah di dalam tubuh terus tinggi, kemungkinan tubuh resistan terhadap insulin akan semakin tinggi.

Agar kondisi tubuh tetap stabil selalu kontrol apa yang dimakan. Gunakan gula rendah kalori dan tidak mengonsumsi nasi putih terlalu banyak.

  1. Sering mengonsumsi alkohol dan merokok

Alkohol dan rokok sekilas tidak memberikan efek apa-apa pada tubuh. Namun, pada tingkat sel, kebiasaan ini bisa menyebabkan penurunan metabolisme pada tubuh. Anda akan mudah mengalami obesitas dan produksi insulin akan semakin turun.

Mulai sekarang, jauh rokok apa pun jenisnya. Lebih baik banyak berolahraga secara rutin untuk menghindari ketergantungan dengan rokok. Hal senada juga berlaku untuk alkohol. Anda harus mengurangi atau berhenti sama sekali.

  1. Kurang tidur dan stres

Pria yang masih muda biasanya cenderung melakukan aktivitas di malam hari. Mereka suka sekali begadang dan menyebabkan tubuh mengalami capai dan stres. Kalau tubuh sampai ada pada kondisi ini metabolisme akan terganggu dan Anda susah sekali mempertahankan gula darah.

Stres juga memicu Anda makan terlalu banyak dan tidak memperhatikan kandungan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

  1. Infeksi virus

Beberapa virus yang berbahaya seperti rubella, gondong, dan adenovirus menyebabkan sel di dalam tubuh khususnya pankreas jadi menurun dan rusak. Kondisi ini bisa menyebabkan kondisi diabetes secara perlahan-lahan.

Agar kondisi diabetes tidak terjadi, penyembuhan virus harus segera dilakukan. Jika penanganannya terlambat pankreas bisa mengalami disfungsi.

  1. Malas berolahraga

Pria mudah yang malas sekali olahraga dan melakukan aktivitas fisik lainnya akan mengalami gangguan pada tubuh. Obesitas akan mudah sekali terbentuk dan metabolisme akan melambat karena tidak ada pemicunya.

Malas berolahraga akan membuat pria mudah sekali terkena diabetes. Oleh karena itu, lakukan olahraga secara rutin minimal tiga kali sehari agar kondisi tubuh tetap terjaga.

Nah, bagaimana dengan Anda? Apakah ada banyak kebiasaan buruk yang tetap dilakukan dan berisiko memunculkan diabetes? Mulai hari ini, mari kita ubah kebiasaan itu, ya!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi