Carpal Tunnel Syndrome – Pemeriksaan dan Diagnosis

Carpal-Tunnel-Syndrome-doktersehat

Jika gejala Anda bertahan lama dan tidak mereda dengan perawatan di rumah yang direkomendasikan, Anda harus menemui dokter Anda.

Carpal tunnel syndrome jarang mengalami keadaan darurat. Sebagian besar kasus sindrom terowongan karpal merespons pengobatan non-pembedahan. Langkah pertama pengobatan sindroma terowongan karpal ringan adalah memakai penjepit pergelangan tangan. Hal ini telah terbukti bisa meredakan gejala dari terowongan karpal dengan menempatkan pergelangan tangan pada posisi optimal (30 derajat ekstensi), dengan mengurangi iritasi syaraf. Jika sindrom terowongan karpal bertahan lama, cedera saraf permanen mungkin akan menyebabkan mati rasa serta kelemahan dan atrofi (penyusutan) otot di tangan. Pengobatan diarahkan pada mempertahankan fungsi tangan.

Diagnosa
Dokter Anda melakukan beberapa tes sindroma carpal tunnel sederhana untuk mengevaluasi fungsi saraf tangan Anda. Anda juga bisa melakukan beberapa tes ini di rumah.

Dokter Anda kemungkinan besar akan mulai dengan pemeriksaan visual dan manual tangan Anda untuk mencari kelainan yang jelas yang dapat membantu menjelaskan masalah Anda.

Rentang gerakan pergelangan tangan sering dievaluasi. Dengan meletakkan telapak tangan bersama, dan ekstensi pergelangan tangan bisa dievaluasi. Dengan meletakkan punggung tangan bersama-sama, fleksi pergelangan tangan bisa dievaluasi. Orang yang pernah mengalami cedera pergelangan tangan biasanya mengalami kelainan pada rentang gerak pergelangan tangan.

Sensasi di atas tangan Anda akan sering diperiksa untuk melihat apakah sensasi Anda berupa sentuhan lembut, nyeri, atau dua titik diskriminasi (kemampuan untuk merasakan dua titik dengan jelas menggunakan pin tajam di ujung jari) tidak normal di area manapun.

Kekuatan di tangan dan jari Anda bisa diperiksa, sering kali menggunakan sisi tangan yang sehat sebagai perbandingan.

Tes fisik untuk mengevaluasi sindroma carpal tunnel meliputi:

Tanda Phalen

  • Pegang siku di bahu dan letakkan punggung tangan Anda bersama pergelangan tangan Anda pada posisi 90 derajat.
  • Tahan posisi ini selama 60 detik.
  • Posisi ini meningkatkan tekanan pada saraf median.
  • Jika tes menimbulkan atau memperburuk gejala Anda (nyeri dan kesemutan di tangan Anda), Anda mungkin menderita sindroma terowongan karpal.

Tanda Tinel

  • Mintalah seseorang memegang pergelangan tangan Anda seperti yang ditunjukkan pada gambar dan ketuk sisi telapak tangan Anda.
  • Tes positif menghasilkan kesemutan di jempol, telunjuk , atau jari tengah. Ini adalah tanda saraf yang teriritasi.
  • Jika tes ini memberikan rasa kesemutan di ibu jari, telunjuk , atau jari tengah Anda, Anda mungkin menderita sindroma terowongan karpal.

Anda mungkin juga dirujuk ke spesialis (ahli saraf, rheumatologist, atau ahli bedah ortopedi) untuk mengevaluasi konduksi saraf Anda atau adanya kemungkinan arthritis yang mengarah ke sindroma terowongan karpal. Uji konduksi saraf mengukur kecepatan impuls listrik bergerak di saraf median di pergelangan tangan. Bagi penderita sindroma terowongan karpal, impuls saraf ini akan berjalan lebih lambat di pergelangan tangan daripada biasanya. Bagi orang yang memiliki sindrom terowongan karpal lanjut, pengukuran aktivitas listrik pada otot tangan bisa mengungkap tanda-tanda kerusakan otot.

The shaded area represents the area usually affected by carpal tunnel syndrome. As you can see, it can and usually does involve half of your ring finger as well as your palm and first two fingers. In some people, a part of the thumb may also be involved. Photograph courtesy of Christopher-Patrick Photography, Winston-Salem, NC.

Area yang diarsir mewakili area yang biasanya terkena sindroma carpal tunnel. Seperti yang bisa Anda lihat, carpal tunnel syndome biasanya melibatkan setengah ibu jari sampai dengan setengah dari jari manis Anda dan juga telapak tangan.

Phalen's sign. Hold your hands back-to-back as shown with your wrist bent at 90 degrees. If you develop pain, numbness, or tingling within 60 seconds, you may have carpal tunnel syndrome. Photograph courtesy of Christopher-Patrick Photography, Winston-Salem, NC.

Tanda Phalen. Pegang kedua tangan Anda dari punggung ke punggung seperti ditunjukkan dengan pergelangan tangan Anda tertekuk pada 90 derajat. Jika Anda mengalami rasa sakit, mati rasa, atau kesemutan dalam waktu 60 detik, Anda mungkin menderita sindroma ini.

Tinel sign. Have someone hold your hand with your wrist bent slightly back. With the other hand, your assistant should tap on your wrist as shown. If you experience pain, numbness, or tingling while they are tapping, you may have carpal tunnel syndrome. You can also perform this on yourself by tapping on your wrist as shown in the picture. Having someone else bend your wrist back slightly is a little more effective. Photograph courtesy of Christopher-Patrick Photography, Winston-Salem, NC.

Tanda Tinel. Mintalah seseorang memegang tangan Anda pada posisi pergelangan tangan Anda sedikit membungkuk. Di sisi lain, asisten Anda harus menyentuh pergelangan tangan Anda seperti yang ditunjukkan di gambar. Jika Anda mengalami rasa sakit, mati rasa, atau kesemutan saat area pergelangan tangan diketuk, Anda mungkin menderita sindroma ini. Anda juga bisa melakukan ini pada diri sendiri dengan mengetuk pergelangan tangan seperti ditunjukkan pada gambar. Namun, meminta bantuan orang lain untuk mengetuk dan menekuk pergelangan tangan Anda akan lebih efektif.

Carpal Tunnel Syndrome – Halaman Selanjutnya: 1 2 3