Terbit: 9 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Ibarat mesin, gairah seksual adalah bahan bakar yang akan menggerakkan motor dengan baik. Kalau gairah seksual sampai turun, memiliki kondisi yang baik tidak akan menjamin kenikmatan dari seks itu sendiri. Jadi, memiliki gairah seksual yang stabil akan membantu Anda dan pasangan untuk selalu siap bertempur di ranjang.

7 Hal yang Diam-Diam Membunuh Gairah Seksual

Oh ya, karena gairah seks sangat penting saat bercinta, menjaga dan mempertahankannya adalah hal yang wajib. Jangan melakukan hal-hal yang bisa menurunkan gairah seksual dengan signifikan. Oleh karena itu, hindari beberapa hal di bawah ini agar Anda dan pasangan selalu siap untuk mewujudkan seks intens dan menghasilkan klimaks yang hebat.

  1. Terlalu stres akibat pekerjaan

Pekerjaan adalah salah satu pemicu stres yang cukup sering dialami oleh banyak orang khususnya pria. Kalau tubuh sudah mengalami stres yang berlebihan, melakukan sesuatu yang menyenangkan sekali pun akan terasa hambar, termasuk melakukan seks dengan pasangan.

Saat mengalami stres yang berlebihan gairah seks akan menurun. Oleh karena itu coba lakukan manajemen stres dengan baik. Sesekali lakukan pelesir atau bicarakan masalah dengan pasangan.

  1. Terlalu capai beraktivitas

Seks selalu dianggap sebagai hal yang wajib dipenuhi oleh pasangan. Bahkan saat sedang capai banyak sekali pasangan memaksakan diri untuk melakukannya sehingga mereka sering mengalami lemas atau gairah menurun dengan drastis.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Kalau memang merencanakan seks saat akhir pekan atau hari tertentu, sebisa mungkin menghindari capai berlebihan. Dengan tubuh tetap fit, gairah akan tetap stabil sehingga tidak lemas di ranjang.

  1. Mengalami depresi

Depresi  bisa terjadi pada pria atau wanita. Depresi yang terjadi pada wanita biasanya dipicu oleh masalah dalam rumah tangga, trauma masa lalu, atau PMS. Sementara itu pada pria depresi terjadi karena mereka tidak bisa melepaskan stres dan jarang mau membicarakan masalah dengan pasangannya.

  1. Pasif dan jarang berolahraga

Gairah seksual menurun perlahan-lahan atau langsung karena pria atau wanita jarang berolahraga dan hanya bermalas-malasan di rumah saja. Padahal saat sedang malas, kadar lemak bisa naik dan menurunkan testosteron di dalam tubuh.

Pria dan wanita disarankan untuk berolahraga secara rutin setiap hari atau minimal tiga kali seminggu. Olahraga yang bisa dilakukan adalah kardio seperti lari atau angkat beban di gym.

  1. Tidak menerapkan diet sehat

Diet bukanlah tidak makan dan selalu menyiksa diri. Diet adalah mengatur makanan yang masuk ke tubuh sesuai dengan kebutuhan dari tubuh. Anda bisa menerapkan beberapa jenis diet yang sesuai untuk tubuh misal diet rendah karbohidrat atau diet rendah lemak. Pilih diet yang tidak menyiksa dan bisa dijalankan dengan baik.

  1. Tidak memiliki rasa percaya diri

Gairah seks juga menurun kalau pasangan tidak memiliki rasa percaya diri. Penurunan rasa percaya diri ini bisa muncul akibat pria atau wanita memiliki permasalahan body image. Selain itu pria yang tidak yakin bisa memberikan seks hebat cenderung minder dan akhirnya menghindari seks.

  1. Mengalami dehidrasi parah

Normalnya kita membutuhkan 7-8 gelas air setiap harinya. Kalau kita mengonsumsi kurang dari itu, kemungkinan terjadi gangguan pada tubuh seperti lemas akan ada. Kalau tubuh mengalami lemas, gairah seks akan menurun karena energi untuk melakukan itu seperti tidak ada.

Sebelum bercinta usahakan untuk mengonsumsi beberapa gelas air. Selanjutnya pasca seks, minum juga satu gelas kalau memang kehausan.

Inilah tujuh hal yang diam-diam bisa membunuh gairah seksual pasangan. Dari tujuh masalah di atas mana yang kira-kira sering Anda dan pasangan alami?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi