13 Penyebab Pembuluh Darah Mata Pecah, Berbahayakah?

pembuluh-darah-mata-pecah-doktersehat

DokterSehat.Com – Sebagai salah satu organ vital tubuh, mata membutuhkan pasokan nutrisi dan oksigen yang mencukupi agar dapat berfungsi dengan baik. Itu sebabnya, pada mata terdapat pembuluh darah yang bertugas untuk menghantarkan 2 (dua) elemen penting tersebut. Namun, apa jadinya jika pembuluh darah mata pecah? Apa penyebab pembuluh darah mata pecah? Apa obat pembuluh darah mata yang pecah?

Mengapa Terjadi Pembuluh Darah Mata Pecah?

Pembuluh darah mata yang pecah disebut juga sebagai perdarahan subkonjungtiva (subconjunctival haemorrhage). Dikatakan demikian karena pembuluh darah mata yang pecah adalah pembuluh darah yang terletak di bawah lapisan bening mata (konjungtiva).

Akibatnya, darah yang seharusnya diserap terjebak di bawah konjungtiva tersebut, menimbulkan bercak darah berwarna merah di sekitar area yang berwarna putih dari bola mata. Pembuluh darah mata pecah umumnya tidak berbahaya, dan bisa sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu sekitar 14 hari. Kendati begitu, kondisi ini tentunya cukup mengganggu, utamanya penampilan Anda.

Penyebab Pembuluh Darah Mata Pecah

Terdapat sejumlah faktor yang disinyalir menjadi penyebab pembuluh darah mata pecah. Faktor-faktor tersebut bisa bersifat ringan maupun bersifat cukup serius.

Berikut ini adalah penyebab pembuluh darah mata pecah yang penting untuk Anda ketahui dan waspadai.

1. Terkena Benda Asing

Seringkali mata kita terkena benda-benda asing seperti debu, kerikil, dan sebagainya, yang menyebabkan mata mengalami iritasi atau bahasa awamnya ‘kelilipan’. Faktanya, paparan benda asing tidak hanya menjadi penyebab mata mengalami kelilipan, tapi juga menjadi penyebab pembuluh darah mata pecah.

Jadi, baiknya segera obati mata Anda manakala terkena benda asing, ya. Anda bisa menggunakan obat tetes mata atau cukup dengan meneteskan air bersih ke mata.

2. ‘Mengucek’ Mata Terlalu Kasar

Aktivitas yang satu ini kerap kita lakukan saat mata ‘kelilipan’ atau terasa gatal. Hendaknya hati-hati dalam menggosok atau ‘mengucek’ mata. Usahakan agar menggosok mata secara perlahan dan tidak terlalu kasar (juga jangan terlalu sering). Pasalnya, hal ini berpotensi mengakibatkan pembuluh darah mata pecah, mengingat organ mata memiliki tekstur yang rentan mengalami kerusakan.

Alih-alih menggosok mata—apalagi jika gosokannya terlalu kasar—lebih baik segera tetesi mata dengan obat tetes mata atau air bersih guna memebersihkan benda asing dan meredakan gatal yang dirasakan.

3. Batuk atau Bersin Terlalu Keras

Batuk atau bersin yang terlalu keras juga menjadi penyebab pembuluh darah pecah, lho. Hal ini bisa terjadi karena pada saat batuk atau bersin, tekanan darah di area mata mengalami peningkatan. Jika batuk atau bersin dilakukan secara keras, maka tekanan darah pun akan semakin meningkat dan lebih kemungkinan dapat pecah.

Oleh sebab itu, jangan terlalu keras saat Anda batuk atau bersin, ya.

4. Mengangkat Beban Berat

Sama seperti pada kasus batuk atau bersin yang terlalu keras, mengangkat barang berat juga bisa menjadi penyebab pembuluh darah pecah. Aktivitas mengejan saat mengangkat beban akan meningkatkan tekanan darah pada area mata sehingga jika tidak dilakukan dengan perlahan dan penuh kehati-hatian, akan berpotensi membuat pembuluh darah pecah.

5. Sembelit

Saat Anda mengalami kondisi sulit untuk buang air besar (BAB), mengejan adalah hal yang juga dilakukan guna mengeluarkan feses dari anus. Maka sama seperti pada poin sebelumnya, hal ini juga menyebabkan tekanan darah mengalami peningkatan, termasuk di area mata sehingga berisiko mengakibatkan pembuluh darah pecah.

6. Operasi Mata

Apabila Anda melakukan operasi mata, entah itu operasi lasik mata atau operasi katarak, pembuluh darah mata pecah sangat mungkin terjadi sebagai bagian dari efek samping prosedur operasi tersebut.

Akan tetapi, hal ini tidak perlu terlalu dikhawatirkan karena pembuluh darah mata yang pecah akibat operasi akan hilang dalam kurun waktu sekitar 2 minggu pasca operasi. Terlebih, dokter pastinya akan memberikan obat pembuluh darah mata pecah guna mempercepat proses penyembuhannya.

7. Kurang Vitamin K

Salah satu fungsi vitamin K adalah untuk melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Oleh karena pembuluh darah pecah berkaitan dengan tidak lancarnya aliran darah, maka kekurangan vitamin K sedikit banyak turut menjadi penyebab pembuluh darah pecah.

Guna mencegah maupun mengatasi pembuluh darah pecah ini, mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin K kiranya wajib untuk Anda lakukan. Sumber vitamin K ada banyak, seperti pada buah-buahan, sayur, ayam, telur, hingga ikan.

8. Konsumsi Obat Pengencer Darah dan Aspirin

Mengkonsumsi obat-obatan untuk mengencerkan darah, atau bisa juga obat aspirin juga diklaim menyebabkan pembuluh darah mata pecah. Namun Anda tidak perlu khawatir karena kondisi ini tidak terlalu membahayakan dan hanya bersifat sebagai efek samping yang bisa sembuh dengan sendirinya.

9. Hipertensi Retinopati

Penyakit-penyakit yang cukup serius seperti hipertensi juga lazim menjadi pemicu pembuluh darah mata pecah. Terlebih lagi jika tekanan darah tinggi sudah sampai ke area retina mata, atau disebut juga sebagai hipertensi retinopati.

10. Mata Mengalami Trauma

Apabila mata Anda pernah mengalami benturan dengan benda tumpul, kondisi ini sangat memungkinkan terjadinya pecah pada pembuluh darah mata. Meskipun tidak berbahaya, baiknya segera periksakan diri ke dokter spesialis mata guna dilakukan penanganan secepatnya sebelum benar-benar mengganggu.

11. Infeksi Mata

Adanya infeksi pada mata tak luput dari daftar penyebab pembuluh darah mata pecah. Pasalnya, infeksi yang terjadi lama-kelamaan dapat membuat mata mengalami cedera yang lantas berefek pada pecahnya pembuluh darah di bawah konjungtiva tersebut.

12. Diabetes

Penyakit gula darah atau diabetes adalah penyebab pembuluh darah mata pecah yang umum terjadi. Pasalnya, kadar gula darah yang tinggi bisa menjalar sampai ke bagian mata, terutama pada retina, lensa, badan kacan, hingga saraf mata.

Adanya gula darah tersebut lantas berpotensi merusak pembuluh darah yang berujung pada pecahnya pembuluh darah tersebut.

13. Pembekuan Darah Bermasalah

Darah yang sulit membeku juga ternyata bisa berdampak pada kemungkinan terjadinya pembuluh darah mata Anda pecah. Kembali lagi, disinilah pentingnya mencukupi kebutuhan vitamin K karena sejatinya, vitamin K ini berfungsi untuk memperlancar proses pembekuan darah.

Obat Pembuluh Darah Mata Pecah

Sebagaimana telah dijelaskan, pembuluh darah mata pecah akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu sekitar 14 hari, atau bisa lebih cepat dari itu tergantun tiap-tiap orang. Jika Anda bertanya apa obat pembuluh darah pecah maka tidak ada obat khusus yang bisa mengatasi hal ini.

Anda bisa menggunakan obat tetes mata generik untuk membuat mata jadi lebih rileks selama proses penyembuhan pembuluh darah mata yang pecah. Namun, perlu diingat bahwa obat tetes mata tidak dapat menyembuhkan pembuluh darah yang pecah, ya.

Jika Anda masih ragu, berkonsultasilah pada dokter spesialis mata untuk mencari tahu langkah yang paling tepat guna mengatasi masalah ini. Semoga bermanfaat!