Terbit: 23 Februari 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Dalam dunia fitness, suplemen memiliki banyak jenisnya. Ada suplemen yang digunakan untuk meningkatkan massa otot di dalam tubuh. Selanjutnya ada juga suplemen yang digunakan untuk membantu pembakaran lemak. Suplemen untuk pembakaran lemak ini sering disebut fat burner.

5 Pembakar Lemak Alami yang Cepat Turunkan Berat Badan

Meski suplemen jenis fat burner ini banyak digunakan oleh pelaku fitness dan diet, kontroversi sering terjadi. Ada yang menganggap suplemen ini sangat berbahaya sehingga harus dihindari. Terlepas dari kontroversi yang terjadi, Anda yang sedang mengalami obesitas memang disarankan untuk menggunakan fat burner, tapi yang alami.

Fat burner alami untuk menurunkan berat badan

Fat burner dalam bentuk suplemen ada banyak di pasaran dan harganya bervariasi. Namun, Anda bisa menurunkan lemak di tubuh dengan menggunakan fat burner alami yang terdiri dari:

  1. Kafein

Kafein adalah substansi yang banyak terkandung di dalam kopi dan teh. Substansi ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh khususnya dalam meningkatkan metabolisme. Dari beberapa penelitian yang dilakukan, lemak bisa meningkatkan metabolisme secara instan selama 1-2 jam dengan kenaikan 16 persen.

Selanjutnya kafein juga bisa meningkatkan pembakaran lemak sebagai tenaga. Karena lemak lebih banyak dibakar, mereka yang obesitas disarankan untuk mengonsumsinya setiap hari. Oh ya, meski kafein di dalam kopi sangat bermanfaat, beberapa orang ada yang tidak tahan dan sering mengalami sakit perut atau tubuh jadi lebih kebal dengan kafein.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

  1. Teh hijau

Teh hijau mengandung kafein yang sudah dibahas mampu meningkatkan pembakaran lemak di dalam tubuh. Selain itu, bahan ini juga mengandung polyphenol epigallocatechin gallate (EGCG). Bahan aktif ini juga membakar lemak di dalam tubuh dengan cepat. Teh hijau bisa dikonsumsi sebagai seduhan atau diminum ekstraknya saja dalam bentuk pil agar lebih sederhana.

  1. Bubuk protein

Bubuk protein seperti whey bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan protein setiap harinya. Selain itu, bubuk protein juga bisa meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak di dalam tubuh.

Bubuk protein ini bisa dikonsumsi setiap hari atau dikonsumsi saat akan melakukan olahraga saja. Selain bermanfaat untuk menggenjot metabolisme di dalam tubuh, bubuk protein juga digunakan untuk membangun otot baru di dalam tubuh.

  1. Serat larut

Serat yang kita dapatkan dari makanan dan minuman dibagi menjadi dua. Pertama adalah serat lautan yang kedua adalah serat tidak larut. Serat larut sangat baik untuk tubuh karena bisa membantu membakar lemak dan memberikan perasaan kenyang lebih lama.

  1. Yohimbine

Yohimbine adalah salah satu herba dari Afrika yang bisa digunakan untuk meningkatkan gairah seksual pada pria. Selain itu, ekstrak tanaman ini juga bisa meningkatkan pembakaran lemak di dalam tubuh dan membuat adrenalin selalu tinggi. Oh ya, meski alami, ada efek samping dari yohimbine.

Menggunakan fat burner dengan benar

Fat burner sebenarnya bisa digunakan untuk mempercepat penurunan lemak di dalam tubuh. Namun, perlu aturan khusus yang harus dipatuhi agar tidak menyebabkan masalah pada tubuh.

  • Selalu gunakan pembakar lemak yang terbuat dari bahan alami. Ada banyak yang terbuat dari bahan kimia berbahaya dan kemungkinan besar akan menyebabkan efek samping. Selalu cari tahu apakah fat burner itu sudah memiliki izin dan dinyatakan aman atau tidak.
  • Gunakan separuh dosis yang dianjurkan dahulu. Beberapa jenis fat burner menggunakan kafein. Zat ini kalau dikonsumsi dalam jumlah banyak bisa menyebabkan deg-degan dan perasaan nyeri di dada. Kalau Anda sudah terbiasa, baru tambah dosis sesuai yang dianjurkan.
  • Konsumsi dalam kondisi perut yang sudah ada makanan. Kalau perut dalam kondisi kosong, kemungkinan besar akan terjadi masalah pada tubuh seperti perih hingga muncul gangguan lambung.
  • Jangan mengonsumsi melebihi dosis yang telah dianjurkan. Misal waktunya 1 pil saja, tapi karena ingin cepat pembakarannya menggunakan dua buah.
  • Selalu kenali perubahan tubuh saat mengonsumsi fat burner. Kalau Anda merasa tidak nyaman setiap saat berarti tidak cocok untuk tubuh. Hentikan atau ganti dengan yang lebih cocok dan tetap aman.

Cara lain untuk menurunkan lemak di tubuh

Selalu ingat, fat burner bukanlah satu-satunya cara untuk menurunkan lemak di tubuh. Ada banyak cara yang bisa dilakukan dan tidak berisiko alami gangguan pada tubuh.

  • Melakukan olahraga secara rutin setiap harinya. Olahraga dilakukan dengan intensitas ringan hingga sedang. Anda tidak perlu melakukan olahraga dengan sangat keras kalau memang tubuh tidak mampu.
  • Minum air secara cukup setiap harinya. Usahakan tubuh menerima sekitar 6-8 gelas air putih tanpa ada tambahan perasa manis seperti gula. Air akan membuat tubuh menjadi lebih dingin dan meningkatkan metabolisme.
  • Mengonsumsi makanan yang benar. Misal mengonsumsi makanan yang menimbulkan efek pada tubuh. Misal cabai atau lada atau rempah lainnya dengan takaran yang tepat tidak berlebihan.
  • Kalau Anda memiliki pernapasan yang baik, bisa melakukan olahraga dengan jenis HIIT atau cara Tabata. Olahraga jenis interval ini intensitasnya cukup tinggi meski waktu yang dibutuhkan untuk melakukannya hanya sebentar saja.
  • Tidur dengan kualitas yang cukup terjaga. Seorang dewasa dianjurkan untuk tidur selama 7-9 jam setiap harinya. Dan pola tidur ini pembakaran lemak bisa berjalan dengan lancar.
  • Melakukan diet khusus. Diet khusus seperti ketogenic bisa menurunkan lemak dengan cepat melalui pengaturan makanan dan pembatasan jenis makanan tertentu seperti karbohidrat.

fat burner atau pembakar lemak sangat dibutuhkan oleh tubuh. Meski demikian, Anda harus membatasi konsumsinya dan tidak menggunakan fat burner yang dilarang atau tidak setujui oleh lembaga pangan dalam hal ini BPOM kalau di Indonesia. Jadi, bijaklah dalam menggunakan suplemen yang bisa membantu menurunkan berat badan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi