Terbit: 21 November 2017
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

DokterSehat.Com– Anda memerlukan perawatan prenatal khusus jika Anda hamil multipel. Anda akan mengunjungi dokter lebih sering jika Anda membawa bayi kembar. Penyedia layanan kesehatan Anda akan memantau kesehatan bayi Anda selama kehamilan Anda dengan ujian dan tes khusus. Beberapa tes bersifat rutin. Beberapa pemeriksaan lain mungkin hanya dilakukan bila ada masalah. Anda mungkin memiliki beberapa atau semua tes ini, tergantung pada status kehamilan Anda:

Kehamilan Kembar – Pemantauan, Istirahat, dan Tantangan

  • Penilaian serviks untuk tanda-tanda yang berhubungan dengan persalinan prematur
  • Pemeriksaan ultrasonografi yang lebih sering untuk memeriksa pertumbuhan bayi
  • Uji nonstress, di mana detak jantung bayi diukur
  • Profil biofisik, termasuk memeriksa pergerakan tubuh bayi, gerakan pernapasan, tonus otot, dan jumlah cairan ketuban. Detak jantung bayi juga bisa diperiksa.

Tempat istirahat dan rawat inap
Tempat tidur dengan atau tanpa rawat inap biasanya direkomendasikan kepada wanita hamil dengan banyak bayi. Namun, penelitian terbaru menyimpulkan bahwa rawat inap rutin atau istirahat di tempat tidur untuk wanita dengan kehamilan kembar tanpa komplikasi tidak menghasilkan bayi yang lebih sehat atau ibu yang lebih sehat. Sebenarnya, istirahat di tempat tidur dapat meningkatkan risiko wanita mengalami trombosis vena dalam, suatu kondisi di mana bekuan darah terbentuk di pembuluh darah dalam dalam tubuh. Untuk alasan ini, istirahat rutin dan rawat inap tidak dianjurkan untuk wanita dengan kehamilan multipel.

Tantangan
Meskipun tidak mungkin persiapan dilakukan untuk setiap kontingensi, tantangan berikut adalah tantangan yang dihadapi banyak keluarga dengan banyak bayi:

  • Biaya perawatan kesehatan yang tinggi – Karena banyak bayi sering terlahir dengan masalah kesehatan, mereka mungkin memerlukan perawatan kesehatan jangka pendek dan jangka panjang. Miliki rencana keuangan untuk menangani biaya perawatan kesehatan ini. Jika Anda memiliki asuransi kesehatan, pastikan itu akan mencakup biaya perawatan khusus ini.
  • Menyusui-Banyak wanita bertanya-tanya apakah mereka bisa menyusui lebih dari satu bayi. Menyusui setiap bayi membutuhkan latihan, dan hal yang sama berlaku untuk bayi kembar. Susu ibu memiliki jumlah nutrisi yang tepat yang dibutuhkan dan disesuaikan sesuai kebutuhan bayi Anda. Saat menyusui, suplai susu Anda akan meningkat dalam jumlah yang tepat. Anda perlu makan makanan sehat dan banyak minum cairan. Pakar laktasi, perawat, dan penyedia layanan kesehatan Anda dapat membantu Anda memulai dan mengatasi masalah yang mungkin Anda alami. Jika bayi Anda prematur, Anda bisa mengeluarkan dan menyimpan susu Anda sampai mereka cukup kuat untuk menyusui dari payudara. Lihat Bab 18, “Menyusui dan Memberi Susu Formula untuk Bayi Anda,” untuk informasi lebih lanjut tentang menyusui bayi kembar.
  • Bantuan ekstra – Anda memerlukan beberapa tangan ekstra untuk membantu merawat bayi Anda, jadi pastikan untuk mendapatkan bantuan sebelum tanggal jatuh tempo Anda. Juga, pastikan setidaknya miliki beberapa pembantu dalam jangka panjang. Kemungkinan besar Anda akan membutuhkan pembantu selama beberapa minggu atau bulan, tergantung pada berapa banyak bayi yang Anda miliki.
  • Stres dan kelelahan – Merawat bayi kembar sangat menekan. Bayi prematur membutuhkan makanan yang lebih kecil dan lebih sering, dan ibu bisa kurang tidur maupun makan. Salah satu orang tua kemungkinan besar harus tinggal di rumah untuk merawat beberapa bayi.
  • Depresi postpartum – “baby blues” adalah istilah sangat umum setelah kehamilan. Kira-kira 2-3 hari setelah melahirkan, beberapa wanita mulai merasa tertekan, cemas, dan kesal. Perasaan ini biasanya hilang setelah satu atau dua minggu. Jika tidak hilang, atau jika memburuk, itu mungkin pertanda kondisi yang lebih serius yang disebut depresi pascamelahirkan. Memiliki bayi kembar bisa meningkatkan risiko Anda terhadap kondisi ini. Jika Anda memiliki perasaan sedih, cemas, atau putus asa yang membuat Anda tidak dapat melakukan tugas sehari-hari, beritahu dokter kesehatan Anda.

Sebaiknya Anda mendaftarkan diri di kelas persalinan yang dirancang khusus untuk orang tua bayi kembar atau lebih. Rencanakan untuk mengambil kelas selama bulan keempat sampai bulan keenam kehamilan, bila Anda merasa paling nyaman. Penyedia layanan kesehatan Anda harus dapat membantu Anda menemukan kelas.

Kehamilan Kembar – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi