Inilah 3 Gerakan Pemanasan Ideal Sebelum Berenang

doktersehat olahraga renang
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com– Sebelum memulai olahraga, kita disarankan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Hal ini sudah menjadi kebiasaan yang tidak bisa ditinggalkan, apalagi disepelekan. Sebab, pemanasan sendiri memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya untuk mengurangi risiko cedera otot saat olahraga dimulai. Pasalnya, semua olahraga yang kita lakukan pasti memiliki risiko yang sama.

Ketika cedera muncul saat kita melakukan olahraga darat, maka efek dan dampaknya tidak begitu bahaya. Sebab, kita perlu merebahkan badan dan mengurut otot yang cedera tersebut. Lantas, apa jadinya ketika kita melakukan olahraga air dan tiba-tiba cedera terjadi? Apalagi cedera tersebut dibarengi dengan kram. Tentunya sangat berbahaya, bukan?

Sampai saat ini, sudah banyak kasus terjadi, orang-orang benerang yang tanpa pemanasan terlebih dahulu mengalami kram dan cedera. Akibatnya, dia tenggelam di dalam kolam renang. Hal ini bukanlah hal yang sembarangan dan pantas disepelekan. Maka dari itu, alangkah baiknya untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Adapun beberapa pemanasan ideal yang bisa dilakukan sebelum berenang, sebagai berikut.

1. Forward Lunge

Lunge memang sangat terkenal dengan fungsinya yang bisa meregangkan otot paha, betis, dan kaki. Sehingga, ketika kita melakukan lunge, maka fungsi otot tersebut akan menjadi lemas dan bisa kita gerakkan tanpa merusak jaringan otot. Dengan fungsi otot kaki yang baik, maka kita pun bisa berenang dengan aman sebab tidak takut lagi terkena kram.

2. Quadruped Rocking

Mungkin Anda masih sedikit asing dengan gerakan dasar yang satu ini. Jadi, quadruped rocking merupakan sebuah latihan yang melatih pinggul dengan efektif. Praktiknya, pertama-tama Anda harus pada posisi seperti merangkak dengan tumpuan tangan dan lutut. Kemudian, tarik pinggul Anda ke belakang dan tahan sejenak, maka Anda akan merasakan kontraksi. Tahan dan kembali pada posisi semula.

3. Lateral Extension

Untuk gerakan yang satu ini cukup mudah dilakukan dan seperti gerakan dasar lainnya. Pertama, Anda harus pada posisi berdiri tegak. Kemudian, gerakkan tubuh Anda ke kanan dan ke kiri secara bergantian. Latihan ini dilakukan untuk menguatkan otot perut dan persendian, sehingga cukup efektif dilakukan sebelum berenang.