Cara Meningkatkan Peluang Kehamilan pada Wanita Obesitas

wanita-obesitas-doktersehat

DokterSehat.Com – Salah satu keinginan terbesar wanita yang baru saja menikah adalah mendapatkan kehamilan dalam waktu cepat. Sayangnya, peluang hamil cukup sulit terjadi pada wanita obesitas. Lalu, adakah cara meningkatkan peluang hamil wanita obesitas?

Sayangnya apa yang diinginkan oleh banyak wanita ini kadang tidak sesuai dengan rencana. Terkadang banyak sekali pasangan yang harus berjuang keras untuk mendapatkan kehamilan yang susah terjadi. Nah, perjuangan ini akan semakin besar kalau wanita sampai mengalami obesitas yang cukup parah.

Kalau Anda termasuk memiliki kelebihan berat badan yang cukup besar, berikut beberapa hal atau cara meningkatkan peluang hamil wanita obesitas:

  1. Melakukan olahraga secara rutin

Peluang hamil wanita opbesitas bisa ditingkatkan dengan melakukan olahraga secara rutin setiap harinya. Dengan melakukan olahraga secara rutin Anda bisa menurunkan kadar lemak di dalam tubuh dengan cepat. Kadar lemak memang sangat penting untuk kehamilan, bahkan wanita yang terlalu kurus akan sudah mengalami pembuahan. Namun, kalau terlalu banyak juga berbahaya.

Kemungkinan terjadi masalah saat ovulasi bisa terjadi. Saat pembuahan dan implantasi, kemungkinan terjadi gangguan seperti keguguran juga cukup besar. Usahakan untuk menuju berat badan ideal atau keluar dari zona obesitas agar peluang terjadi kehamilan menjadi besar.

  1. Memperhatikan apa yang dimakan

Perhatikan apa yang dimakan setiap harinya. Terkadang wanita sering tidak acuh dengan apa yang dimakan meski membuat tubuhnya jadi bertambah gemuk. Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi yang bisa mencatat apa saja yang dimakan termasuk dengan kandungan nutrisi di dalamnya.

Kalau Anda ingin menurunkan berat badan, maka yang harus dilakukan adalah membuat tubuh jadi kekurangan kalori. Anda bisa mengurang sekitar 350-500 kalori setiap harinya. Dengan cara ini selama dua minggu Anda bisa turun sebanyak 1-2 kg kalau dibarengi dengan olahraga secara rutin.

  1. Mencegah gangguan pada vagina

Saat sedang obesitas, gangguan pada vagina akan semakin sering terjadi. Keputihan patogen yang disebabkan bakteri bisa sering muncul dan menyebabkan masalah saat hubungan seks terjadi. Wanita obesitas akan susah menerima sperma karena bisa mati sejak perjalanan atau pembuahan sama sekali tidak terjadi.

Peluang hamil wanita obesitas bisa ditingkatkan dengan rutin menjaga sanitasi dari vagina. Misal saat buang air pembilasan dilakukan dari depan ke belakang. Penggunaan celana dalam juga harus berganti dua kali dalam satu hari. Terakhir, wanita juga jarang mengganti pembalut saat haid. Usahakan setiap 4-6 jam sekali berganti atau kurang dari itu kalau sedang deras-derasnya.

  1. Memahami siklus menstruasi yang terjadi

Terkadang kesulitan dari pasangan untuk mendapatkan keturunan adalah susahnya mengetahui kapan masa subur akan datang. Biasanya wanita obesitas tidak memiliki siklus menstruasi yang teratur. Kadang cepat, kadang sering terlambat. Saat berat badan tubuh menurun, biasanya menstruasi akan kembali seperti semual sehingga pasangan bisa dengan mudah mengetahui masa subur.

  1. Mengonsumsi makanan yang meningkatkan kesuburan

Cara meningkatkan peluang hamil wanita obesitas yang terakhir adalah mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Dengan mengonsumsi makanan tersebut, wanita yang sedang berjuang mendapatkan tubuh idealnya pun memiliki kemungkinan kehamilan yang tinggi.

Selain berolahraga, mengonsumsi makanan atau suplemen tertentu untuk meningkatkan kesuburan juga sangat penting. Hal senada juga bisa dilakukan oleh pasangan.

Semoga ulasan di atas mengenai peluang hamil wanita obesitas bisa Anda gunakan sebagai rujukan sebelum memutuskan untuk memiliki momongan. Lebih baik berusaha menurunkan berat badan dengan baik dan memperbaiki kesuburan daripada bekerja keras tapi tidak ada hasilnya.