Pekerjaan Berat Bisa Menyebabkan Penyakit Asam Urat?

nyeri-lutut-asam-urat-doktersehat
Photo Source: Flickr/sblackley

DokterSehat.Com– Pekerjaan berat yang mengandalkan fisik seperti menjadi tukang bangunan memang bisa membebani otot dan persendian. Banyak orang yang bahkan menganggap hal ini bisa menjadi penyebab datangnya penyakit asam urat, penyakit yang menyerang persendian. Sebenarnya, apakah anggapan ini sesuai dengan fakta medis?

Penyakit asam urat disebabkan oleh tingginya kadar purin yang didapatkan dari makanan yang dikonsumsi. Biasanya, makanan yang tinggi kandungan purin ini adalah makanan laut, jeroan seperti hati dan usus, hingga camilan seperti emping. Selain itu, beberapa kondisi kesehatan seperti gangguan fungsi ginjal, diabetes, beberapa jenis kanker, dan kebiasaan mengonsumsi beberapa jenis makanan tertentu ternyata juga bisa menjadi penyebabnya.

Lantas, apakah pekerjaan yang berat dan mengandalkan kekuatan fisik juga bisa menyebabkan datangnya asam urat? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa hal ini sama sekali tidak terkait. Beban berlebihan pada persendian memang bisa menyebabkan rasa nyeri atau kerusakan pada persendian, namun, hal ini tidak akan menyebabkan penyakit asam urat karena memang tidak akan memicu penumpukan kristal asam urat dalam tubuh.

Bagi mereka yang melakukan pekerjaan berat, pastikan untuk menjaga pola makan yang sehat dan memperbanyak asupan air putih demi menjaga kesehatan persendian. Selain itu, berikan waktu istirahat bagi tubuh jika memang sudah merasa lelah atau nyeri.

Agar tidak mudah terkena penyakit asam urat, pakar kesehatan menyarankan kita untuk menghindari makanan yang tinggi kandungan purin seperti udang, kepiting, daging sapi, daging bebek, jeroan, ikan sarden, beberapa jenis kacang-kacangan, emping, dan lain-lain. Selain itu, perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran hijau.

Konsumsilah air putih dengan cukup setiap hari demi melumasi persendian dan membantu proses peluruhan asam urat dari dalam tubuh. Pastikan untuk menghindari minuman beralkohol, menjaga berat badan tetap ideal, dan berolahraga secara teratur agar tidak mudah terkena penyakit asam urat.

Jika memang sudah terlanjur terkena penyakit asam urat, penderitanya harus rajin mengonsumsi obat yang diberikan oleh dokter demi mencegah datangnya serangan asam urat yang bisa menyebabkan rasa nyeri, pembengkakan, sensasi hangat, dan kemerahan pada persendian.