Terbit: 23 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Beberapa orang menganggap kalau pekerjaan kantor adalah jenis pekerjaan yang mudah dilakukan. Dengan hanya duduk dan berhadapan dengan komputer, pekerjaan bisa diselesaikan dengan mudah. Selain itu pekerja kantoran juga tidak membutuhkan kerja keras, berkeringat, dan terlalu capai seperti pekerja di luar ruangan.

Pekerja Kantoran yang Hanya Duduk Berisiko Terkena Penyakit Berbahaya

Meski pekerja kantoran terlihat sehat dan jadi incaran banyak orang, gaya hidup sendentary ini cukup berbahaya untuk kesehatan. Bahkan, risiko kesehatan yang didapatkan setara dengan perokok aktif.

Jenis penyakit yang kerap diidap pekerja kantoran

Karena terus duduk selama satu hari penuh, tubuh akan jarang bergerak. Dampaknya peredaran darah di dalam tubuh akan sedikit melambat. Pekerja kantoran juga jadi tidak aktif sehingga kemungkinan mengalami penumpukan lemak semakin tinggi. Kondisi ini cukup berbahaya dan bisa menyebabkan terjadinya hipertensi.

Selain masalah tekaan darah, kolesterol tinggi hingga gula darah yang susah dikontrol bisa mengenai pekerja kantoran. Pola makan yang tidak seimbang serta tubuh yang terus pasif menyebabkan kekebalan tubuh jadi menurun perlahan-lahan.

Cara mengatasi dan mencegah penyakit

Meski cukup berisiko pada kesehatan, tapi bukan berarti tidak ada acara untuk mengatasi atau mencegahnya. Untuk mengatasi kondisi ini Anda bisa lebih banyak melakukan peregangan setiap dua jam sekali. Lakukan peregangan selama 5 menit dengan berjalan sejenak di sekitar ruangan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Selanjutnya untuk mencegah munculnya penyakit, coba atur pola makan dengan benar. Kalau bisa masak sendiri makanan yang akan dikonsumsi agar tahu bahan apa saja yang digunakan. Terakhir, saat akhir pekan sempatkan untuk berolahraga. Kalau hal ini terlalu berat coba lakukan jalan pagi setiap hari selama 15 menit.

Sebagai pekerja kantoran kita sudah seharusnya menjaga kesehatan dengan baik. Dengan begitu, tubuh akan terus terjaga dan penyakit berbahaya tidak muncul dan mengganggu aktivitas.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi