Makan Pedas Mampu Turunkan Tekanan Darah?

keripik-pedas-doktersehat
Photo Source: ksmtour.com

DokterSehat.Com– Masyarakat Indonesia dikenal luas sebagai pencinta makanan pedas. Tanpa adanya sambal, makanan bahkan dianggap kurang mantap. Beruntung, pakar kesehatan menyebut hobi makan pedas ini bisa memberikan manfaat bagi kesehatan, tepatnya dalam hal menurunkan tekanan darah. Bagaimana bisa makanan pedas bisa memberikan manfaat kesehatan ini?

Fakta tentang manfaat dari makanan pedas ini didapatkan dari penelitian yang dilakukan para ahli dari Third Military Medical University. Dalam penelitian ini, didapatkan fakta bahwa kandungan di dalam cabai bernama capsaicin ternyata tidak hanya akan membuat kita merasakan sensasi panas dan pedas, melainkan juga membuat pembuluh darah menjadi lebih rileks.

Penelitian ini memang masih dilakukan pada tikus percoban yang dikondisikan agar mengalami hipertensi. Setelah diberi asupan capsaicin, tubuhnya mengalami penambahan produksi oksida nitrat yang bisa membuat pembuluh darah lebih terlindungi dari peradangan. Hal ini membuatnya mengalami penurunan tekanan darah dengan signifikan.

Memang, hasil penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Cell Metabolism Journal ini masih membutuhkan penelitian lanjutan, khususnya dalam hal seberapa banyak capsaicin yang harus dikonsumsi untuk memberikan manfaat kesehatan, namun, para peneliti yakin jika mengonsumsi makanan pedas memang bisa membantu menurunkan tekanan darah di dalam tubuh sehingga membuat kita lebih baik dalam mencegah datangnya hipertensi.

Sebagai informasi, tekanan darah tinggi termasuk dalam masalah kesehatan yang tidak memberikan gejala yang jelas, namun bisa memicu datangnya stroke, serangan jantung, dan gangguan ginjal yang bisa sangat mematikan. Karena alasan inilah kita harus lebih baik dalam mencegah kedatangan masalah kesehatan ini. Caranya adalah dengan menerapkan pola makan yang jauh lebih sehat, rajin berolahraga, rutin minum air putih, tidur cukup setiap malam, dan mencegah datangnya stres.

Hanya saja, bukan berarti kita bisa mengonsumsi makanan pedas dengan sembarangan. Telah banyak bukti yang menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan dengan kadar pedas yang berlebihan seperti keripik pedas berlevel bisa memicu datangnya gangguan pencernaan seperti sakit perut. Selain itu, jika kita memiliki riwayat penyakit asam lambung, ada baiknya tidak sembarangan mengonsumsi makanan pedas karena bisa membuatnya kambuh.