Susah Hamil? Bisa Jadi PCOS Penyebabnya

DokterSehat.Com– Apakah Anda termasuk pasangan yang baru menikah dan segera mengharap hadirnya keturunan? Jika sudah lebih dari setahun menikah namun upaya memiliki keturunan belum berhasil juga, sebaiknya Anda perlu memeriksakan diri. Bisa jadi kemungkinan Anda belum dikaruniai keturunan adalah karena ketidakseimbangan hormon (PCOS) dalam tubuh Anda.

Apa itu PCOS dan bagaimana kaitannya dengan kehamilan?

PCOS (polycycstic ovary syndrome) atau yang dikenal dengan sindrom polikistik ovarium adalah kondisi ketidakseimbangan hormon yang dialami oleh wanita. Pada wanita dengan PCOS, hormon seks wanita seperti hormon estrogen dan hormon progesterin tidak seimbang, dan kadang membuat hormon pria atau androgen diproduksi lebih banyak.

Karena ketidakseimbangan hormon ini, wanita dengan PCOS mengalami menstruasi yang tidak teratur. Kondisi inilah yang menyebabkan wanita dengan PCOS menjadi sulit hamil. PCOS juga dapat menyebabkan perubahan fisik pada wanita seperti pertumbuhan rambut berlebih, munculnya jerawat dan obesitas. Pada beberapa kasus, PCOS dapat memicu penyakit serius seperti diabetes mellitus dan penyakit jantung.

Selain itu wanita dengan PCOS akan memiliki kista kecil-kecil pada ovariumnya. Kista ini tidak berbahaya, namun dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon dimana perubahan pada satu hormon dapat memicu hormon lainnya, sehingga menyebabkan perubahan pada kondisi tubuh.

Apakah wanita dengan PCOS bisa hamil?

Untuk memastikan apakah Anda mengalami PCOS, sebaiknya lakukan pemeriksaan pada dokter kandungan Anda. Tak perlu khawatir, wanita dengan PCOS tetap bisa hamil seperti wanita pada umumnya. Namun Anda perlu lebih memerhatikan kondisi kandungan Anda.

Beberapa wanita hamil dengan PCOS memiliki risiko tinggi untuk mengalami keguguran, diabetes gestasional, preeklamsia, dan kemungkinan untuk menjalani persalinan caesar. Selain itu wanita dengan PCOS juga berisiko untuk memiliki bayi besar.

Untuk mengurangi risiko tersebut, Anda disarankan untuk menjaga berat badan saat hamil, mencukupi kebutuhan asam folat dan menerapkan pola makan sehat agar berat badan tetap terjaga selama hamil. Konsultasikan dengan dokter mengenai gaya hidup yang baik untuk dilakukan selama kehamilan atau selama program kehamilan berlangsung.