Terbit: 4 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda mengalami gatal pada area payudara? Bila pernah, tentunya hal tersebut cukup menjengkelkan, bukan? Terlebih jika rasa gatal tersebut datang secara intens dan disertai sensasi panas terbakar. Namun, Anda tak perlu khawatir, sebab gatal pada payudara merupakan keluhan umum yang sering dialami oleh sebagian besar wanita.

Payudara Sering Gatal? Inilah Penyebab Serta Solusinya!

Lantas, apa yang menyebabkan gatal tersebut?

Sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan gatal pada payudara. Misalnya penggunaan bahan pakaian dalam yang tidak baik. Atau mungkin saja kulit Anda terlalu sensitif sehingga perlu memilih bra yang benar-benar menggunakan bahan berkualitas.

Lantas, ada penggunaan bra yang tidak tepat pun bisa sebagai pemicu terjadinya gatal. Ketika Anda mengenakan bra yang terlalu ketat, maka pada lipatan payudara akan terjadi bercak merah dan akhirnya bisa menimbulkan gatal dengan sensasi panas.

Faktor lain adalah karena terjadi iritasi. Pada kasus ini, iritasi bisa terjadi akibat biang keringat atau masalah kelembapan. Pasalnya, payudara memang harus mendapatkan sirkulasi udara yang baik. Jadi, jangan terlalu tertutup, sesekali lepaslah bra agar payudara bisa ‘bernapas’ untuk mengontrol suhu agar terhindar dari rasa gatal dan masalah lainnya.

Bagaimana cara mengatasi rasa gatal pada payudara?

Sebelum mencari solusinya, lebih baik Anda mengetahui terlebih dahulu apa penyebab gatal tersebut. Jika gatal tersebut dikarenakan salah penggunaan bra, maka Anda perlu mengganti secepatnya. Namun, jika rasa gatal tersebut dikarenakan iritasi, maka Anda perlu bantuan tim medis untuk masalah ini.

Biasanya dokter akan memberikan obat khusus anti bakteri yang digunakan untuk melawan iritasi pada payudara Anda. Selain itu, Anda pun harus tetap menjaga kebersihan serta kesejukan payudara. Cobalah untuk melepas bra ketika Anda tidur. Sebab, menurut hasil penelitian, melepas payudara ketika tidur adalah cara mudah untuk mendapatkan kesehatan payudara.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi