Mengapa Payudara Berukuran Kecil? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

payudara-kecil-doktersehat

DokterSehat.Com– Ukuran payudara kecil sering kali membuat wanita minder dan tidak percara diri. Hal ini lah yang membuat banyak wanita mencari berbagai cara untuk membesarkan payudara. Padahal cara yang dilakukan sering kali belum diketahui efektivitasnya atau bahkan menimbulkan risiko tertentu. Sebelum mengeluhkan ukuran payudara Anda, ketahui lebih dulu penyebab payudara kecil berikut ini.

Penyebab Payudara Kecil

Payudara wanita mulai berkembang semenjak masa puber, disaat yang sama ketika mendapatkan menstruasi pertama. Ukuran payudara setiap wanita memang berbeda-beda dapat diperngharuhi faktor dari dalam tubuh maupun dari luar tubuh. Berikut adalah beberapa penyebab payudara berukuran kecil:

1. Faktor genetik

Faktor pertama penyebab payudara kecil adalah karena faktor genetik. Jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan ukuran payudara besar, maka kemungkinan Anda untuk mendapatkan ukuran payudara besar juga akan tinggi. Begitu juga Anda memiliki banyak anggota keluarga dengan ukuran payudarah kecil.

Meskipun begitu, hal ini tidak selalu mutlak terjadi. Ukuran payudara seseorang juga dapat berbeda berbeda dengan anggota keluarganya dipengaruhi oleh faktor lainnya.

2. Berat badan

Faktor kedua penyebab payudara kecil lainnya adalah karena berat badan. payudara terdiri dari jaringan pendukung, kelenjar dan saluran susu, dan juga lemak. Sebagian memiliki jaringan pendukung yang lebih banyak dibandingkan dengan jumlah lemaknya dan juga sebaliknya.

Jika payudara Anda lebih banyak dibentuk oleh lemak, maka akan lebih terlihat perubahan ukuran payudara ketika Anda mengalami penurunan berat badan. Memang tidak semua orang dengan tubuh kurus memiliki payudara yang kecil, namun hal ini terbukti pada beberapa orang.

3. Usia

Penyebab payudara kecil selanjutnya adalah karena faktor usia. Ketika usia semakin bertambah, ukuran payudara juga dapat mengecil. Hal ini terjadi karena elastisitas kulit yang juga semakin berkurang. Kecilnya payudara akibat faktor usia merupakan hal yang sangat wajar.

4. Ketidakseimbangan hormon

Pertumbuhan payudara sangat dipengaruhi oleh hormon. Payudara mulai tumbuh ketika tubuh wanita mulai melepaskan hormon estrogen yang merupakan hormon reproduksi bagi wanita. Jika terjadi ketidakseimbangan hormon selama masa pertumbuhan, maka pertumbuhan payudara juga bisa terhambat dan menyababkan ukuran payudara kecil.

5. Hipoplasia payudara

Hipoplasia payudara adalah kondisi terhambatnya jaringan payudara sehingga payudara tidak dapat tumbuh dengan sempurna. Penyebab kondisi ini belum diketahui dengan jelas. Kondisi ini dapat menyebabkan kelenjar penghasil susu menjadi sedikit atau tidak ada sama sekali.

Karena kondisi ini dapat membuat ukuran payudara kecil. hipoplasia juga dapat menyebabakan wanita kesulitan ketika menyusui, namun masih bisa dibantu dengan suplemen untuk dapat meningkatkan produksi ASI.

6. Kekurangan nutrisi

Asupan nutrisi selama masa pertumbuhan akan sangat berpengaruh pada bentuk tubuh seseorang. Jika nutrisi kurang, maka pertumbuhan fisik juga tentunya dapat terhambat. Kurangnya nutrisi selama masa pertumbuhan pada saat remaja atau anak-anak diduga juga dapat menjadi salah satu penyebab payudara kecil.

Cara Mengatasi Payudara Kecil

Pada dasarnya tidak ada cara yang bisa dilakukan untuk memicu pertumbuhan payudara. Karena jika sudah memasuki usia dewasa, maka payudara wanita juga tidak akan tumbuh kembali. Cara mengatasi payudara kecil sebenarnya adalah dengan menjaga payudara agar tetap kencang, sehingga dapat terlihat lebih besar.

Berikut adalah beberapa cara mengatasi payudara kecil yang bisa Anda lakukan:

1. Olahraga

Cara mengatasi payudara kecil yang pertasma adalah dengan olahraga. Jenis olahraga yang dapat membantu mengencangkan payudara adalah olahraga yang melatih otot dada, bahu, dan juga punggung. Beberapa gerakan yang dapat membantu mengencangkan payudara adalah seperti push up, arm circles, chest press, dan arm presses.

2. Pijat payudara

Cara mengatasi payudara kecil yang kedua adalah dengan melakukan pijat payudara. Cara yang satu ini dapat membantu untuk merangsang produksi kolagen yang penting untuk menjaga payudara agar tetap tergaja elastisitasnya dan tetap kencang.

3. Mempebaiki postur tubuh

Anda juga bisa membuat payudara kecil terlihat lebih besar dengan cara memperbaiki postur tubuh. Memiliki postur membungkuk akan membuat payudara terlihat lebih turun. Sedangkan jika Anda memiliki postur tegak ketika duduk dan berjalan maka payudara juga akan semakin telihat terangkat.

4. Menggunakan bra khusus

Payudara kecil juga dapat diatasi dengan menggunakan bra khusus. Model push-up bra dirancang agar payudara terangkat hingga payudara dapat terlihat lebih besar. Namun tentunya bra jenis ini hanya dapat digunakan dalam kesempatan tertentu dan tidak dapat digunakan setiap saat.

5. Implan payudara

Cara mengatasi payudara yang terakhir adalah dengan cara melakukan implan payudara atau operasi untuk memperbesar payudara. Cara ini mungkin adalah satu-satunya cara untuk memperbesar ukuran payudara secara nyata.

Sayangnya implan payudara juga memiliki banyak risikonya tersendiri. Maka dari itu, sebelum melakukan implan payudara, sebaiknya pahami lebih dulu risiko apa saja yang mungkin terjadi pada tubuh Anda. Perlu diketahui juga tentunya hasil implan tidaklah akan bertahan selamanya.

Selain cara mengatasi payudara kecil seperti yang disebutkan di atas, masih banyak cara memperbesar payudara yang beredar di masyarakat. Mulai dari konsumsi makanan tertentu hingga bermunculannya berbagai produk kecantikan yang memiliki klaim mampu untuk memperbesar payudara.

Sebelum memilih cara untuk memperbesar payudara, sebaiknya ketahui lebih dulu risiko yang mungkin ditimbulkan. Ada banyak sekali produk pembesar payudara yang sebenarnya belum diteliti efektivitasnya. Maka dari itu, sebaiknya penggunaannya dihindari karena ditakutkan akan timbulnya efek samping.

Kuncinya adalah percaya diri, meskipun memiliki payudara kecil. Jika memang ingin memiliki bentuk payudara yang indah, sebaiknya melakukan olahraga dan menerapkan pola hidup sehat lainnya agar tubuh tetap bugar dan memiliki bentuk yang indah secara keseluruhan.