5 Penyebab dan Mengatasi Payudara yang Gatal dengan Aman

penyebab-payudara-gatal-doktersehat

DokterSehat.Com – Berbeda dengan pria, payudara wanita memiliki ukuran yang lebih besar dan struktur di dalam lebih kompleks. Sedikit saja area payudara ini mengalami masalah rasa gatal disertai dengan rasa perih akan muncul dan mengganggu aktivitas haruan. Bahkan, wanita bisa terganggu secara seksual akibat rasa gatal di area tersebut.

Rasa gatal di area payudara khususnya puting akan sangat menyisa sekali. Beberapa wanita sempat menggaruknya dengan kuat karena tidak tahan dengan rasa gatal yang sangat menyiksa. Nah, kira-kira adalah cara terbaik mengatasi gatal di payudara tanpa digaruk?

Penyebab payudara gatal

Sebelum membahas cara mengatasi gatal di payudara yang menyisa ada baiknya kalau kita mengetahui terlebih dahulu apa saja yang menyebabkan gatal dan penyakit apa saja yang memicunya.

  1. Infeksi jamur

Penyebab gatal pertama yang sering sekali muncul adalah infeksi jamur. Infeksi ini terjadi karena wanita tidak bisa menaga sanitasi dari tubuhnya. Pakaian yang digunakan harus diganti setiap hari khususnya bagian bra. Kalau pakaian itu tidak diganti, kemungkinan besar akan dijadikan tempat jamur untuk tumbuh.

Saat jamur mulai menginfeksi dengan cepat di area payudara, rasa gatal  akan muncul dengan sendirinya. Kalau rasa gatal tidak segera diatasi, kemungkinan besar akan terjadi gangguan lanjutan berupa rasa sakit hingga borok kalau digaruk terlalu kuat.

  1. Eksim

Eksim adalah gangguan kulit yang bisa terjadi di mana saja termasuk di payudara. Penyakit ini menyebabkan kulit menjadi kering dan juga bersisik. Pada kondisi yang sudah parah, eksim bisa menyebabkan rasa gatal yang cukup intens dan perdarahan yang bisa membuat kulit menjadi mengelupas.

Kondisi eksim ini bisa sembuh dengan perawatan yang baik. Biasanya kita harus mengembalikan lagi kelembapan dari kulit terlebih dahulu. Selanjutnya barulah  efek samping dari eksim bisa disembuhkan dengan sempurna.

  1. Psoriasis

Psoriasis adalah gangguan pada kulit yang muncul dalam bentuk pengelupasan dan bercak merah di sekitarnya. Kondisi ini menyebabkan rasa gatal yang menyiksa sehingga beberapa wanita kerap menggaruknya hingga terjadi infeksi. Oh ya, psoriasis ini dipicu oleh pertumbuhan sel pada kulit yang tidak bisa dikontrol dengan baik.

  1. Alergi dengan perlengkapan mandi

Beberapa perlengkapan mandi yang hanya digunakan mengandung banyak bahan kimia yang merusak kulit.. Pada wanita yang sangat sensitif, bahan sabun mandi hingga sampo bisa menyebabkan payudara langsung terasa sakit dan tidak nyaman. Pada beberapa kasus, payudara akan mengalami lecet dan muncul borok.

Hanya gunakan perlengkapan mandi yang tanpa efek samping. Anda tidak perlu memakai yang terlalu wangi dengan aroma tertentu. Cukup gunakan yang biasa asal bisa membersihkan kotoran pada tubuh.

  1. Perubahan pada tubuh wanita

Rasa gatal dan perih bisa muncul juga karena beberapa perubahan pada tubuh khususnya kegemukan dan hormon. Pada wanita yang obesitas, area payudara akan menjadi lebih gatal dari sebelumnya dan membuat mereka jadi tidak nyaman. Selanjutnya perubahan hormon khususnya saat sedang hamil juga bisa menyebabkan rasa gatal pada payudara.

Cara mengatasi payudara gatal dan kering

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa gatal pada payudara wanita.

  1. Jaga kelembapan dari payudara

Jaga kelembapan dari payudara yang sedang mengalami gatal. Rasa gatal di payudara khususnya bagian areola bisa disebabkan oleh kulitnya yang kering. Nah, agar kulit tidak menjadi kering Anda harus menjaga kelembapannya. Gunakan krim herba untuk membuat area puring hingga bagian terpapar gatal lainya dengan krim khusus.

Kalau Anda sedang menyusui, ada baiknya untuk  menggunakan krim yang edible dan aman untuk bayi. Kalau Anda merasa ragu bisa mencucinya dahulu setelah melakukan perawatan. Lakukan hal itu pada jam-jam bayi sedang tidur dan kenyang.

  1. Lakukan pemijatan rutin

Melakukan pemijatan rutin pada payudara bisa membuat organ ini jadi lebih sehat dan jarang sekali terasa gatal. Dengan melakukan pemijatan, peredaran darah di area payudara bisa berjalan dengan lancar. Dampaknya regenerasi bisa berjalan dengan cepat dan kondisi kulit kering tidak terjadi.

Pemijatan ini bisa dilakukan saat pagi atau malam hari sebelum tidur. Kalau Anda sedikit tidak memiliki waktu bisa melakukan pemijatan payudara saat sedang mandi sehingga prosesnya bisa berjalan dengan lebih lancar dan aman.

  1. Gunakan bra yang tepat

Gesekan yang terjadi di payudara bisa menyebabkan rasa gatal yang cukup intens dan memicu terjadinya luka. Agar kondisi ini tidak terjadi, Anda bisa menggunakan bra yang tepat untuk payudara. Bra yang bisa digunakan ini haruslah yang nyaman dan membuat semua bagian payudara aman tanpa khawatir mengalami gesekan.

  1. Kompres dengan air hangat atau dingin

Kalau rasa gatalnya terjadi cuku menyiksa dan Anda sudah tidak tahan untuk menggaruknya, segera ambil kompres air dingin atau air hangat. Dengan kompres ini Anda bisa dengan mudah menahan rasa ingin menggaruk dan menyelamatkan payudara dari luka yang kemungkinan terjadi. Oh ya, saat mengompres, usahakan menggunakan kain yang bersih dan tidak kasar.

  1. Sembuhkan penyebabnya

Sembuhkan penyebabnya kalau gatal terjadi karena penyakit tertentu seperti infeksi jamur. Dengan menyembuhkan sebabnya, rasa gatal akan hilang dengan sendirinya dan payudara bisa lebih lembut dan tidak penuh luka akibat terkena garukan yang kuat dengan kuku yang tajam.

Mengatasi payudara yang kering dan gatal tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Kalau sampai area ini mengalami luka yang cukup besar bisa sangat menyiksa dan membuat wanita mengalami infeksi. Terakhir, kalau area payudara sampai memiliki bekas permanen bisa menurunkan rasa percaya diri wanita.