Payudara Gatal Saat Hamil: Penyebab dan Cara Mengatasi

perubahan-payudara-saat-hamil-doktersehat

DokterSehat.Com – Umumnya, wanita memiliki beberapa keluhan saat hamil. Salah satu keluhannya adalah payudara gatal saat hamil. Sebenarnya tidak hanya payudara saja tetapi kulit gatal juga menjadi masalah umum selama kehamilan.

Rasa gatal pada payudara pasti mengganggu Anda. Sering kali, Anda terpikir untuk menggaruknya dan bahkan memang sering tak tahan menggaruk payudara yang gatal. Nah, walaupun biasa terjadi tetapi sebaiknya ketahuilah penyebab dan cara mengatasi payudara gatal saat hamil.

Penyebab payudara gatal saat hamil

Jika payudara Anda gatal saat hamil maka itu bukan terjadi bukan tanpa sebab. Pastinya, ada penyebab mengapa payudara gatal saat hamil. Anda perlu mengetahui beberapa penyabab payudara gatal saat hamil.

Berikut ini adalah beberapa penyebab payudara gatal saat hamil:

1. Perubahan hormon

Selama masa kehamilan, Anda akan mengalami perubahan hormon. Perubahan hormon ini akan meningkatkan aliran darah di payudara. Akibatnya, ukuran payudara akan menjadi lebih besar dari ukuran semula.

Perubahan ukuran payudara yang menjadi semakin besar ini pun membuat kulit payudara menjadi meregang. Peregangan pada kulit payudara inilah yang sebenarnya menjadi penyebab payudara gatal saat hamil.

Ini dikarenakan ketika kulit payudara meregang maka kelembapan akan hilang dan mulai muncul rasa gatal pada bagian kulit payudara. Penyebab ini merupakan penyebab utama payudara gatal saat hamil.

2. Persiapan menyusui

Selama masa kehamilan, hormon-hormon kehamilan akan merangsang tubuh untuk membentuk sel-sel penghasil susu dan saluran susu. Ini membuat payudara menjadi lebih besar dan akhirnya menyebabkan peregangan pada kulit payudara. Sudah dijelaskan sebelumnya tentang apa yang terjadi selanjutkan bila kulit payudara meregang.

3. Meningkatnya lemak

Walaupun ada ibu hamil yang mengalami penurunan berat badan tetapi banyak juga ibu hamil yang memiliki berat badan yang lebih tinggi dari sebelumnya. Perubahan hormon dapat membuat nafsu makan meningkat.

Akibat dari hal tersebut, banyak lemak dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Lemak-lemak tersebut mengisi beberapa bagian tubuh tepat di bawah kulit. Hal ini tentunya akan membuat payudara tampak lebih besar karena lemak dan terjadi peregangan kulit payudara.

4. Kolestasis kehamilan

Selain karena hal-hal di atas, penyebab payudara gatal saat hamil juga bisa dikarenakan kondisi kolestasis. Kolestasis adalah kondisi di mana aliran normal empedu hati dipengaruhi oleh jumlah hormon kehamilan yang lebih tinggi.

Baca Juga: Gatal Berlebihan Saat Hamil? Waspada Gejala Kolestasis Obstetri

Kejadian kolestasis ini dimulai dari gatalnya bagian telapak tangan dan telapak kaki. Biasanya, kolestasis muncul pada trimester ketiga. Apabila penyebab gatal saat hamil dikarenakan kolestasis maka ini bisa menyebabkan rasa gatal yang sangat ekstrim.

5. Menderita penyakit

Penyebab lain payudara gatal bisa dikarenakan penyakit. Ada beberapa penyakit yang bisa memicu payudara gatal saat hamil. Beberapa penyakit seperti eksim, psoriasis, dan kanker dapat menimbulkan rasa gatal pada payudara. Ini juga bisa menjadi penyebab payudara gatal pada wanita walaupun tidak sedang hamil.

6. BH kurang bersih

Payudara gatal saat hamil bisa juga dikarenakan bh yang Anda pakai kurang terjaga kebersihannya. Hal ini pun membuat banyak bakteri bersarang di dalam bh dan menempel pada payudara Anda sheingga menjadi gatal.

7. Menggaruk dengan kuku panjang

Ketika sedang hamil, sebaiknya kuku Anda tetap pendek. Kuku yang panjang cenderung membawa kuman dan menggaruk kulit hingga berdarah sehingga menularkan bakteri pada payudara. Satu hal yang perlu diwaspadai adalah bahwa hal ini bisa menular ke bagian kulit yang lain.

Cara mengatasi payudara gatal saat hamil

Setelah Anda mengetahui beberapa penyebab payudara gatal saat hamil kini saatnya Anda mengetahui beberapa cara mengatasi payudara gatal saat hamil. Informasi ini bertujuan agar rasa gatal pada payudara bisa dihilangkan.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi payudara gatal saat hamil:

1. Mengolesi pelembap

Jika penyebab utama payudara gatal saat hamil adalah karena peregangan kulit payudara sehingga menghilangkan kelembapan kulit maka cara mengatasinya adalah dengan mengoleskan pelembap pada bagian kulit payudara.

Oleskan pelembap secara merata dan teratur pada seluruh permukaan kulit payudara sehingga payudara Anda kembali memiliki kelembapan yang cukup. Anda juga bisa menggunakan krim kulit yang aman untuk payudara.

2. Mengobati kolestasis

Penyebab payudara gatal yang dikarenakan kolestasis maka bisa diatasi dengan mengobati kolestasis tersebut. Pengobatan kolestasis ini sebaiknya dilakukan setelah Anda berkonsultasi dengan dokter ahli sehingga kolestasis bisa diobati secara tepat.

3. Hindari air panas dan sinar matahari

Cara mengatasi payudara gatal saat hamil bisa dilakukan dengan berendam di dalam air dingin. Ini artinya Anda tidak bisa menggunakan air panas karena bisa membuat rasa gatal makin besar. Tak hanya air panas, paparan sinar matahari juga perlu dihindari.

Baca Juga: 7 Penyakit Kulit Saat Hamil dan Cara Mengatasi

4. Hindari sabun beraroma

Mandi dengan sabun yang memiliki aroma harum menawan memang menarik. Namun, tak disangka jika aroma pada sabun bisa membuat kulit menjadi lebih kering. Kekeringan pada kulit inilah yang menimbulkan rasa gatal.

5. Menjaga kebersihan payudara dan bh

Anda telah mengetahui bahwa bakteri bisa menjadi penyebab payudara menjadi gatal. Oleh karena itu, salah satu cara mengatasi payudara gatal saat hamil adalah dengan menjaga kebersihan payudara dan bh.

6. Menggunakan es

Rasa gatal bisa diatasi dengan menggunakan sesuatu yang dingin. Selain berendam di dalam air dingin, Anda juga bisa menggunakan es untuk mengatasi payudara gatal saat hamil. Letakkanlah es di area payudara yang sangat gatal selama beberapa waktu.

Namun, Anda perlu ingat agar jangan terlalu lama meletakkan es di atas kulit payudara. Hal ini dikarenakan es atau air dingin bisa menyebabkan adanya pembentukan jaringan baru di bawah kulit payudara.