Terbit: 18 November 2019 | Diperbarui: 20 November 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bagi sebagian wanita, payudara yang terasa gatal adalah hal yang wajar terjadi, namun ada yang menganggap sensasi gatal ini terkait dengan kanker payudara, apalagi jika gatal cenderung sering terjadi dan berlangsung cukup lama dan tak kunjung menghilang meski sudah digaruk. Hanya saja, apakah memang payudara yang terasa gatal terkait dengan risiko kanker payudara?

Payudara Terasa Gatal Tanda Kanker Payudara?

Kaitan Antara Payudara Gatal dengan Kanker Payudara

Pakar kesehatan dr. Clare Morrison menyebut meskipun payudara kita terasa gatal, jangan langsung panik apalagi langsung berpikir bahwa kita terkena kanker payudara. Memang, salah satu tanda dari kanker payudara adalah payudara yang gatal, namun hal ini cenderung tidak sering terjadi.

“Radang karena kanker payudara memang bisa menyebabkan sensasi gatal, nyeri, pembengkakan, hingga kemerahan pada kulit. Hal ini jarang terjadi,” ucap dr. Morrison sebagaimana dilansir dari metro.co.uk.

Dr. Morrison menyebut besar kemungkinan sensasi gatal ini seringkali terkait dengan masalah kesehatan lainnya seperti iritasi pada kulit, terjadi peradangan pada payudara, kehamilan, efek dari pra-menstruasi, hingga konsumsi obat-obatan tertentu.

“Seringkali payudara yang gatal terkait dengan kulit kering, dermatitis, alergi, atau bahkan terbakar sinar matahari. Masalah kulit lain seperti eksim, psoriasis, gigitan serangga, dan lain-lain juga bisa menyebabkannya. Kondisi ini bisa terjadi jika kita sering memakai baju dengan kerah yang lebar,” ucapnya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Selain itu, penggunaan bra yang kurang nyaman juga bisa menyebabkan sensasi gatal pada payudara. Apalagi jika kita juga menggunakannya sambil melakukan aktivitas yang bisa membuat keringat lebih banyak keluar. Bahan bra yang tidak tepat juga bisa memicu datangnya gatal-gatal atau infeksi jamur pada kulit payudara.

Gatal Seperti Apa yang Sebaiknya Diwaspadai

Dr. Morrison menyebut gatal pada payudara yang perlu untuk diwaspadai adalah yang tiba-tiba saja muncul namun kemudian terus terasa dalam waktu yang lama. Setelahnya, muncul gejala lain yang cukup mencurigakan dan adanya gangguan pada siklus menstruasi. Jika sampai hal ini terjadi, sebaiknya segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter.

Jika memang gatal dipicu oleh kanker payudara, hal ini menandakan bahwa kanker ini telah memicu peradangan. Kanker ini juga sudah menyebar hingga ke bagian bawah kulit sehingga harus diatasi sesegera mungkin.

Beberapa Tanda yang Terkait dengan Kanker Payudara

Dr. Morrison menyebut setiap wanita, khususnya yang sudah memasuki usia 20-an untuk mewaspadai kanker payudara. Tanda dari kanker ini tak hanya berupa benjolan pada payudara yang biasanya baru terasa jika kita merabanya. Bisa jadi ada tanda-tanda lain yang patut untuk diwaspadai.

Berikut adalah tanda-tanda tersebut.

  1. Payudara Mengalami Perubahan Ukuran

Jangan senang dulu jika payudara mengalami perubahan ukuran. Jika penyebabnya tidak jelas seperti bukan karena faktor sedang dalam siklus menstruasi atau kehamilan, bisa jadi hal ini terkait dengan kanker payudara sehingga sebaiknya segera diperiksakan ke dokter.

  1. Perubahan pada Puting Payudara

Puting payudara yang masuk ke dalam sebaiknya segera diperiksakan. Jika hal ini juga disertai dengan gejala lainnya seperti perubahan warna menjadi kemerahan, ruam-ruam pada kulit, atau bahkan luka dan muncul cairan dengan sendirinya, bisa jadi hal adalah tanda dari kanker payudara.

  1. Bagian Bawah Ketiak Mengalami Pembengkakan

Pembengkakan di bagian bawah ketiak yang terus terjadi sebaiknya diperiksakan karena bisa jadi terkait dengan kanker payudara.

  1. Nyeri pada Payudara

Nyeri pada payudara yang disertai dengan terlihatnya pembuluh darah bisa jadi terkait dengan kanker payudara yang harus segera diperiksakan ke dokter.

 

Sumber:

  1. Scott, Ellen. 2019. Is having itchy boobs a sign of breast cancer?. metro.co.uk/2019/10/17/itchy-boobs-sign-breast-cancer-10936151/. (Diakses pada 18 Oktober 2019).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi