Patikan Kebo: Kandungan dan Manfaat

patikan-kebo-doktersehat

DokterSehat.Com – Pernah mendengar daun patikan kebo? Patikan kebo pada dasarnya merupakan tanaman pengganggu (gulma) yang biasa tumbuh di tepi jalan, tepi sungai, hingga areal pertanian. Siapa sangka di balik predikat gulma yang tersemat, daun patikan kebo ternyata bisa mendatangkan sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Lantas, apa itu daun patikan kebo? Apa manfaat daun patikan kebo bagi kesehatan?

Daun Patikan Kebo dan Kandungan Nutrisi

Daun patikan kebo (Euphorbia hirta L) adalah tanaman liar yang umumnya dapat Anda temui di tempat-tempat seperti tepi jalan, tepi sungai, padang rumput, dan areal pertanian. Daun patikan kebo adalah satu dari ribuan tanaman herbal yang sudah sejak lama dipercaya dapat mengatasi pelbagai masalah kesehatan.

Sama seperti tanaman herbal pada umumnya, manfaat patikan kebo ini tak lepas dari kandungan zat-zat penting di dalamnya yang memiliki peran krusial dalam menjaga kesehatan maupun mengobati penyakit-penyakit tertentu.

Kandungan daun patikan kebo sebagaimana dimaksud antara lain:

  • Asam askorbat (vitamin C)
  • Beta-sitosterol
  • Euphorbin
  • Flavonoid
  • Gallic-acid
  • Kaempferol
  • Quercetin
  • Saponin
  • Tanin

Senyawa-senyawa tersebut memiliki perannya masing-masing. Ada yang berperan sebagai antioksidan, antibakteri, antiinflamasi, dan sebagainya.

Manfaat Patikan Kebo bagi Kesehatan Tubuh

Daun patikan kebo memang merupakan tanaman liar, namun jangan sepelekan tanaman yang memiliki nama lain ‘daun gendong anak’ ini karena manfaatnya bagi kesehatan sangat besar. 

Berikut adalah daftar manfaat patikan kebo bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1. Mengatasi Infeksi

Sebuah studi pada tahun 2010 menuliskan jika daun patikan kebo memiliki sifat antibakteri. Artinya, mengonsumsi tanaman herbal ini dianggap mampu untuk mengatasi sejumlah infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

Manfaat patikan kebo ini utamanya untuk mencegah perkembangan bakteri seperti Escherichia coli, Staphylococcus aureus, Pseudomonas aeruginosa, dan Bacillus subtili.

2. Mengatasi Peradangan

Manfaat patikan kebo selanjutnya adalah untuk mengatasi peradangan (inflamasi). Mengonsumsi daun patikan kebo menurut penelitian efektif meredakan peradangan yang terjadi di dalam tubuh.

Hal ini dimungkinkan karena pada patikan kebo terkandung senyawa-senyawa yang memiliki sifat antiinflamasi, seperti beta-sitosterol, asam askorbat, dan tanin.

3. Membantu Penyembuhan Luka

Kandungan senyawa flavonoid, saponin, dan tanin pada daun patikan kebo menghasilkan manfaat pati kebo yang tak kalah penting yakni membantu penyembuhan luka.

Flavonoid, misalnya. Senyawa yang termasuk ke dalam kelompok fenol ini bertugas untuk menghambat perkembangan bakteri sebelum menginfeksi luka.

Sementara itu, saponin dan tanin memiliki sifat antiseptik yang mana hal tersebut dibutuhkan untuk penyembuhan luka. Saponin bekerja dengan cara membentuk kolagen pada area kulit yang terluka, sedangkan tanin berfungsi untuk mematikan adhesin mikroba, protein transport, dan enzim pada membran sel sehingga luka bisa sembuh dengan cepat.

4. Mengatasi Masalah Pernapasan

Masalah pernapasan seperti asma juga bisa diatasi dengan mengonsumsi daun patikan kebo. Kandungan senyawa asam askorbat pada patikan kebo memiliki sifat anti-asma. Senyawa tersebut bekerja dengan cara menghasilkan efek relaksasi pada saluran pernapasan.

Guna mendapatkan manfaat patikan kebo yang satu ini, Anda bisa merebus daun tersebut di dalam air mendidih, setelah itu minum air rebusan tersebut secara rutin sampai gejala asma maupun gangguan pernapasan lainnya hilang.

5. Meningkatkan Kualitas Sperma

Pada sebuah penelitian, dikatakan bahwasanya daun patikan kebo bisa meningkatkan kualitas sperma, baik dari segi motilitas maupun usia hidup sperma.

Akan tetapi, efektivitas patikan kebo dalam meningkatkan kualitas sperma ini baru berhasil pada hewan domba Afrika. Penelitian lebih lanjut dengan objek manusia tentunya diperlukan untuk menguji kebenaran manfaat patikan kebo yang satu ini.

6. Menghalau Radikal Bebas

Menghalau serangan radikal bebas juga menjadi salah satu manfaat pati kebo yang sayang untuk Anda lewatkan. Khasiat patikan kebo dalam menghalau radikal bebas dikarenakan daun ini mengandung senyawa antioksidan seperti beta-sitosterol, flavonoid, dan kaempferol.

Melindungi tubuh dari serangan radikal bebas tentu menjadi suatu hal yang penting oleh karena radikal bebas ini menjadi penyebab rusaknya sel-sel tubuh yang bisa berujung pada sejumlah kondisi seperti penuaan dini (skin aging) hingga kanker.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tubuh yang tidak mudah terserang penyakit pastinya memiliki sistem imun yang baik. Dari sekian banyak cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengonsumsi daun patikan kebo adalah salah satunya.

Manfaat patikan kebo untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tubuh tidak mudah terserang penyakit ini dihasilkan oleh senyawa flavonoid, saponin, dan tanin. Menurut penelitian, ketiganya efektif dalam mengoptimalkan kinerja sistem imun.

8. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Anda sedang mengalami gangguan pencernaan seperti diare? Jika ya, maka salah satu cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengonsumsi air rebusan daun patikan kebo.

Senyawa yang terkandung di dalam patikan kebo menurut penelitian efektif untuk melancarkan pergerakan usus sehingga gejala diare dan rasa tidak nyaman lainnya pada perut bisa diredakan.

Cara Mengolah Patikan Kebo

Patikan kebo umumnya diolah menjadi minuman herbal. Anda bisa merebus daun patikan kebo (setelah dicuci sampai bersih) bersama dengan air mendidih sampai matang. Lalu, minumlah air rebusan tersebut selagi hangat.

Minumlah air rebusan daun patikan kebo ini secara rutin, minimal satu kali dalam sehari untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa mengonsumsi patikan kebo bisa saja menimbulkan efek samping, seperti mual dan muntah.

Selain itu, getah daun patikan kebo juga jika terkena  kulit bisa menimbulkan iritasi dan bahkan reaksi alergi. Berhati-hatilah ketika hendak menyentuh daun ini guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Terlepas dari kandungan senyawa yang ada di dalamnya, ada baiknya sebelum mengonsumsi patikan kebo Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk memastikan manfaat yang bisa didapat darinya. Semoga bermanfaat!

 

Informasi ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo

 

Sumber:

  1. Staughton, J. 2018. 9 Surprising Benefits Of Euphorbia Hirta. https://www.organicfacts.net/health-benefits/herbs-and-spices/euphorbia-hirta.html
  2. Sunil, K et al. 2010. Euphorbia hirta: Its chemistry, traditional and medicinal uses, and pharmacological activities. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3249903/#ref17 (diakses pada 4 September 2019)
  3. Oyeyemi, M et al. 2009. Sperm Motility and Viability in West African Dwarf Rams
    Treated with Euphorbia hirta. https://scielo.conicyt.cl/pdf/ijmorphol/v27n2/art24.pdf https://scielo.conicyt.cl/pdf/ijmorphol/v27n2/art24.pdf (diakses pada 4 September 2019)
  4. Zahriana, N. 2017. Tanaman Patikan Kebo (Tinjauan Pustaka). http://eprints.umm.ac.id/35366/3/jiptummpp-gdl-niazahrian-49451-3-babii.pdf (diakses pada 4 September 2019)