Pasta Ternyata dapat Menurunkan Berat Badan

Photo Credit: pexels. com

DokterSehat.Com– Ada banyak cara yang dilakukan untuk menurunkan berat badan, salah satunya adalah dengan cara mengurangi konsumsi karbohidrat. Seperti yang Anda ketahui bahwa karbohidrat bisa Anda peroleh dari makanan sehari-hari, seperti nasi, kentang, jagung, dan sebagainya.

Photo Credit: pexels. com

Karbohidrat merupakan sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh, namun jika dikonsumsi terlalu banyak akan meningkatkan kadar gula dalam tubuh. Meningkatnya kadar gula dalam tubuh bisa menimbulkan risiko terkena penyakit diabetes dan obesitas. Maka tak heran jika banyak orang yang membatasi konsumsi karbohidrat dan menggantinya dengan makanan yang mengandung rendah karbohidrat.

Banyak makanan yang mengandung karbohidrat rendah, salah satunya adalah pasta. Pasta merupakan salah satu makanan yang berasal dari Italia yang dibuat dari bahan tepung terigu, air, telur, dan garam yang membentuk adonan dan bisa dibentuk menjadi berbagai versi ukuran dan bentuk. Pasta hampir sama dengan mie, cara mengolahnya sama-sama direbus terlebih dahulu. Banyak orang yang menyukai pasta karena memiliki rasa yang cukup enak dan dianggap lebih sehat dibanding dengan mie, terutama mie instan.

Lalu mengapa mengonsumsi pasta tidak dapat meningkatkan berat badan, tapi justru menurunkan berat badan? Seperti yang Anda ketahui, jika makanan yang terbuat dari tepung pasti akan susah untuk dicerna. Sebuah studi yang diterbitkan oleh BMJ Open menunjukkan bahwa jenis karbohidrat yang terkandung dalam pasta tidak menaikkan berat badan, karena karbohidrat tersebut memiliki indeks glikemik, yaitu rendahnya peningkatan kadar dula darah dari karbohidrat.

Perlu Anda ketahui juga bahwa makanan yang memiliki indeks glikemik rendah meningkatkan darah dalam jumlah yang lebih rendah dibandingkan dengan memiliki indeks glikemik tinggi, seperti nasi dan roti tawar. Sehingga inilah yang menjadi alasan mengapa mengonsumsi pasta tidak dapat menaikkan berat badan, tapi justru dapat menurunkan berat badan.

Jadi, setelah mengetahui bahwa pasta baik untuk kesehatan, akan lebih baik jika Anda memilih pasta daripada mie saat Anda ingin mengonsumsi makanan yang berasal dari olahan tepung terigu. Pasta jiga bisa Anda masukkan ke dalam menu diet Anda agar makanan sehat yang Anda konsumsi setiap hari tidak membosankan.