Terbit: 2 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Jika kita menyikat gigi tanpa memakai pasta gigi, kita tentu tidak akan mampu merasakan sensasi segar dan bersih. Sayangnya, sebuah penelitian terbaru yang dilaporkan dalam Science Translational Medicine menyebutkan bahwa penggunaan pasta gigi sepertinya berkaitan dengan kanker kolon.

Bahan Pasta Gigi Bisa Memicu Kanker?

Dilansir dari iol.co.za, kandungan di dalam pasta gigi yang bernama triklosan memang bermanfaat dalam mencegah bakteri atau jamur yang buruk bagi kondisi gigi dan mulut. Sayangnya, menurut penelitian yang dipimpin oleh Guodong Zhang dari University of Massachusetts-Amherst, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa kandungan triklosan sepertinya mempengarui bakteri baik dan akhirnya bisa memicu peradangan pada usus dan kanker.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tikus percobaan. Tikus-tikus ini diberi makanan yang mengandung konsentrasi triklosan yang beragam selama 3 minggu. Hasilnya adalah, tikus-tikus dengan konsentrasi triklosan yang dianggap setara dengan yang ada dalam sampel darah manusia mengalami peradangan pada ususnya.

Para peneliti menyebutkan bahwa meskipun baru dilakukan dengan tikus percobaan, ada kemungkinan efek yang sama bisa terjadi pada kesehatan sistem pencernaan manusia, khususnya bagi mereka yang mengalami sindrom iritasi usus atau gejala awal kanker usus.

“Kandungan triklosan sudah terlanjur digunakan oleh hampir semua pasta gigi yang ada di seluruh dunia. Hasil penelitian kami menyarankan semua pihak di bidang kesehatan atau produsen pasta gigi untuk mengevaluasi kembali penggunaan triklosan karena dikhawatirkan bisa memicu dampak buruk bagi kesehatan pencernaan,” ucap Haixia Yang, pakar kesehatan lain yang terlibat dalam penelitian ini.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi