Pasien Wanita Sebaiknya Tidak Memilih Dokter Pria

DokterSehat.Com– Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Prosiding National Academy of Sciences menghasilkan fakta menarik tentang proses perawatan pasien wanita yang menderita serangan jantung. Menurut para peneliti, wanita yang menderita masalah kesehatan ini sehingga dirawat ke IGD rumah sakit di Amerika Serikat sebaiknya tidak memilih dokter laki-laki untuk menanganinya karena justru akan mengalami peningkatan risiko terkena kematian.

Dilansir dari Asia One, penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Harvard University ini dilakukan dengan cara mengecek kondisi lebih dari 500 ribu pasien serangan jantungĀ yang dirawat di IGD rumah sakit di Florida, Amerika Serikat, sejak 1991 hingga 2010. Hasilnya adalah, ditemukan perbedaan yang cukup mencolok dalam hal keterkaitan jenis kelamin pasien dengan jenis kelamin dokter yang menanganinya.

Tatkala pasien wanita dirawat dengan dokter wanita, kemungkinan untuk bertahan hidup jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan saat dirawat oleh dokter pria. Meski sekitar 12 pasien meninggal tatkala ditangani di IGD, saat ditangani oleh dokter wanita, pasien wanita cenderung mengalami peningkatan kemungkinan bertahan hidup sebanyak 5,4 persen.

Penelitian ini juga mengungkap fakta bahwa serangan jantung lebih mematikan bagi kaum hawa dibandingkan dengan laki-laki. Hal ini disebabkan oleh gejala yang terjadi pada tubuh kaum hawa berbeda dengan yang terjadi pada laki-laki sehingga membuat wanita tidak segera memeriksakan kondisi kesehatannya ke dokter.

Penelitian ini tidak menunjukkan bahwa dokter laki-laki tidak sehebat dokter wanita dalam menyembuhkan pasien serangan jantung, khususnya yang berjenis kelamin wanita. Hanya saja, ada kemungkinan pasien wanita merasa lebih nyaman atau mengungkap segala sesuatu dengan lebih baik dengan dokter yang memiliki jenis kelamin yang sama sehingga proses perawatan bisa dilakukan dengan lebih baik.