Terbit: 24 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Karena bisa membuat tubuh terasa nyaman saat berbaring di tempat tidur, banyak pasien rumah sakit yang memilih untuk memakai piyama sepanjang waktu. Namun, pakar kesehatan dari Whittington Hospital, London Utara, Inggris, justru meminta para pasiennya untuk melepas piyama dan menggantinya dengan baju biasa saat siang hari agar bisa segera cepat sembuh. Apa alasannya?

Pasien Rumah Sakit Sebaiknya Tidak Memakai Piyama Sepanjang Waktu

Photo Source: Flickr/Sam Felder

Dilansir dari IOL, kepala perawat dari rumah sakit tersebut, Michelle Johnson, berkata bahwa banyak orang yang memakai piyama sepanjang waktu di rumah. Namun, jika pasien rumah sakit melakukannya, maka proses penyembuhan penyakitnya justru tidak akan secepat jika mereka berganti dengan pakaian biasa di siang hari.

Dengan mengganti pakaiannya, maka pasien tidak hanya akan berbaring saja di atas ranjang. Mereka akan tertarik untuk pergi ke suatu tempat seperti taman atau setidaknya berjalan-jalan di lorong. Hal ini ternyata bisa membuat tubuh dan sistem kekebalan menjadi lebih kuat dan akhirnya membuat mereka lebih cepat sembuh.

Menurut penelitian yang dilakukan para ahli dari rumah sakit ini, kondisi pasien yang terus memakai piyama disebut sebagai ‘pyjama paralysis’. Dalam penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam Mail’s Good Health ini, disebutkan bahwa dengan terus memakai piyama sepanjang waktu, pasien cenderung akan terus merasakan penyakitnya sehingga memilih untuk tetap berada di ranjangnya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Profesor Jane Cummings menyebutkan bahwa pyjama paralysis bahkan bisa membuat pasien terus bermalas-malasan di atas ranjang meskipun tubuh mereka sudah mulai berada dalam kondisi bugar. Hal ini berpengaruh besar pada pemulihan kondisi fisiknya. Pakar kesehatan lainnya, Dawne Garrett juga berkata bahwa terus berada di kasur juga membuat kita merasa lebih lemah.

Para pasien dari rumah sakit ini pun kini selalu diminta untuk mengganti pakaian saat siang hari. Bahkan, pasien juga diminta untuk memakai make-up, bercukur, atau merapikan rambutnya. Meskipun terlihat sepele, hal ini akan membuat pasien lebih bersemangat untuk segera sembuh.

Kalau Sobat Sehat memiliki keluarga atau kerabat di rumah sakit, mintalah mereka untuk rajin berganti pakaian ya agar cepat sembuh?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi