Terbit: 14 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Tahun pertama pernikahan adalah saat yang paling menyenangkan dari kehidupan pasutri. Mereka masih bebas melakukan banyak hal dan kehidupan mirip sekali dengan orang pacaran. Kondisi ini biasanya akan menurun seiring dengan berjalannya waktu. Pasangan akan mulai malas melakukan seks terlebih saat mereka memiliki anak.

5 Alasan Kenapa Pasangan Menikah Semakin Jarang Bercinta

Nah, kira-kira apa yang terjadi pada pasangan sehingga seks dilakukan semakin menurun kuantitasnya. Apakah ada gangguan signifikan pada dirinya sehingga seks tidak bisa dilakukan dengan maksimal.

Kalau Anda mulai mengalami kondisi seperti ini, mungkin beberapa alasan di bawah ini menjadi salah satu penyebabnya.

  1. Kebosanan seks yang parah

Seks memang menyenangkan. Namun, kalau dilakukan secara berlebihan dan terus-menerus akan membuat siapa saja jadi bosan. Pria adalah orang pertama yang akan mengalami kebosanan meski seks secara reguler tetap dilakukan. Kebosanan seks ini akan memicu banyak masalah seperti perselingkuhan.

Sebenarnya masalah kebosanan bisa diatasi dengan mudah oleh pasangan asal mereka mau melakukan komunikasi dengan baik. Komunikasi yang baik akan membuat pasangan mudah mengungkapkan apa yang dirasakan. Kalau memang bosan dengan lokasi seks, gaya seks, dan hal lainya bisa dibicarakan agar mendapatkan penyelesaian.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

  1. Mengalami stres yang berlebih

Salah satu penyebab terbesar yang membuat pasangan jadi mulai malas untuk melakukan aktivitas seks adalah stres. Kondisi ini bisa muncul karena ada tekanan dari pekerjaan yang dilakukan atau karena beban kehidupan yang terlalu besar sehingga pria dan wanita jadi tidak menikmati seks dengan baik.

Cara terbaik untuk mengatasi stres akan mau terbuka dengan pasangan dan membagi semua keluh kesah. Stres juga bisa diatasi dengan melakukan pelesir. Sesekali pergilah berlibur dengan pasangan untuk relaksasi. Lakukan evaluasi seks atau melakukan fantasi seks selama liburan.

  1. Mengalami gangguan seks

Gangguan seks bisa saja membuat pasangan berhenti bercinta dan selalu takut untuk melakukannya. Gangguan seks ini ada banyak dan bisa menyerang pria atau wanita. Salah satu gangguan seks yang bisa terjadi pada pria adalah gangguan ereksi hingga mengalami ejakulasi dini yang membuat mereka tidak merasa hebat di ranjang.

Selanjutnya gangguan seks pada wanita bisa berupa rasa sakit yang terjadi saat seks. Rasa sakit ini akan membuat wanita jadi enggan bercinta atau trauma. Sementara itu kalau mau jujur dengan pasangan juga sungkan. Akhirnya banyak sekali wanita yang hanya diam dan lebih memilih menolak ajakan bercinta pasangan.

  1. Penurunan libido yang signifikan

Ada banyak hal yang bisa menurunkan libido dari pria dan wanita. Salah satu penyebab utamanya adalah kecapaian yang berlebihan. Kondisi ini menyebabkan pasangan jadi malas bercinta dan memilih untuk lebih banyak beristirahat saja.

Selain masalah capai yang terlalu besar, pasangan juga bisa mengalami penurun libido karena kegemukan. Pasangan yang sudah menikah biasanya mengalami kenaikan berat badan dan mulai lupa untuk berolahraga. Naiknya kadar lemak di dalam tubuh bisa menyebabkan penurunan testosteron dan berdampak pada libido pria dan wanita.

  1. Hubungan suami istri yang memburuk

Hubungan suami istri secara personal juga menjadi pemicu apakah pasangan bisa rutin berhubungan badan atau tidak. Kalau pasangan jarang bercinta, kemungkinan besar hubungan personal suami dan istri sedang memburuk karena perbedaan pandangan atau masalah lainnya.

Cara terbaik untuk mengatasi permasalahan ini adalah memperbaiki hubungan personal. Kalau sudah tidak ada ganjalan lagi, Anda bisa dengan mudah melakukan seks lagi.

Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda. Mari evaluasi lagi kehidupan seks yang dijalani agar berjalan dengan lancar.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi