DokterSehat.Com– Wanita berusia 27 tahun bernama Casey Saunders dan pasangannya, Eugene Goree, dianugerahui anak kembar bernama Maya dan Laia pada 3 Desember 2018 lalu. Yang luar biasa adalah, kakak dari kembar ini juga kembar, yakni Hayden dan Cameron yang kini berusia 10 tahun.

bayi-kembar-dua-doktersehat

Photo Credit: Daily Mail/ From The Beginning-Lindey Ginesl

Dikutip dari Daily Mail, kemungkinan untuk mendapatkan anak kembar untuk yang kedua kali seperti yang dialami oleh Casey dan Eugene hanyalah 1 banding 70.000.

Saat pertama kali melakukan pemeriksaan USG di kehamilan yang kedua ini, Casey dan Eugene bercanda pada anak-anaknya tentang siapa yang nanti boleh memegang adiknya untuk pertama kali. Namun, ahli sonografi berkata bahwa di dalam kandungan Casey terdapat dua detak jantung. Pada awalnya Casey berpikir jika sang ahli sonografi bercanda. Namun, Ia ternyata berkata yang sebenarnya.

“Aku sangat terkejut dan tidak menyangka bahwa aku kembali mengandung bayi kembar,” ucap Casey.

Karena berpikir jika kembali mendapatkan bayi kembar sangatlah jarang terjadi di seluruh dunia, Casey pun secara iseng mencari seberapa banyak kemungkinan hal ini bisa terjadi. Ternyata, kesempatan untuk kembali mendapatkan bayi kembar hanyalah 0.0014 persen saja.

Sayangnya, Maya dan Laia terlahir dengan kondisi monoamniotic monochorionic (MoMo), kondisi ini berarti saat di dalam kandungan, bayi ini berbagi plasenta dan kantung ketuban. Hal ini membuat mereka tidak mendapatkan nutrisi dengan maksimal sehingga risiko untuk terkena komplikasi kehamilan pun tinggi. Saat usia kehamilan mencapai 24 minggu, kemungkinan bayi dengan kondisi MoMo untuk bertahan hidup hanyalah 75 hingga 80 persen.

Demi menyelamatkan kondisi sang bayi dan mencegah komplikasi kehamilan, pihak rumah sakit pun meminta Casey dirawat di rumah sakit agar mendapatkan perhatian medis yang maksimal dalam dua bulan terakhir kehamilannya. Maya dan Laia pun akhirya terlahir dengan kondisi sehat pada 3 Desember 2017. Meski sempat dirawat selama empat pekan di rumah sakit, keduanya tidak mengalami komplikasi dan kini tumbuh dengan sehat.

Wah, pasti seru yang punya anak kembar dua pasang sekaligus.