Bisakah Menggunakan Parsley untuk Merawat Kulit?

Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Daun parsley atau yang juga disebut dengan peterseli atau daun sop ini merupakan salah satu tanaman yang memiliki aroma khas. Tidak hanya digunakan sebagai dekorasi pada sebuah makanan, daun parsley ternyata juga mengandung sejumlah bahan aktif yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama kulit. Bahkan, penggunaan daun peterseli untuk merawat kulit ini telah dilakukan oleh sejumlah orang dengan cara yang cukup beragam. Berikut beberapa manfaat dari daun peterseli yang dapat Anda coba di rumah.

1. Masker Jerawat

Anda memiliki jenis kulit berminyak atau rentan berjerawat? Jangan terburu-buru membeli skincare khusus jerawat. Anda dapat mengatasinya terlebih dahulu dengan daun peterseli. Menggunakan masker daun peterseli ternyata dapat menyerap minyak berlebih pada kulit. Tidak hanya itu saja, daun peterseli juga mampu meredakan jerawat meradang dan mempercepat proses penyembuhan kulit.

2. Toner Penyegar Kulit

Dilansir dari laman Bustle, Anda juga dapat menggunakan daun parsley atau peterseli untuk mengembalikan kesegaran kulit. Mencampurkannya dengan ekstrak witch hazel ternyata dapat menghasilkan toner yang aman dan ampuh dalam menyegarkan kulit. Anda hanya perlu mencampurkan air rebusan daun peterseli dengan ekstrak witch hazel. Toner satu ini juga dapat mencegah kulit mengalami ruam. Bahkan, kulit kering juga dapat menggunakan toner alami satu ini.

3. Minyak Wajah

Kulit yang kering rentan mengalami breakout. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menjaga kelembapan kulit dengan mengaplikasikan bahan yang mengandung moisturizer. Anda dapat menggunakan minyak daun peterseli yang tidak hanya menjaga kelembapan sel kulit. Namun juga mampu mencegah penyumbata pori-pori.

Peterseli atau yang juga lebih dikenal dengan sebutan daun sop ternyata menjadi salah satu bahan alami dalam merawat kulit. Anda dapat mengolahnya menjadi sejumlah skincare alami yang terbilang aman dan dapat disesuaikan dengan kondisi kulit. Jadi, maukah Anda menjajal daun sop ini untuk merawat kulit?