Paprika, Ternyata Kaya Gizi Lho

doktersehat-paprika-merah

DokterSehat.Com– Masih jarang kita konsumsi, paprirka ternyata memiliki cukup banyak kandungan gizi, utamanya jika dibandingkan dengan sayuran sejenisnya, yaitu terong.

Jika dibandingkan dengan kandungan gizi terong yang cenderung lebih sering kita konsumsi, paprika memiliki beberapa keunggulan. Salah satunya adalah kandungan antioksidan yang ada cukup banyak pada berbagai jenis warna paprika.

Penelitian menyebutkan bahwa kandungan fenolik, flavonoid, dan karatenoid pada paprika merupakan kandungan antioksidan utama yang ada pada pigmen warna dan fitonutrien pada paprika.

Selain itu, kandungan gizi unggulan yang ada pada paprika, menurut United States Departement of Agriculture, adalah:

  1. Vitamin K

  2. Kandungan vitamin paling tinggi pada paprika adalah vitamin K, jika dibandingkan dengan terong, dalam 100 gram paprika, setara dengan ½ hingga ¾ paprika ukuran sedang, terdapat 7,4 mcg vitamin K. Angka ini 2 kali lebih besar jika dibandingkan dengan terong dan cukup tinggi jika dibandingkan dengan sayur lainnya. Dengan angka tersebut kita sudah memenuhi 15% kebutuhan harian vitamin K tubuh.

  3. Vitamin C

  4. Umumnya, buah yang berwarna merah oranye, seperti paprika adalah buah yang kaya vitamin A dan C. Begitu juga dengan paprika. Dalam 100 gram paprika terdapat 80,4 mg, angka tersebut sudah mampu memenuhi seluruh kebutuhan harian vitamin C orang dewasa Indonesia.

  5. Vitamin A

  6. Seperti yang telah disebutkan diatas, buah berwarna sangat lazim jika kaya vitamin A. ½ hingga ¾ paprika ukuran sedang memiliki 18 mcg vitamin A yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan sayur lain, misalnya terong yang hanya memiliki 1 mcg vitamin A.

    Ketiga kandungan vitamin tersebut merupakan gizi unggulan yang ada pada paprika.

    Meskipun masih jarang diolah untuk konsumsi harian. Kini ada cukup banyak pertanian di Indonesia yang mampu membudidayakan paprika lokal. Sehingga kita bisa merasakan manfaat vitamin yang ada pada paprika dengan lebih sering.

    Bagaimana, Anda tertarik untuk mulai mencoba mengolah paprika?