5 Pantangan Ibu Menyusui yang Harus Ditaati

pantangan-ibu-menyusui-doktersehat

DokterSehat.Com – Bayi yang baru saja lahir masih belum bisa makan seperti mereka yang sudah beranjak dewasa. Bayi masih membutuhkan nutrisi dalam jumlah banyak melalui ASI. Semua gizi yang didapatkan bayi berasal dari ibu sehingga apa yang dilakukan oleh ibu akan ikut masuk ke tubuh melalui ASI.

Karena nutrisi bayi hanya bergantung pada ASI, wanita tidak bisa melakukan hal-hal yang sifatnya buruk untuk kesehatan. Kalau hal itu tetap dilakukan, kemungkinan mendapatkannya juga akan besar. Oleh karena itu, selama menyusui, ibu harus memiliki beberapa pantangan yang harus dipatuhi dengan baik. Berikut pantangan yang harus dilakukan oleh ibu.

  1. Sayuran dan buah tertentu

Sayuran memang baik untuk ibu menyusui karena bisa melancarkan produksi ASI. Namun, tidak semua jenis sayuran baik untuk ibu dan juga bayi. Ada beberapa bahan makanan yang harus dijauhi seperti bawang putih terlalu banyak, kacang tanah, kedelai, dan kubis. Makanan itu kemungkinan menyebabkan alergi dan rewel pada bayi.

Selanjutnya buah-buahan tertentu seperti jeruk atau yang terlalu asam seperti kiwi dan nanas tidak cocok untuk ibu dan bayi. Lebih baik mengonsumsi buah seperti alpukat atau pepaya. Selanjutnya untuk sayuran lebih baik yang berdaun hijau seperti sawi, bayam, atau daun katu yang dipercaya melancarkan produksi ASI.

  1. Merokok dan minum alkohol

Rokok dan alkohol yang masuk ke dalam tubuh wanita akan menyebarkan radikal bebas ke seluruh tubuh. Aliran darah akan membawa racun dari rokok dan alkohol lalu ikut terbawa ke area payudara. Saat ASI keluar, cairan itu akan terkontaminasi dengan racun yang berbahaya untuk tubuh.

Saat racun yang berbahaya itu ikut masuk ke dalam tubuh bayi, ada kemungkinan merusak jaringan. Tumbuh dan kembang bayi akan mulai terhambat sehingga kemungkinan terjadi cacat akan tinggi. Hindari rokok dan alkohol bagaimana pun caranya karena bayi akan langsung terdampak.

  1. Mengonsumsi ikan laut yang tercemar

Ikan laut memang baik untuk sumber omega-3 dan juga protein untuk bayi. Namun, Anda tidak boleh asal mengonsumsi ikan karena bisa berbahaya untuk tubuh. Ikan tertentu seperti tuna liar yang ditangkap dari laut banyak mengandung merkuri. Cemaran logam ini bisa masuk ke tubuh dan ikut tersalur ke bayi.

Kalau sampai ASI yang dikonsumsi oleh bayi terkontaminasi oleh merkuri, saraf dan organ vital lain seperti otak akan mengalami gangguan. Kalau Anda tidak mau mengambil risiko ini ganti dengan olahan ikan air tawar yang lebih aman.

  1. Terlalu sering minum kopi

Mengonsumsi kopi terlalu banyak akan menyebabkan bayi ikut menyerap kafeina yang masuk bersama ASI. Padahal bayi yang masih kecil butuh istirahat dalam jumlah banyak agar pertumbuhannya berjalan lancar. Selain itu, kopi, hindari teh dan minuman lain yang mengandung kafeina dalam jumlah banyak.

  1. Mengonsumsi obat herbal berbahaya

Salah satu masalah yang sering dialami oleh ibu yang baru saja melahirkan adalah susahnya ASI keluar dari payudara. Produksi ASI mengalami gangguan sehingga bayi akan susah mendapatkan makanan eksklusifnya. Kondisi ini membuat ibu rela melakukan apa saja termasuk mengonsumsi herbal tertentu untuk memperlancar ASI.

Sebelum Anda mengonsumsi herbal untuk meningkatkan produksi ASI, ada baiknya untuk melakukan konsultasi dahulu dengan dokter. Jangan sampai konsumsi obat herbal malah membuat air susu yang keluar mengandung zat tertentu yang buruk untuk tumbuh dan kembang bayi.

Inilah beberapa pantangan yang harus dipatuhi oleh ibu menyusui agar bayinya sehat. Semoga bermanfaat untuk Anda!