Terbit: 4 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Lari merupakan salah satu olahraga yang cukup digemari oleh kebanyakan orang. Hal itu dikarenakan lari memang tergolong sebagai olahraga yang fleksibel, artinya bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Awas, Inilah Pantangan Sebelum Melakukan Olahraga Lari

Lantas, lari juga dikatakan sebagai olahraga yang ekonomis, di mana Anda tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk melakukannya. Anda hanya memerlukan keperluan sederhana, misal seperti kaos, celana olahraga, dan sepatu.

Namun, walau demikian ternyata lari juga memiliki aturan yang tidak boleh dilanggar loh. Pasalnya, ada beberapa aturan yang pantang dilakukan sebelum lari. Jika hal itu Anda lakukan, Anda tidak akan mendapat manfaat dari lari. Bahkan, bisa membuat rasa tak nyaman pada tubuh.

Apa saja pantangan tersebut?

1. Makan Berat Sebelum Lari

Sebelum lari, sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan berat. Anda boleh makan, tapi jangan sampai terlampau kenyang. Sebab, ketika perut dalam keadaan penuh dan Anda berlari, akan terjadi hal yang akan membuat tak nyaman, misalnya nyeri. Jadih, usahakan makan makanan ringan sebelum lari, setidaknya 10 menit sebelumnya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

2. Terlalu Banyak Minum

Hal ini hampir sama dengan makan, namun bedanya adalah efek yang diberikan. Ketika Anda terlalu banyak minum sebelum lari, maka gerakan Anda akan melambat. Selain itu, lari menjadi tak nyaman akibat rasa kembung pada perut. Oleh karenanya, jangan banyak minum sebelum lari, tapi perbanyaklah minum setelah olahraga lari usai.

3. Dalam Keadaan Lelah

Ketika Anda ingin melakukan olahraga lari, pastikan bahwa tubuh Anda sedang dalam keadaan yang prima. Sebab, sering terjadi, orang-orang yang keadaan tubuhnya lelah dipaksakan untuk lari. Alhasil, bukannya mendapat kebugaran, justru tubuhnya menjadi drop. Bahkan tak sedikit pula yang jatuh pingsan karenanya. Maka dari itu, pastikan kondisi tubuh Anda fit sebelum melakukan lari.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi