10 Pantangan Penyakit Ambeien (Tak Hanya Makanan)

pantangan-penyakit-ambeien-doktersehat

DokterSehat.Com – Ambeien atau dikenal juga sebagai wasir adalah penyakit yang terjadi di area anus, atau tepatnya bagian usus besar yang disebut rektum. Hadirnya ambeien tentu saja akan sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Nah, agar tidak memperparah ambeien, ada sejumlah pantangan yang harus dihindari. Apa saja pantangan penyakit ambeien?

Apa Itu Ambeien?

Ambeien adalah penyakit radang pembuluh darah di area anus dan rektum. Akibatnya, terjadi tekanan di dalam pembuluh darah yang kemudian menghasilkan pembengkakan. Belum dapat diketahui penyebab pasti ambeien, namun pola makan yang salah kerap dikaitkan dengan penyakit ambeien ini.

Selain itu, ambeien atau wasir dalam beberapa kasus sering disebabkan oleh gerakan olahraga yang salah, hingga faktor keturunan (genetik). Apapun itu, ambeien tentulah sangat mengganggu karena menyebabkan penderitanya sulit untuk duduk, atau mengalami kesakitan saat buang air besar (BAB).

Pantangan Makanan Penyakit Ambeien

Secara umum, ambeien adalah penyakit yang tidak memerlukan pengobatan serius untuk menyembuhkannya, terkecuali untuk kasus di mana ambeien mengarah kepada kanker dan tumor, yang mana hal ini jarang terjadi.

Anda yang sedang mengalami ambeien baiknya tak perlu khawatir dengan kondisi yang dialami saat ini. Alih-alih khawatir terus-menerus, yang harus Anda lakukan adalah menghindari makanan yang menjadi pantangan penyakit ambeien. Ada apa saja? Simak informasinya berikut ini.

1. Makanan Kaya Lemak

Makanan kaya lemak seperti daging sapi, daging ayam, telur, ikan, dan makanan berlemak lainnya adalah pantangan penyakit ambeien yang harus benar-benar Anda hindari agar kondisi ambeien yang dialami tidak semakin parah.

Sifat makanan berlemak yang lebih sulit dicerna ketimbang makanan lainnya mengakibatkan sistem pencernaan perlu bekerja ekstra untuk mencerna makanan-makanan tersebut. Dampaknya, ambeien bisa bertambah parah.

2. Makanan Pedas

Selain makanan berlemah, penderita ambeien juga baiknya menghindari makanan pedas karena jenis makanan ini termasuk pantangan penyakit ambeien. Sejumlah peneliti yakin jika mengonsumsi makanan pedas akan memperburuk sistem pencernaan yang secara tidak langsung berdampak pada semakin parahnya ambeien yang dialami.

Meskipun asumsi ini masih diperdebatkan, alangkah baiknya jika Anda tetap menghindari konsumsi makanan pedas yang banyak mengandung cabai maupun lada, agar ambeien atau wasir tidak bertambah parah.

3. Makanan Kurang Serat

Makanan kurang serat seperti daging, roti, dan makanan cepat saji sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi secara berlebihan. Ini karena makanan-makanan tersebut berpotensi menyebabkan wasir yang lama-kelamaan dapat berubah menjadi ambeien atau wasir.

4. Makanan yang Mengandung Banyak Garam

Jika Anda gemar mengonsumsi makanan yang mengandung garam, atau memasak menggunakan garam, baiknya kurangi kadar garam pada setiap makanan yang Anda konsumsi tersebut. Hal ini karena nyatanya, garam dapat mengurangi kadar cairan dalam tubuh. Akibatnya, tubuh kekurangan cairan dan terjadi pembengkakan di pembuluh darah, termasuk pembuluh darah pada rektum.

Pantangan Penyakit Ambein Selain Makanan

Selain makanan, pantangan penyakit ambeien meliputi sejumlah aktivitas lainnya yang berhubungan dengan lokasi terjadinya ambein atau wasir, yakni di lubang anus atau rektum. Adak aktivitas apa saja yang pantang Anda lakukan saat mengalami ambeien? Berikut penjelasannya.

1. Dehidrasi

Tubuh yang terdehidrasi menjadi pemicu timbulnya ambeien atau wasir. Oleh sebab itu, perbanyaklah minum air putih dan hindari minuman yang justru membuat Anda mengalami dehidrasi, contoh jelasnya adalah minuman beralkohol.

2. Menunda Buang Air Besar (BAB)

Saat rasa mulas datang, jangan tunda untuk segera buang air besar (BAB). Menunda-nunda buang air besar adalah pantangan sakit ambeien yang tidak boleh disepelekan. Ini karena menunda BAB dapat menyebabkan sembelit yang secara tidak langsung turut memperparah kondisi ambeien yang Anda alami.

3. Mengejan

Di samping tidak boleh menunda buang air besar (BAB), hal yang menjadi pantangan penyakit ambeien adalah mengejan. Aktivitas mengejan dinilai hanya akan menambah tekanan pada pembuluh darah yang ada pada rektum, yang selanjutnya dapat menyebabkan ambeien.

Hindari mengejan baik saat Anda sedan BAB, mengangkat beban berat, saat hamil, hingga ketika tengah mengalami batuk kronis.

4. Konsumsi Obat Penghilang Rasa Sakit

Obat penghilang rasa sakit memang kerap kita butuhkan guna meredakan rasa nyeri atau sakit pada tubuh. Namun tahukah Anda jika obat penghilang rasa sakit (terutama yang mengandung kodein) dapat menyebabkan ambeien? Oleh karena itu, baiknya sebisa mungkin Anda tidak terlalu bergantung pada obat ini, ya.

5. Duduk Terlalu Lama

Duduk terlalu lama juga merupakan pantangan sakit ambeien yang harus dihindari. Duduk terlalu lama ditengarai berpotensi menyebabkan ambeien. Atau, jika sudah terkenan ambeien, aktivitas ini hanya akan memperparah kondisi Anda tersebut. Cobalah untuk berdiri dan berjalan-jalan sejenak setiap 1 (satu) jam sekali.

6. Malas Berolahraga

Apabila selama ini Anda malas berolahraga, kemudian mengalami ambeien atau wasir, maka kebiasaan Anda tersebut harus dibuang jika tidak ingin keadaan bertambah parah. Ya, malas berolahraga adalah pantangan yang harus dihindari oleh para penderita ambeien.

Sebaliknya, Anda harus mulai rajin berolahraga. Berolahraga secara teratur dinilai dapat memperlancar siklus buang air besar (BAB), sehingga risiko mengalami sembelit yang menjadi awal dari ambeien dapat diminimalisir.

Pengobatan Ambeien

Selain menghindari pantangan sakit ambeien di atas, ambeien atau wasir dapat diobati dengan sejumlah cara, tergantung dari stadium ambeien yang diderita.

Ambeien, dilihat dari derajatnya, terbagi menjad 2 (dua), yaitu Ambeien stadium 1 dan Ambeien stadium 2. Pada wasir stadium 1, pengobatan yang dilakukan masih tergolong ringan dan dapat dilakukan secara mandiri, yakni konsumsi obat-obatan dan pengaturan siklus BAB.

Sedangkan pada wasir stadium 2, pasien tidak hanya diberi obat-obatan, namun juga metode pengikatan (ligasi), hingga disuntik obat-obatan khusus. Proses penyembuhan Ambeien stadium 2 pun bisa memakan waktu 12 minggu dan pasien akan tetap merasakan sakit namun mereda seiring berjalannya waktu.

Itu dia informasi mengenai pantangan penyakit ambeien yang perlu Anda ketahui. Menjaga pola makan dan hidup yang sehat adalah kunci utama untuk terbebas dari penyakit ini. Semoga bermanfaat!