5 Pantangan Penderita Diabetes agar Gula Darah Tidak Naik

gula-darah-diabetes-doktersehat
Photo Source: Freepik/xb100

DokterSehat.Com– Diabetes terjadi akibat gangguan metabolisme yang membuat kadar gula darah naik tak terkendali. Hal ini menyebabkan kerusakan pada berbagai organ, sistem, dan jaringan tubuh. Biasanya, penyebab dari masalah ini adalah gaya hidup yang buruk yang akhirnya berimbas pada munculnya resistensi insulin.

Pantangan penderita diabetes yang harus diwaspadai

Gejala awal dari diabetes biasanya adalah perut yang mudah lapar meski sudah makan atau ngemil dengan cukup, tubuh yang mudah lelah hingga sering tidur di jam-jam yang tidak wajar, sering buang air kecil, mudah haus meski sudah banyak minum, hingga munculnya gejala lain seperti pada penglihatan.

Mengingat diabetes bisa berujung menjadi komplikasi yang mematikan layaknya penyakit jantung atau gangguan ginjal, pakar kesehatan menyarankan penderita penyakit ini untuk mematuhi berbagai pantangan.

Berikut adalah pantangan-pantangan bagi penderita diabetes.

  1. Jangan sembarangan mengonsumsi makanan berkarbohidrat

Bagi orang-orang yang sudah mengidap diabetes, makanan sehari-hari bisa menjadi hal yang membahayakan bagi mereka. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya kadar gula darah setelah makan yang bisa berimbas pada datangnya komplikasi. Salah satu jenis makanan yang harus mereka perhatikan agar hal ini tidak mudah terjadi adalah makanan berkarbohidrat.

Memang, makanan berkarbohidrat sangat penting bagi tubuh karena bisa menyediakan energi, namun jika penderita diabetes mengonsumsinya dengan porsi atau frekuensi yang tidak tepat, maka kadar gula darah bisa naik dengan signifikan.

Beberapa jenis makanan berkarbohidrat yang sebaiknya tidak sering dikonsumsi adalah nasi putih, kentang goreng, roti putih, hingga sereal instan. Kadar gula dari makanan-makanan ini biasanya cukup tinggi namun seratnya sangat rendah. Pakar kesehatan lebih menyarankan penderita diabetes untuk mengonsumsi nasi merah, roti gandum, ubi panggang, atau olahan jagung yang tidak akan mudah menaikkan kadar gula darah dengan cepat.

  1. Beberapa jenis produk susu

Susu sebenarnya termasuk dalam bahan makanan yang sangat baik bagi kesehatan karena tinggi kandungan nutrisi, namun bagi penderita diabetes, mengonsumsi susu dengan sembarangan bisa memicu lonjakan kadar gula darah yang berbahaya. Susu full cream, susu kental manis, es krim, keju, dan yoghurt sebaiknya dihindari atau dibatasi konsumsinya demi mencegah hal ini.

Hanya saja, penderita diabetes masih bisa mengonsumsi susu skim atau susu bebas lemak, dan produk yoghurt atau keju rendah lemak. Pastikan untuk berkonsultasi ke dokter demi mengetahui seberapa banyak porsi produk susu ini bisa dikonsumsi.

  1. Makanan berprotein

Protein bisa memberikan banyak manfaat bagi sel-sel dan jaringan tubuh, namun bagi penderita diabetes, konsumsi makanan berprotein seperti kulit unggas, daging-dagingan yang digoreng, termasuk tempe atau tahu goreng sebaiknya tidak dilakukan dengan sembarangan. Pakar kesehatan lebih menyarankan penderita diabetes untuk mengonsumsi daging ayam tanpa tambahan kulit, olahan daging yang direbus, dan olahan makanan berprotein lainnya yang dikukus seperti tempe, tahu, dan telur.

  1. Beberapa jenis sayuran

Sebenarnya, sayur sangat direkomendasikan bagi penderita diabetes karena kandungan seratnya bisa membantu menyehatkan pencernaan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Hanya saja, jika sayur ini diolah dengan cara yang tidak tepat seperti digoreng, diberi tambahan saus dan mentega, bisa jadi sayur ini justru tidak sehat.

Sayuran juga sebaiknya tidak diolah dengan santan demi mencegah kenaikan gula darah setelah mengonsumsinya.

  1. Beberapa jenis buah-buahan

Buah-buahan yang memiliki rasa yang manis seperti rambutan atau mangga sebaiknya tidak dikonsumsi dengan berlebihan karena memiliki kandungan gula alami. Selain itu, penderita diabetes juga harus memperhatikan konsumsi jus buah, khususnya jus buah kemasan karena biasanya telah memiliki tambahan gula yang cukup banyak.