8 Buah Ini Sebaiknya Dihindari Ibu Menyusui! Berikut 6 Buah yang Dianjurkan

buah-pantangan-ibu-menyusui-doktersehat

DokterSehat.Com– Air susu ibu (ASI) merupakan makanan terbaik untuk bayi ketimbang susu formula. Oleh sebab itu, seorang ibu yang masih aktif memberikan ASI kepada bayinya diharapkan mampu menjaga asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh ibu. Sebab, asupan makanan dan minuman tersebut juga sangat berpengaruh untuk kesehatan bayi. Penting untuk diketahui, ada buah untuk ibu menyusui dan ada pula pantangan ibu menyusui. Buah apa saja? Berikut akan di jelaskan di bawah ini.

Ada beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi ibu setelah melahirkan, salah satunya adalah daun katuk yang dipercaya mampu meningkatkan produksi ASI. Selain itu, ada buah untuk ibu menyusui yang sangat bagus dikonsumsi, misalnya buah papaya yang dipercaya mampu menyehatkan pencernaan ibu dan bayi.

Buah yang Harus Dihindari Ibu Menyusui

Ada beberapa jenis buah yang justru menjadi pantangan ibu menyusui. Sebab, buah-buahan ini dapat memengaruhi produksi ASI sehingga bisa membuat bayi sakit. Berikut adalah enam jenis buah pantangan makanan ibu menyusui, di antaranya:

1. Nanas

Tidak hanya pada saat hamil saja, nanas juga menjadi buah yang harus dihindari ibu menyusui bayi. Jika pada saat sedang hamil mengonsumsi nanas bisa menyebabkan gugurnya janin, berbeda dengan ibu menyusui yang harus menghindari mengonsumsi buah nanas karena dapat membuat ASI menjadi ‘tengik’ alias memiliki rasa dan bau yang kurang sedap. Hal ini akan menyebabkan timbulnya ruam pada area dubur bayi akibat kandungan asam yang terdapat di dalam buah nanas. Perlu diingat ya bunda, buah nanas menjadi pantangan ibu menyusui.

2. Apel

Jika pakar medis selalu menyarankan untuk mengonsumsi buah ini karena dipercaya manfaat apel baik untuk kesehatan tubuh, namun hal tersebut tidak berlaku bagi ibu menyusui. Pasalnya, apal merupakan buah yang harus dihindari ibu menyusui, terlebih lagi jika mengonsumsinya dalam jumlah yang sangat banyak. Sebab, buah apel dapat membuat anak menjadi sembelit.

3. Jeruk

Sama halnya dengan buah apel, buah jeruk juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan jeruk merupakan sumber vitamin C yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Akan tetapi, buah ini menjadi pantangan ibu menyusui, sebab buah jeruk dapat menambah rasa asam pada ASI sehingga bisa menyebabkan perut bayi merasa tidak nyaman.

4. Jeruk nipis

Jeruk nipis kaya akan vitamin C, sangat bagus untuk tubuh karena sifat antibakteri dan anti-inflamasinya. Jeruk nipis dapat digunakan dengan cara serbaguna dan memiliki manfaat besar ketika dimakan atau diolah menjadi jus. Namun, ini sangat mirip grapefruit atau jeruk bali. Rasa asam dari jeruk nipis, bahkan yang diencerkan dengan air sangat tinggi. Jeruk nipis menjadi pantangan ibu menyusui hingga bayi tidak lagi menyusu.

5. Ceri

Secara umum, dokter mengatakan ceri sehat untuk dikonsumsi dalam jumlah sedang. Ini berlaku untuk perut anak yang sudah berkembang sempurna pada usia 2 atau 3 tahun. Jika Anda makan ceri saat menyusui, bayi akan mengalami masalah lambung dan masalah pencernaan. Ini karena kandungan buah ceri yang dapat mengaruhi ASI, yang barang tentu juga memengaruhi kualitas ASI untuk bayi yang belum berkembang. Ini bisa menyebabkan sakit sendawa, kentut, dan masalah perut.

6. Plum

Seperti ceri, plum atau prune sulit dipecah dan dicerna untuk anak yang lebih muda dari setahun. Meskipun sangat sehat, buah plum menjadi pantangan makanan ibu menyusui. Jadi, hindari sebisa mungkin karena perut anak belum siap untuk buah yang sulit dicerna seperti ini. Makan plum ketika menyusui dapat menyebabkan perut bayi bergas, gelisah dan mengganggu tidur bayi. Ini juga dapat menyebabkan sering merasakan sakit perut dan sembelit.

7. Kiwi

Buah yang harus dihindari ibu menyusui beriutnya adalah buah Kiwi. Buah ini biasanya sangat sehat bagi tubuh, yang mengandung banyak vitamin tetapi juga bersifat asam dan tinggi gula dan dianggap buruk bagi bayi selama tahap menyusui.

8. Stroberi

Pantangan makanan ibu menyusui selanjutnya adalah stroberi. Seperti kiwi, stroberi sangat tinggi gula, bayi tidak memiliki kapasitas insulin untuk memecah gula ini sampai mereka berusia 3 tahun, ini membuatnya penting untuk menghindari buah stroberi saat menyusui.

Pastikan ibu menyusui menjalani pola makan dengan bantuan ahli gizi, dan berkonsultasi dengan dokter secara teratur untuk memastikan bayi dan kesehatan Anda berada di arah yang benar. Jangan mencoba mengimbangi kekurangan satu nutrisi dengan mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi lainnya dan dengan bantuan ahli gizi Anda, rancang diet yang ibu sukai dan yang diyakini bisa diikuti.

Buah untuk Menyusui Ini Sangat Baik bagi ASI

Beberapa buah yang telah dijelaskan di atas dapat merugikan ibu menyusui, maka dari itu buah-buahan tersebut menjadi pantangan makanan ibu menyusui. Nah, buah untuk ibu menyusui berikut ini sangat disarankan dikonsumsi karena memiliki banyak manfaat, di antaranya:

1. Pepaya

Dianggap sebagai buah super, pepaya menjadi buah untuk ibu menyusui, karena buah ini mengandung mineral yang menyehatkan seperti serat dan papain. Buah ini juga merupakan sumber vitamin C non-asam, juga bertindak sebagai pencahar alami, meningkatkan pencernaan yang sehat, mencegah sembelit dan membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Ini hanya beberapa alasan mengapa ibu menyusui harus makan buah ini secara teratur.

2. Pisang

Seperti halnya pepaya, pisang juga merupakan obat pencahar alami dan membantu pencernaan. Buah ini kaya akan kalium dan serat yang bagus, sehingga pisang menjadi pilihan buah untuk ibu menyusui dan wanita yang hamil karena sifat anti-sembelitnya. Buah ini sangat bagus untuk anak sehingga banyak merek makanan bayi terkenal menggunakannya dalam campuran produk makanan untuk bayi.

3. Alpukat

Alpukat secara alami dianggap sebagai salah satu makanan tersehat, buah ini baik untuk segala usia dan buah untuk ibu menyusui. Manfaat alpukat dapat membantu perkembangan penglihatan, menyehatkan rambut, kesehatan jantung, kesehatan pencernaan, dan mencegah kanker anak Anda sebagai bagian dari manfaatnya yang sangat banyak.

4. Blewah

Dikenal sebagai muskmelon, buah untuk ibu menyusui ini sangat luar biasa karena kaya akan vitamin K, vitamin B, serat, kalium, magnesium, niasin, tiamin dan folat. Semua kandungan yang menyehatkan ini berarti bahwa blewah sangat sehat untuk ibu menyusui dan bayi, terutama selama menyusui.

5. Sawo

Sawo adalah buah untuk ibu menyusui yang luar biasa, sawo atau sapota (juga dikenal sebagai chikoo) memiliki sifat yang dapat mencegah kanker, kaya serat dan banyak mineral dan vitamin. Namun, bagian terpenting dari bua sawo adalah mengandung banyak sifat anti-inflamasi dan antibakteri sehingga menyehatkan ibu menyusui.

6. Tin

Buah tin kaya akan banyak mineral seperti mangan, magnesium, tembaga, kalsium, dan kalium, sehingga baik sebagai buah untuk ibu menyusui. Buah tin juga merupakan sumber serat, vitamin K dan vitamin B6. Ini pada dasarnya adalah alasan mengapa sejumlah masakan di timur tengah menggunakan buah tin dalam salad mereka dan banyak perusahaan makanan bayi menggunakannya dalam makanan bayi.

Itulah beberapa buah yang harus dihindari ibu menyusui agar bayi tetap sehat. Bila tetap ingin makan buah, makanlah buah untuk ibu menyusui yang sangat disarankan agar ibu dan bayi sama-samas sehat!