Menjalani Diet Rendah Karbohidrat? Jauhi 8 Pantangan Ini

pantanan-diet-low-carb-doktersehat

DokterSehat.Com – Setiap orang memiliki alasan tersendiri mengapa mereka melakukan diet dan mengatur pola makannya dengan baik. Ada yang melakukannya untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Namun, tidak sedikit juga yang melakukan diet dengan tujuan untuk melakukan perbaikan bentuk tubuh agar menjadi lebih indah.

Diet rendah karbohidrat untuk fat loss

Ada banyak cara yang bisa dilakukan seseorang untuk menurunkan berat badannya dengan sehat dan juga cepat. Salah satu yang banyak diandalkan oleh banyak orang adalah diet rendah karbohidrat. Diet jenis ini biasanya diikuti dengan tinggi lemak dan juga moderate protein.  Diet ini ada banyak jenis mulai dari keto hingga paleo.

Diet rendah karbohidrat akan memaksa tubuh menggunakan banyak lemak di dalam tubuh termasuk lapisan lemak yang susah hilang dibakar. Dampaknya tubuh akan dipenuhi banyak energi dan penurunan berat badan berjalan dengan lebih cepat tanpa merasakan lapar yang sangat besar.

Sekilas, diet rendah karbohidrat ini terlihat sangat mudah dilakukan. Namun, tidak sedikit yang mengalami kegagalan. Salah satu penyebab kegagalan yang sering sekali terjadi adalah tidak tahu jenis makanan apa yang harus dihindari. Selain itu diet jenis butuh penyesuaian selama 1-2 minggu dan fase ini sangat menyiksa.

Pantangan makan saat menjalani diet rendah karbohidrat

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, salah satu gangguan terbesar dari diet rendah karbohidrat adalah tidak tahu makanan mana saja yang bisa dikonsumsi dan makanan mana saja yang harus dihindari. Agar Anda tidak melakukan kesalahan saat diet, simak beberapa makanan yang pantang dikonsumsi berikut ini.

  1. Aneka roti

Aneka jenis roti dan kue mengandung karbohidrat dalam jumlah yang cukup banyak per sajiannya. Kalau Anda membatasi jumlah karbohidrat harian, ada baiknya untuk mengetahui kandungan karbohidrat dari setiap roti yang dimakan. Kalau terlalu tinggi ada baiknya dihindari atau hanya dikonsumsi sebanyak satu porsi saja.

Beberapa orang yang menjalani diet rendah karbohidrat biasanya menimbang makanannya yang akan dikonsumsi. Jadi, ada apa saja yang masuk ke dalam tubuh selalu terukur dengan baik. Diet rendah rendah karbohidrat biasanya membatasi karbohidrat harian sebanyak 25-50 gram saja setiap hari.

  1. Beberapa jenis buah

Buah adalah sumber serat yang sangat baik untuk orang yang menjalani diet apa pun termasuk diet rendah karbohidrat. Namun, ada beberapa jenis buah yang tidak bisa dikonsumsi dalam jumlah banyak atau harus dibatasi karena mengandung karbohidrat dan gula yang sangat tinggi.

Beberapa jenis buah yang harus dibatasi adalah pisang, mangga, buah pir, kurma, kismis, dan buah yang dikeringkan lainnya. Buah di atas mengandung karbohidrat dalam jumlah banyak dan manis. Kalau Anda ingin mengonsumsi buah, ada baiknya diukur terlebih dahulu agar tidak melebihi kebutuhan karbohidrat harian.

  1. Sayuran bertepung

Semua sayuran bisa dikonsumsi untuk diet rendah karbohidrat. Namun, beberapa jenis sayur yang terlalu banyak tepungnya lebih baik dihindari atau kalau mau makan dibatasi saja. Sayuran yang mengandung cukup banyak tepung ini terdiri dari kentang, ubi, buah bit, hingga jagung.

  1. Pasta

Berbagai jenis pasta mengandung karbohidrat yang sangat besar per sajian. Pasta tanpa tambahan apa pun sudah mengandung karbohidrat yang tinggi. Apalagi pasta dengan ditambah saus dan sejenisnya. Jadi, jangan makan berbagai jenis pasta seperti spaghetti atau jenis lainnya. Kalau ingin makan pasta pastikan hanya makan sekali saja dalam beberapa minggu saat melakukan cheating day.

  1. Jus buah kemasan

Jus buah segar yang berasal dari jeruk atau sejenisnya, mungkin aman dikonsumsi setiap hari. Namun, pastikan untuk membuatnya sendiri tanpa tambahan gula atau krimer manis. Buat jus dari buah saja tanpa ada tambahan lainnya.

Kalau jus yang Anda minum beli dalam bentuk kemasan, ada baiknya untuk dihindari atau dibatasi saja. Jus dalam kemasan biasanya memiliki gula dalam jumlah yang banyak. Lihat nutrition fact dari setiap kemasan jus yang akan Anda konsumsi agar bisa membatasi jumlah karbohidratnya.

  1. Yoghurt yang ditambah gula

Salah satu minuman yang rawan sekali dikonsumsi dengan kandungan gula cukup tinggi adalah yoghurt. Minuman ini memiliki rasa alami yang sangat asam. Ditambahkan banyak gula, yoghurt tetap saja memiliki rasa asam yang sangat kuat. Jadi, selalu berhati-hati saat makan yoghurt kemasan cek label di bagian belakang.

  1. Aneka kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung cukup banyak kalori karena kandungan lemak dan juga karbohidrat. Mengonsumsi kacang dalam jumlah banyak akan membuat tubuh kelebihan kalori dari karbohidrat yang seharusnya dihindari atau dibatasi.

  1. Pengganti gula

Musuh utama dari diet rendah karbohidrat adalah gula dan apa saja yang memiliki rasa manis termasuk gula pengganti. Jadi Anda tetap tidak disarankan menggunakan madu apa pun bentuknya. Madu mengandung banyak sekali gula meskipun berasal dari alam dan tidak diolah dahulu di pabrik untuk penambahan rasa atau pemanis.

Berbagai pengganti gula lain seperti gula kelapa juga mengandung cukup banyak kandungan gula dan karbohidrat. Jadi, kalau Anda sedang menjalani diet rendah karbohidrat, lebih baik dijauhi. Ganti gula ini dengan yang rendah kalori seperti stevia yang lebih aman dan tidak menyumbang kalori dalam jumlah banyak.

Inilah beberapa jenis makanan yang sangat pantang atau harus dibatasi kalau Anda menjalani diet rendah karbohidrat. Nah, dari beberapa jenis makanan yang sangat pantang di atas, adakah yang sering Anda konsumsi karena tidak tahu? Semoga setelah ini Anda bisa menjalani diet rendah karbohidrat dengan baik dan cepat memiliki bentuk badan yang indah.