Terbit: 13 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Atlet Asian Games 2018 dari Indonesia harus rela menjalani diet yang sangat kontras dari kebanyakan yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Hal ini dilakukan demi menjaga kondisi tubuh atlet tetap bugar sehingga diharapkan bisa berprestasi di ajang olahraga tertinggi di Asia ini.

Digemari Masyarakat Indonesia, Atlet Asian Games Tidak Boleh Makan Ini

Lantas, seperti apa diet yang dikonsumsi oleh atlet Asian Games 2018 dari Indonesia? Mereka ternyata tidak boleh mengonsumsi mie instan dan sambal. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika keduanya digemari masyarakat Tanah Air. Sambal contohnya, banyak orang yang mengaku merasa kurang mantap saat makan jika sampai tidak mengonsumsinya saat makan. Selain kedua makanan ini, atlet juga dilarang untuk mengonsumsi minuman beralkohol.

“Kami tidak boleh mengonsumsi sambal. Pelatih paling ketat saat mengingatkan kita untuk tidak mengonsumsinya. Padahal, sambal kan makanan khas orang Indonesia,” ungkap atlet hoki outdoor, Abdullah Jihad Al Akbar.

Alasan utama larangan mengonsumsi sambal ini adalah sensasi sambal yang cenderung panas di perut dan bisa menyebabkan diare. Jika sampai terkena diare saat latihan atau bertanding, tentu hal ini akan mengganggu performa para atlet.

Lantas, makanan apa yang masih diperbolehkan untuk dikonsumsi para atlet? Makanan kaya protein seperti ayam, ikan, dan daging-dagingan jelas sangat disarankan demi membantu pembangunan otot para atlet. Selain itu, makanan kaya serat dan vitamin seperti sayur dan buah-buahan juga tidak bisa ditinggalkan karena bisa mempengaruhi kesehatan tubuh.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Berbeda dengan orang biasa yang diminta untuk tidak berlebihan saat makan, atlet boleh makan dalam porsi banyak karena aktivitas mereka yang tinggi. Hal ini membuat mereka tidak mudah mengalami kenaikan berat badan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi