Leher Rahim yang Terlalu Pendek Dapat Memicu Kelahiran Prematur

doktersehat-wanita-rahim-hamil

DokterSehat.Com– Kelahiran prematur dipicu oleh berbagai faktor, mulai dari kesehatan ibu, kondisi plasenta janin, dan gaya hidup yang buruk. Salah satu faktor yang juga dapat memicu kelahiran prematur adalah panjang leher rahim.

Pengaruh leher rahim pada kelahiran prematur

Leher rahim adalah bagian yang menghubungkan antara rahim dan vagina. Selama hamil, serviks dalam keadaan tertutup hingga nanti terbuka menjelang persalinan sebagai jalan keluarnya bayi.

Ukuran serviks pun berubah-ubah tergantung kehamilan. Semakin mendekati persalinan, ukurannya akan semakin memendek. Pada trimester pertama umumnya serviks berukuran 4-4,5 cm, kemudian trimester kedua memendek hingga 3,5-4 cm, sedangkan trimester ketiga semakin memendek hingga 3,5 cm.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Obstetrics and Gynecology menyebutkan bahwa ukuran leher rahim yang tidak sesuai dengan usia kehamilan dapat meningkatkan risiko ibu hamil lahir prematur. Para peneliti menyebutkan bahwa ibu hamil yang memiliki leher rahim kurang dari 2,2 cm sebelum usia kehamilan 24 minggu maka kemungkinan ibu hamil melahirakan prematur sebesar 20%.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi panjang serviks, di antaranya rahim menegang terlalu besar, radang selaput rahim, atau gangguan pada jaringan leher rahim. Untuk mengetahui ukuran panjang serviks Anda dapat melakukan pemeriksaan scan serviks.

Bagi Anda yang pernah mengalami keguguran atau melahirkan bayi prematur, sebaiknya melakukan pemeriksaan leher rahim ketika usia kehamilan memasuki 20 minggu. Ukuran panjang leher rahim pada usia 20-24 minggu dianggap sebagai tolok ukur yang tepat untuk memprediksi kelahiran prematur.

Kelahiran prematur dapat disebabkan oleh banyak faktor, jika Anda memiliki risiko prematur seperti menjalani kehamilan di usia kurang dari 17 atau lebih dari 35 tahun, pernah mengalami pendarahan saat hamil. berat badan kurang atau berlebih saat hamil, maka sebaiknya Anda tidak melewatkan pemeriksaan leher rahim.