Ingin Ajak Bayi Berenang? Ketahui Manfaat dan Panduan Amannya!

manfaat-berenang-untuk-bayi-doktersehat

DokterSehat.Com – Belakangan ini semakin banyak orang tua yang mulai mengajak bayinya untuk berenang. Apakah Anda juga ingin melakukan hal serupa tetapi masih memiliki kecemasan? Jangan cemas ayah bunda! Bacalah panduan bayi berenang ini agar si kecil memiliki aktivitas berenang yang berjalan dengan lancar dan menyenangkan.

Penjelasan ini mengandung informasi tentang umur berapa bayi boleh berenang, manfaat berenang untuk bayi, dan beberapa tips aman bagi bayi berenang. Baca lebih lanjut untuk mengetahui informasi tersebut!

Berenang untuk bayi

Berenang adalah jenis olahraga di dalam air yang menyenangkan dan bisa diperuntukkan bagi semua kalangan usia mulai dari bayi hingga lansia. Kegiatan berenang akan membawa banyak manfaat terutama jika dilakukan sejak usia dini.

Berenang bagi bayi bukanlah tahapan berenang sebagaimana yang ada di klub-klub renang  pada umumnya di mana anak akan dilatih keterampilan gaya renang tertentu. Aktivitas berenang yang diperuntukkan bagi bayi lebih menitikberatkan pada aktivitasnya di dalam air, sehingga ia mulai mengerakkan kaki dan tangannya.

Kapan usia bayi boleh berenang?

Meskipun telah banyak orang tua yang mengajak bayinya untuk berenang tetapi masih saja terselip keraguan di benak Anda untuk mengajak bayi berenang. Terlebih lagi, perbedaan waktu yang tepat bagi bayi berenang menambah keraguan Anda untuk menginisiasi segera bayi untuk berenang.

Sebenarnya, umur berapa bayi boleh berenang? Dikutip dari dr. Fransiska Sri Susanti, Sp.A. bahwa bayi sudah mulai bisa diajak berenang mulai usia 2 bulan. Akan tetapi, janganlah terburu-buru untuk membawa bayi berenang di kolam renang umum karena imunitasnya masih lemah.

Siapkanlah baby pool (kolam renang bayi) berisi air hangat di rumah untuk tempat bayi berenang. Bayi di bawah usia 3 bulan yang ditempatkan di dalam kolam akan secara spontan untuk menggerak-gerakan kakinya. Ingatlah untuk memakaikan bayi neck ring (ban renang bayi yang di pakai di leher).

Manfaat berenang untuk bayi

Janganlah Anda mengira jika bayi yang berenang itu hanya main-main air saja dan tidak bermanfaat. Itu anggapan yang keliru. Ada banyak manfaat berenang bagi bayi yang mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya oleh Anda.

Jangan pernah meragukan sedikitpun manfaat berenang untuk bayi di bawah ini!

1. Meningkatkan kemampuan motorik

Manfaat berenang bagi bayi bisa meningkatkan kemampuan motorik bayi. Koordinasi dan keseimbangan bayi terhadap gerakan tubuhnya akan berkembang. Tentunya ini akan berdampak positif pada keterampilan kinestetiknya di kemudian hari.

2. Meningkatkan kecerdasan

Anda ingin memiliki anak yang cerdas? Pastinya! Salah satu cara meningkatkan kecerdasan anak adalah dengan mengajaknya berenang sejak bayi. Berenang sejak bayi bisa meningkatkan IQnya. Selain itu, ini juga bisa meningkatkan konsentrasi belajar kelak.

Gerakan-gerakan berenang bisa membantu perkembangan syaraf bayi yang berguna untuk kemampuannya berpikir, memahami, dan memecahkan masalah. Pengeluaran biaya untuk berenang bukanlah konsumtif tetapi investatif!

Baca Juga: 10 Manfaat Baby Spa untuk Bayi, Bisa Meningkatkan Kecerdasan?

3. Mengembangkan keterampilan sosial

Apabila bayi Anda telah cukup usia maka ia bisa berenang di pusat-pusat baby spa atau kolam renang umum yang aman bagi bayi. Di tempat tersebut akan ada banyak teman-teman bayinya. Dengan begitu, keterampilan sosialnya akan terlatih sehingga ia menjadi anak yang berani dan percaya diri serta berkepribadian.

4. Menyehatkan organ tubuh

Selain senam bayi, berenang adalah aktivitas olahraga yang baik bagi bayi. Manfaat berenang untuk bayi juga dapat menyehatkan organ-organ tubuhnya seperti paru-paru dan jantung. Pernapasannya akan kuat dan bersih.

5. Meningkatkan nafsu makan

Tentunya para orang tua menginginkan agar bayinya memiliki tubuh yang sehat. Tubuh yang sehat bisa dimiliki oleh bayi jika ia memiliki nafsu makan yang baik. Salah satu cara untuk meningkatkan nafsu makan bayi adalah dengan mengajaknya berenang.

Aktivitas renang akan membuat bayi senang untuk menggerak-gerakan tangan dan kakinya. Hal itu akan membuat energi bayi keluar sehingga ia akan merasa lapar setelah berenang. Nafsu makannya pun meningkat.

Ini akan membuat bayi menyusu dan makan dengan lahap (pada bayi di atas usia 6 bulan). Setelah bayi kenyang ia pun akan terlelap dan tidur. Pola tidurnya pun akan teratur sehingga ini baik untuk menjaga pola hidup yang sehat sejak dini.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat berenang untuk bayi secara tidak langsung akan meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Pola makan dan tidurnya yang teratur membuat bayi Anda memiliki metabolisme tubuh yang sehat sehingga sel-sel imun pun akan berfungsi optimal.

7. Meningkatkan ikatan orang tua dengan anak

Sama halnya dengan terapi pijat, berenang juga bermanfaat untuk meningkatkan ikatan antara Anda dan bayi. Oleh karena itu, bersamailah terus bayi Anda ketika ia berenang dan pandulah ia sehingga kasih sayang Anda terpancar dan diserap olehnya.

8. Membantu pertumbuhan tubuh

Gerakan renang akan membantu pertumbuhan tubuhnya. Tulang-tulang dan ototnya akan terangsang dengan cepat sehingga ia memiliki pertumbuhan tulang dan otot yang baik. Seimbangkanlah gizinya maka ia bisa mencapai tinggi tubuh yang optimal.

9. Mencegah fobia air sejak dini

Tahukah Anda bahwa ada masa di mana anak akan rewel ketika diajak mandi? Selain itu, tidak menutup kemungkinan jika ia bisa memiliki fobia air. Namun, Anda tak perlu khawatir berlebih jika Anda berniat untuk membiasakan bayi berenang secara teratur.

Manfaat berenang untuk bayi bisa mencegahnya dari fobia air karena ia akan terbiasa dengan air. Selain itu, ia juga akan mudah untuk diajak mandi sehingga Anda akan terhindar dari kejengkelan karena anak susah dimandikan.

Baca Juga: Jangan Salah Beli! Ini Dia Tips Memilih Mainan Bayi yang Aman

10. Wadah untuk bayi berekspresi

Bayi adalah mahluk yang mudah dan sering mengekspresikan diri. Berenang bisa menjadi wadah baginya untuk berekspresi. Hal tersebut bisa meningkatkan kepercayaan dirinya dan membuat bahagia.

Tips persiapan bayi berenang agar lebih aman

Jangan asal memasukkan bayi ke dalam kolam renang. Cara ini malah bisa membuat bayi trauma terhadap air dan bahkan berbahaya baginya. Anda perlu melakukan beberapa tips sebelum bayi berenang sehingga bayi akan aman, nyaman, dan senang saat berenang.

Berikut ini adalah beberapa tips persiapan bayi berenang:

  1. Siapkanlah kolam renang bayi plastik (jika di rumah bagi bayi yang kurang dari 1 tahun)
  2. Isi kolam renang bayi dengan air hangat bersuhu 28 derajat Celcius
  3. Kondisikan bayi dalam keadaan senang alias tidak rewel
  4. Pijatlah tubuh bayi terlebih dahulu sehingga ia lebih rileks
  5. Kenakan baju renang bayi yang nyaman dan aman
  6. Pakaikan neck ring di lehernya sehingga ia akan mengapung dengan aman (tetaplah mengawasi bayi sekalipun ia telah dipakaikan neck ring)
  7. Sentuh-sentuhkan kakinya ke dalam air agar ia tidak terkejut saat tubuhnya masuk ke dalam air
  8. Setelah ia menendang-nendang air di kolam maka masukanlah bayi ke dalam air
  9. Bersamailah bayi selama berenang

 

Sumber:

  1. dr. Fransiska Sri Susanti, Sp.A. 2013. 132 Jawaban Dokter Untuk Perawatan & Perkembangan Bayi: 0 – 12 Bulan. Jakarta: Anak Kita
  2. Tim Galenia MCC. 2014. Home Baby Spa. Jakarta: Penebar Swadaya
  3. UNS: Landasan Teori (Baby Spa). https://abstrak.ta.uns.ac.id/wisuda/upload/R1115042_bab2.pdf [diakses pada 11 Febuari 2019]
  4. UIN-Suka: Yudha Febrianta. 2016. Ejournal: Alternatif Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini dengan Aktivitas Akuatik (Berenang). Purwekerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto [diakses pada 11 Febuari 2019]