Panci Anti Lengket Dituding Menjadi Penyebab Obesitas, Benarkah?

DokterSehat.Com– Salah satu masalah kesehatan yang sangat merepotkan adalah obesitas atau kelebihan berat badan. Tak hanya bagi kalangan anak muda, obesitas di usia dewasa atau tua juga bisa menyebabkan masalah kesehatan yang jauh lebih serius. Yang menjadi masalah adalah, menjaga berat badan agar tidak mudah terkena masalah obesitas adalah hal yang sulit untuk dilakukan.

Sudah menjadi rahasia umum jika untuk menjaga berat badan, maka kita harus menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat. Hanya saja ada anggapan yang menyebutkan bahwa kecenderungan manusia modern yang memasak dengan panci anti lengket juga ikut andil dalam menyebabkan masalah obesitas. Apakah hal ini benar adanya?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa salah satu senyawa di dalam panci anti lengket, yakni perfluoroalkyl substance (PFASs) disebut-sebut memiliki kaitan dengan kegemukan. Hanya saja, kebenaran tentang hal ini juga masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Alih-alih menyalahkan panci atau benda-benda lain, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada baiknya kita fokus pada gaya hidup yang kita lakukan sehari-hari jika ingin menjaga berat badan tetap ideal dan tidak ingin mengalami kegemukan. Sebagai contoh, pastikan untuk selalu mengkonsumsi makanan dengan kadar gizi yang seimbang, tidak melupakan konsumsi sayuran dan buah-buahan, minum air putih dengan cukup, tidak mudah tergoda mengkonsumsi camilan tidak sehat atau minuman manis, tidur cukup, dan rajin berolahraga. Dengan melakukan berbagai hal tersebut, maka berat badan akan terjaga dan kita pun tidak mudah terkena masalah kesehatan.