Terbit: 17 November 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Jika kita membahas tentang minuman yang paling digemari oleh banyak orang, maka hal pertama yang akan terpikir adalah kopi. Dalam realitanya, hampir semua orang, tak peduli jenis kelamin, tua atau muda, menyukai kopi. Hanya saja, jika kita cermati, kopi memiliki rasa pahit, rasa yang sebenarnya tidak disukai oleh manusia. Sebenarnya, apa sih penyebab banyak orang suka minum kopi meski rasa dasarnya adalah pahit?

Rasanya Pahit, Tapi Kok Banyak yang Suka Kopi?

Pakar kesehatan menyebut rasa pahit biasanya dianggap manusia sebagai peringatan bahwa makanan atau minuman yang sedang dikonsumsi berbahaya atau berpotensi memiliki racun. Tubuh pun secara alami meminta kita untuk segera memuntahkannya. Hanya saja, hal ini tidak berlaku bagi kopi. Bahkan, jika kopi kehilangan sensasi pahitnya, banyak orang yang menganggap kopi ini kurang mantap.

Memang, tidak semua orang suka minum kopi karena alasannya adalah memiliki rasa yang pahit, namun menurut pakar kesehatan, ada kemungkinan faktor genetik berperan besar dalam membuat kita suka atau tidak suka minum kopi.

“Ada orang yang sensitif dengan kopi sehingga memilih untuk sedikit mengonsumsinya atau bahkan menghindarinya. Hanya saja, banyak orang yang menganggap sensasi pahit pada kopi ini sebagai tanda bahwa kopi ini berkualitas,” ungkap Marilyn Cornelis dari Northwestern University Feinberg School of Medicine, Chicago, Illinois, Amerika Serikat.

Penelitian lain yang dilakukan oleh para ahli dari Department of Genetics and Computational Biology, QIMR Berghofer Medical Research Institute, Brisbane, Australia menyebut hal ini sebenarnya juga hampir sama pada saat kita mengecap rasa pahit pada sayuran seperti pare atau daun pepaya. Ada yang menganggap rasa pahitnya biasa saja, namun ada juga yang menganggapnya sangat pahit. Menariknya, penelitian ini justru mengungkap fakta bahwa orang-orang yang tak tahan dengan rasa pahit pada sayuran juga cenderung tidak suka dengan sensasi pahit kopi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

“Sepertinya faktor genetik ikut berperan dalam keputusan untuk menyukai beberapa jenis minuman seperti teh, kopi, atau minuman beralkohol. Mereka yang tidak suka dengan rasa pahit sayuran cenderung lebih memilih teh daripada kopi. Sementara itu, mereka yang sensitif dengan rasa pahit dari kubis Brussel juga tidak suka dengan minuman beralkohol,” jelas Jue Sheng Ong yang terlibat dalam penelitian terakhir.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi