DokterSehat.Com– Semua wanita pasti sangat ingin awet muda dan terlihat cantik walau termakan usia. Maka dari itu, tak heran semua wanita menganggap penuaan dini adalah mimpi buruk yang harus dihindari . Bagaimana tidak, dengan penuaan dini, Sebab, kecantikan akan menurun drastis. Wajah akan terlihat lebih tua padahal usia masih belia. Tentu saja hal tersebut cukup mengerikan, bukan?

penyebab-penuaan-dini-doktersehat

Photo Credit : pexels.com

Nah, jika Anda ingin terhindar dari penuaan dini, ada baiknya Anda mengetahui dulu penyebab datangnya penuaan dini tersebut. Berikut 3 penyebab utama penuaan dini pada wanita:

1. Radikal Bebas

Radikal bebas adalah molekul berbahaya yang bisa menggerogoti sel-sel tubuh. Radikal bebas terbentuk dari efek bahan kimia, polusi udara, hingga perubahan cuaca. Perlu diwaspadai, radikal bebas merupakan molekul jahat yang akan menggerogoti sel-sel di dalam tubuh Anda, salah satunya adalah kolagen. Jika terus dibiarkan, maka penuaan dini tidak dapat dihindari lagi. Maka, cegahlah dengan cara perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin serta protein, seperti buah dan sayuran.

2. Sinar Matahari

Sinar matahari merupakan faktor eksternal yang menjadi pemicu datangnya penuaan dini. Hal tersebut dikarenakan sinar matahari mengandung ultra violet yang cukup hebat dalam mematikan sel-sel kulit di dalam tubuh Anda. Salah satu akibat jika terlalu sering terkena sinar matahari adalah timbulnya flek pada wajah karena elastisitas kulit menghilang.

3. Alkohol

Alkohol merupakan minuman keras yang mengandung berbagai macam zat merugikan bagi tubuh manusia. Salah satu kerugian yang diciptakan oleh alkohol adalah membunuh sel-sel sehat pada kulit. Dengan sering mengonsumsi alkohol, Anda akan tampak jauh lebih dewasa melebihi usia Anda. Maka dari itu, jangan pernah mengonsumsi alkohol jika Anda tidak ingin mengalami penuaan dini.