Terbit: 26 September 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sebagian masyarakat Indonesia terbiasa untuk mandi dua kali sehari, yakni di pagi dan sore atau malam hari. Khusus di pagi hari, mandi dianggap mampu membuat badan menjadi lebih segar sehingga menghilangkan rasa kantuk dan menambah semangat. Hanya saja, ada pakar kesehatan yang menyebut pagi ternyata bukan waktu yang ideal untuk mandi.

Pagi Ternyata Bukan Waktu Ideal untuk Mandi

Waktu Terbaik untuk Mandi

Meskipun bisa menghilangkan aroma kurang sedap atau sensasi lengket dan tidak nyaman pada tubuh, pakar kesehatan dr. Simon Zokaie menyebut pagi sebagai waktu yang kurang ideal bagi kita untuk mandi. Simon lebih merekomendasikan kita untuk mandi di malam hari jika ingin menjaga kesehatan kulit.

“Kalau kita terbiasa mandi di pagi hari saja demi membersihkan badan, bisa jadi kotoran, kuman, dan berbagai racun menumpuk pada kulit. Berbagai hal ini bisa masuk ke dalam pori-pori kulit. Karena alasan inilah sebaiknya kita mandi di malam hari agar badan lebih bersih,” ucap Simon.

Simon setuju dengan anggapan bahwa mandi di pagi hari bisa membuat badan menjadi lebih segar, namun hal ini juga akan memberikan pengaruh bagi kesehatan kulit. Jika kita ingin memberian perlindungan lebih baik pada kulit, sebaiknya selalu memastikan untuk mandi di malam hari.

Bahaya Malas Mandi

Tak hanya membuat kita memiliki aroma tubuh yang tidak sedap atau sensasi tidak nyaman dan lengket, malas mandi juga bisa memberikan dampak kesehatan lain. Sebagai contoh, pakar kesehatan kulit Boris Raspudic menyebut kebiasaan malas mandi bisa memicu munculnya bintik-bintik, noda, hingga masalah kulit lainnya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

“Sebenarnya hal ini juga tidak berlaku bagi siapa saja, namun secara umum mandi memang bisa memberikan pengaruh bagi kesehatan, termasuk kulit. Sebaiknya kita rutin melakukannya di malam hari karena bisa membantu tubuh menjadi lebih bersih dan sehat,” ucap Boris.

Berbagai Manfaat Tak Terduga Mandi

Tak hanya membersihkan badan, pakar kesehatan menyebut ada beberapa hal lain yang bisa kita dapatkan jika rutin mandi setiap hari.

Berikut adalah manfaat-manfaat kesehatan tersebut.

  1. Membuang Berbagai Racun

Secara umum, mandi akan membantu membersihkan kulit dari berbagai macam kotoran, racun, dan bahan kimia yang bisa membahayakan tubuh. Hanya saja, jika kita mandi dengan air hangat, manfaatnya akan jauh lebih terasa.

Mandi dengan air hangat akan membuat pori-pori kulit terbuka. Hal ini akan membuat tubuh lebih banyak membuang racun, menurunkan tekanan darah, kadar gula darah, stres, dan rasa nyeri.

2. Meredakan Stres

Mandi air dingin juga bisa membuat stres dan ketegangan mereda. Hal ini akan berimbas pada menurunnya tekanan darah dan perbaikan kondisi mental dengan lebih baik.

3. Mengatasi Flu

Banyak orang yang takut untuk mandi saat flu. Padahal, pakar kesehatan menyebut mandi saat flu atau sakit kepala justru bisa membantu mengatasi masalah kesehatan ini. Hanya saja, karena kondisi badan sedang tidak nyaman, sebaiknya kita mandi dengan air hangat.

4. Mengatasi Masalah Susah Tidur

Mandi air dingin bisa mengatasi stres, meredakan ketegangan, dan membuat badan lebih nyaman. Hal ini bisa membantu mengatasi susah tidur. Kita sebaiknya mandi di dekat waktu tidur demi mendapatkan manfaat ini.

5. Memperlancar Sirkulasi Darah

Mandi bisa membuat sirkulasi darah semakin membaik. Hal ini tentu akan menyehatkan jantung dan pembuluh darah sekaligus menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular.

 

Sumber:

  1. Pochin, Courtney. 2019. Best time of day to take a shower if you want to keep your skin really healthy. mirror.co.uk/3am/style/3am-fashion-celebrity-beauty/best-time-day-take-shower-20097511. (Diakses pada 26 September 2019).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi