Terbit: 9 Juli 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Pacaran sehat adalah konsep dari sebuah hubungan cinta yang baik, saling menghargai, mendukung, dan membahagiakan antara kekasih. Ketahui apa saja tanda pacaran sehat dan tips membina hubungan yang menyenangkan dengan pasangan Anda di sini.

17 Tanda Pacaran Sehat dan Tips yang Harus Diketahui

Tanda Pacaran Sehat yang Harus Dikenali

Memiliki hubungan yang sehat dan membahagiakan mungkin menjadi tujuan sebagian besar pasangan. Hubungan yang sehat berarti kedua belah pihak mampu menciptakan komunikasi terbuka, jujur, saling percaya, dan mendukung satu sama lain.

Ketahui apa saja tanda pacaran sehat dan bagaimana cara membinanya, sebagai berikut:

1. Komunikasi yang Terbuka

Salah satu kunci hubungan yang baik dan langgeng adalah komunikasi terbuka dan berjalan dua arah. Pembicaraan tersebut dapat mencakup topik apapun seperti kesedihan, kesuksesan, perasaan, cita-cita, dan lainnya. Komunikasi terbuka juga berarti mampu mendengarkan pasangan bahkan walaupun memiliki perbedaan pendapat.

2. Kerjasama

Butuh dua orang yang mampu bekerja sama dengan baik untuk mewujudkan hubungan yang luar biasa. Setiap pasangan harus saling mendukung, mengingatkan, menyayangi, dan berjuang bersama untuk tujuan hubungan tersebut. Bila hanya satu orang yang berusaha, maka hubungan akan sulit dijalani dengan cara yang sehat.

3. Mampu Mengatasi Konflik

Konflik dalam hubungan pasti terjadi bahkan bila kalian sudah menjalaninya cukup lama. Konflik dapat berasal dari hal-hal kecil atau masalah besar, namun yang paling penting adalah Anda harus mencari cara bagaimana cara menyelesaikan perdebatan dengan pasangan tanpa emosi.

Kenali pasangan Anda dan tetap berbicara dengan tenang, sopan, cerdas, dan kompromi untuk menemukan solusi terbaik. Bila Anda dapat menyelesaikan masalah dengan pasangan tanpa menyakiti hatinya, itu akan menambah ikatan dan nilai dalam hubungan.

4. Kepercayaan

Tanda pacaran sehat selanjutnya adalah saat kedua belah pihak saling percaya dalam situasi apapun. Misalnya, Anda tidak akan curiga pasangan Anda selingkuh saat sedang berada jauh dari Anda. Kepercayaan secara emosional dan fisik juga penting yang membuat Anda merasa aman dan nyaman untuk menjalani hubungan dengan orang tersebut.

5. Memiliki Batasan Privasi

Berpacaran berarti menggabungkan dua jiwa dalam satu hubungan, namun bukan berarti Anda tidak memiliki batasan privasi yang harus pasangan Anda hormati. Bukan berarti Anda memiliki rahasia, tapi itu adalah cara Anda menjaga perasaan dalam diri Anda sendiri.

Selain itu, Anda harus tetap menjadi individu yang mandiri dan berani, tidak tergantung pada pasangan untuk setiap hal di hidup Anda. Anda harus tetap memiliki koneksi di luar hubungan dengan pasangan, hobi, pencapaian, dan hidup yang Anda impikan.

6. Saling Menghibur

Kehadiran pasangan juga untuk menghibur Anda dengan lelucon kecil atau cerita-cerita ringan yang lucu. Pasangan Anda seharusnya bisa membuat Anda merasa lebih baik dari rutinitas yang membuat hari-hari Anda sangat melelahkan. Saling berbagi tawa dan kasih sayang akan membuat keduanya sehat secara mental dan emosional.

7. Memiliki Waktu untuk Diri Sendiri

Anda mungkin ingin selalu menghabiskan waktu bersama pasangan, namun jangan berlebihan. Ketahui bila pasangan Anda juga memiliki kehidupan dan kesibukan lain yang harus dikerjakan, seperti pekerjaan, urusan keluarga, tugas kuliah, hobi, dan lainnya. Biarkan pasangan Anda mengembangkan kemampuan dirinya dan itu mungkin tidak selalu tentang waktu bersama Anda.

Baca Juga: 10 Ciri Pasangan Posesif dan Cara Menghilangkan Sifatnya

8. Membina Ikatan dalam Hubungan

Ada banyak cara dalam meningkatkan kualitas, keintiman, atau ikatan dalam hubungan. Sebagai contoh, Anda mungkin memiliki hobi atau kesukaan yang sama. Ajak pasangan untuk melakukannya bersama sambil Anda mengenali pasangan lebih dalam lagi. Anda juga bisa mengekspresikan rasa sayang Anda dengan cara Anda sendiri.

9. Kejujuran

Kejujuran bukan hanya sebatas Anda tidak berpaling kepada orang lain, namun juga kejujuran tentang siapa diri Anda. Seiring berjalannya waktu dan intensitas hubungan, Anda harus jujur tentang perasaan, pikiran, kesukaan, masa lalu, dan berbagai hal lainnya tentang diri Anda pada pasangan. Ini akan meningkatkan kualitas hubungan dan meningkatkan kepercayaan.

10. Saling Menghargai

Saling menghargai, mengerti, dan mendukung satu sama lain adalah tanda pacaran sehat. Anda dan pasangan harus bisa saling mendengarkan, tidak menuntut, mampu memaafkan, menyelesaikan masalah, dan menunjukan apresiasi.

11. Menunjukkan Kasih Sayang

Setiap orang memiliki cara unik untuk menunjukkan rasa kasih sayang. Sebagian orang ada yang menyatakan cinta dalam kata-kata, sementara yang lainnya mungkin menunjukan kasih sayang dengan perhatian kecil. Menunjukan kasih sayang dengan porsi yang tepat dapat menjaga kepercayaan, keintiman, dan komitmen satu sama lain.

12. Kenyamanan

Pastikan bahwa Anda dan pasangan sama-sama nyaman dalam hubungan yang dijalani. Komunikasikan dengan baik apa yang membuat pasangan Anda kurang nyaman atau merasa ada yang harus diperbaiki dalam hubungan tersebut. Setelah itu, cari solusi atau perbaiki agar hubungan menjadi sehat dan kembali baik.

13. Kemandirian

Hanya dua pribadi mandiri yang dapat menjalani satu hubungan dengan sehat. Bukan berarti Anda tidak boleh meminta bantuan pasangan, namun pastikan bahwa diri Anda belajar menjadi individu yang kuat dan baik untuk orang lain. Berpacaran bukan berarti saling ketergantungan, namun tentang bagaimana bisa saling mendukung dan memberi nilai bagi hidup satu sama lain.

14. Kesetaraan

Baik wanita dan laki-laki yang menjalin sebuah hubungan harus memiliki kesetaraan dan keseimbangan. Maksudnya, salah satu pihak tidak menekan pihak lain atau mendominasi hubungan. Kedua belah pihak memiliki ruang yang sama untuk berpendapat, membuat keputusan, berkompromi, atau hal lainnya.

Baca Juga: 8 Manfaat Jomblo, Baik untuk Kesehatan Mental hingga Fisik

15. Saling Bertanggung Jawab

Tanggung jawab berarti mengetahui konsekuensi dari perilaku atau perkataan dan mau memperbaikinya. Dalam sebuah hubungan, tanggung jawab berarti Anda berani untuk mengakui kesalahan, meminta maaf, dan memperbaiki hubungan dengan perubahan yang positif.

16. Adanya Persetujuan

Persetujuan (consent) adalah hal yang kadang dilupakan oleh pasangan karena perasaan saling memiliki. Misalnya, pasangan Anda harus tetap meminta persetujuan Anda sebelum mencium Anda. Bila Anda mengatakan tidak, maka pasangan Anda harus menghargai batasan privasi Anda tersebut.

Selanjutnya, Anda harus berkomunikasi lebih dalam dengannya tentang semua yang bisa dan tidak bisa Anda lakukan dengannya. Aturan tentang persetujuan ini berlaku untuk kedua belah pihak untuk hal-hal lainnya.

17. Kebahagiaan

Tanda pacaran sehat yang paling jelas adalah kebahagiaan. Tanyakan pada diri Anda sendiri dan pasangan apakah kebahagiaan itu ada dalam hubungan tersebut. Masalah dan hal-hal yang menyedihkan pasti ada di dalam hubungan, namun kebahagiaan tetap menjadi indikator yang paling jelas.

Sementara pacaran tidak sehat berjalan dengan sebaliknya. Anda dapat mengenali hubungan yang tidak sehat bila salah satu dari kalian ada yang tidak menghargai privasi, ketergantungan, tidak nyaman, dan cenderung saling menyakiti.

Tips Pacaran Sehat untuk Setiap Pasangan

Berikut ini beberapa tips pacaran sehat yang dapat Anda dan pasangan lakukan:

  • Hargai perbedaan yang ada.
  • Jangan menghakimi pasangan bila memiliki sudut pandang berbeda.
  • Selesaikan masalah bersama.
  • Komunikasi dengan baik tentang apapun yang mengganggu pikiran Anda.
  • Jangan emosional.
  • Bertanya pada pasangan tentang apa yang diinginkan dalam hubungan.
  • Bicara tentang masa depan.
  • Cobalah aktivitas baru bersama-sama.

Membina hubungan yang baik dan langgeng lebih sulit daripada menemukan seorang pasangan. Anda harus saling percaya, jujur, menghargai, mengerti, menciptakan kebahagian, dan usaha lainnya bersama. Bila Anda merasakan tanda pacaran tidak sehat, komunikasikan dengan pasangan untuk mencari solusi terbaik.

 

  1. Cherry, Kendra. 2020. How to Know If You Are In a Healthy Relationship. https://www.verywellmind.com/all-about-healthy-relationship-4774802. (Diakses pada 9 Juli 2020).
  2. Join One Love. 2020. 10 signs of a healthy relationship. https://www.joinonelove.org/signs-healthy-relationship/. (Diakses pada 9 Juli 2020).
  3. National Domestic Violence. 2020. What Is a Healthy Relationship?. https://www.thehotline.org/is-this-abuse/healthy-relationships/. (Diakses pada 9 Juli 2020).
  4. Raypole, Crystal. 2019. What Makes a Relationship Healthy?. https://www.healthline.com/health/healthy-relationship#red-flags. (Diakses pada 9 Juli 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi