Terbit: 20 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda sudah minum berapa gelas hari ini? Ya, minum air putih adalah salah satu kebutuhan penting untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi, jangan sampai berlebihan mengonsumsi air putih karena bisa membahayakan. Inilah bahaya yang masih jarang kita sadari.

Bahaya Bila Terlalu Banyak Minum Air, Ini 4 Dampaknya

Seperti kita ketahui, kebutuhan tubuh akan air putih  adalah 2 liter dalam sehari. Jumlah tersebut merupakan angka yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga keseimbangan elektrolit dan cairan tubuh.

Keseimbangan cairan tubuh harus selalu terjaga, karena asupan cairan yang kurang atau berlebihan sama-sama berbahaya dan bahkan dapat menyebabkan kematian.

Overhidrasi adalah kondisi dimana cairan dalam tubuh tidak seimbang sehingga menganggu sistem metabolisme dan elektrolit tubuh.

Menurut Journal of Nutrition Review dan British Journal of General Practice, overhidrasi akan menyebabkan tubuh kita mengalami hal-hal yang dapat menganggu organ dan fungsi tubuh yang vital, diantaranya:

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

1. Hiponatremia

 

Kondisi ini disebabkan asupan cairan yang sangat banyak sehingga kadar natrium dalam darah turun. Hiponatremia akan menyebabkan elektrolit dalam tubuh tidak seimbang dan pelepasan hormon tubuh akibat rendahnya kadar natrium dalam tubuh.

2. Kelainan pada fungsi jantung

 

Fungsi jantung akan terganggu akibat ketidakseimbangan mineral elektrolit pada tubuh. Hal ini bisa pula berkaitan dengan terjadinya hiponatremia yang menyebabkan keseimbangan elektrolit tubuh terganggu sehingga kadar kalium bisa berlebihan dalam tubuh dan menganggu fungsi jantung.

3. Edema atau pembengkakan

Kondisi hiponatremia akan membuat tubuh melepaskan hormon tertentu, misalnya vasopresin yang mengatur fungsi ginjal. Jika hormon vasopresin berlebihan fungsi ginjal akan terganggu dan menyebabkan terjadinya edema atau pembengkakan pada bagian tubuh, utamanya kaki

4. Gangguan fungsi pencernaan, utamanya pada kondisi pasca operasi

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa ada hubungan antara terlalu banyak asupan air dengan terganggunya ekskresi pasca operasi usus besar. Hal ini disebut memengaruhi peningkatan risiko kesakitan dan kematian pasca operasi.

Kondisi tersebut umumnya jarang terjadi atau menimbulkan bahaya jika kondisi kesehatan tubuh kita sedang prima. Namun, tetap saja kita harus mewaspadai bahwa asupan air minum yang berlebihan tidak baik untuk tubuh.

Air putih memang merupakan salah satu zat gizi yang penting untuk tubuh, akan tetapi konsumsinya yang berlebihan malah berbahaya. Jadi minumlah air putih sesuai kebutuhan tubuh saja, ya!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi