Alasan Mengapa Otot Tidak Cepat Terbentuk Saat Olahraga

doktersehat-cedera-fitnes
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Selain untuk menurunkan berat badan, olahrag juga dilakukan untuk membentuk otot agar terlihat lebih kekar dan kuat. Otot yang kuat juga bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit.

Sayangnya, walaupun olahraga telah dilakukan secara rutin, otot tak kunjung terbentuk. Lalu, apakah ada faktor yang mempengaruhi otot sehingga sulit terbentuk walaupun rajin berolahraga? Jawabannya adalah iya.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa otot gak kunjungn terbentuk walau olahraga telah dilakukan dengan rutin, diantaranya:

1. Program Latihan yang Monoton

Jenis latihan yang sama, cara yang sama, waktu yang sama, dan intensitas yang sama, ternyata bisa membatasi pembentukan otot. Hal ini dikarenakan jenis olahraga yang sama dan dilakukan hampir setiap hari dapat membuat tubuh terbiasa dan tidak tertantang. Sehingga, otot-otot di dalam tubuh tidak mengalami pembentukan. Ada baiknya jika Anda sering mengganti jenis latihan yang Anda lakukan setiap harinya.

2. Tidak Cukup Konsumsi Protein

Seperti yang Anda tahu bahwa asupan protein sangatlah penting bagi tubuh, khususnya ketika Anda sedang ingin menurunkan berat badan dan membentuk otot. Protein mengandung asam amino yang berperan penting dalam pembentukan otot. Akan tetapi, jika Anda kurang mengonsumsi protein, maka otot Anda tidak akan terbentuk. Justru sebaliknya, otot Anda akan terkikis saat melakukan latihan.

3. Hanya Latihan Kardio

Latihan kardio memang cocok untuk proses penurunan berat badan. Namun, tidak terlalu efektif dalam pembentukan otot. Oleh karenanya, Anda harus menambahkan latihan angkat beban di setiap waktu latihan Anda. Hal ii dikarenakan latihan angkat beban dipercaya lebih ampuh membentuk otot dibandingkan dengan latihan kardio.