Osfit DHA – Manfaat, Dosis, Efek Samping, dan Harganya

harga-osfit-dha-doktersehat

DokterSehat.Com – Osfit DHA obat apa? Osfit DHA adalah suplemen vitamin dan mineral yang biasanya diberikan kepada ibu hamil atau ibu menyusui. Obat osfit DHA termasuk obat bebas dan Anda bisa mendapatkannya di toko. Meskipun bebas, penggunaan obat osfit DHA harus sesuai dengan aturan.

Anda bisa membaca lebih lanjut penjelasan ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang obat osfit DHA termasuk informasi tentang bentuk sediaan osfit DHA, kandungan osfit DHA, harga osfit DHA, indikasi osfit DHA, kontraindikasi osfit DHA, manfaat osfit DHA, dosis osfit DHA dan efek samping osfit DHA.

  • Nama: Osfit DHA
  • Kelas Terapi: Suplemen » Kehamilan dan Menyusui
  • Monografi Obat: Kalsium, vitamin D3, dan minyak ikan

Bentuk Sediaan Osfit DHA

Serupa dengan aneka jenis suplemen kehamilan lainnya, obat osfit DHA yang ada di pasaran tersedia hanya dalam satu bentuk sediaan saja. Bentuk sediaan suplemen osfit DHA adalah kapsul lunak. Kapsul osfit DHA berwarna salem muda.

Kandungan Osfit DHA

Osfit DHA terdiri dari tiga macam kandungan. Ketiga kandungan osfit DHA di antaranya adalah kalsium, vitamin D3, dan minyak ikan. Minyak ikan yang ada di dalam osfit DHA mengandung asam lemak omega 3.

Jumlah kandungan kalsium pada osfit DHA adalah sebanyak 200 mg. Hal yang sama juga berlaku pada kandungan minyak ikan di dalam osfit DHA yaitu sejumlah 200 mg juga. Osfit DHA juga mengandung vitamin D3 sebanyak 100 IU.

Sebenarnya, ketiga jenis kandungan tersebut sudah ada di dalam makanan sehari-hari. Akan tetapi, jumlah asupan kalsium, vitamin D3, dan asam lemak omega 3 tidaklah memadai bagi ibu hamil dan ibu menyusui. Oleh karena itu, ibu hamil atau ibu menyusui dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen osfit DHA agar asupan ketiganya tercukupi.

Harga Osfit DHA

Suplemen osfit DHA memiliki harga jual yang masih terjangkau oleh banyak kalangan. Harga osfit DHA untuk satu dos adalah Rp140.000. Setiap satu dos osfit DHA berisi tiga blister dan setiap satu blister berisikan masing-masing 10 kapsul.

Dengan demikian, harga osfit DHA adalah Rp47.000 per blister atau Rp4.700 per tablet. Anda bisa membeli osfit DHA di apotek atau toko online. Ada kemungkinan, harga osfit DHA yang Anda temukan sedikit lebih murah atau lebih mahal dari kisaran harga yang telah disebutkan.

Indikasi Osfit DHA

Penggunaan osfit DHA adalah untuk orang-orang yang membutuhkan asupan tambahan kalsium, vitamin D3, dan asam lemak omega 3. Orang-orang yang umumnya berada pada kondisi tersebut adalah para ibu hamil dan menyusui.

Jadi, ibu hamil atau ibu menyusui bisa dan bahkan dianjurkan untuk memakai osfit DHA agar asupan zat-zat gizi yang penting selama masa kehamilan dan menyusui tercukupi dengan baik.

Kontraindikasi Osfit DHA

Suplemen osfit DHA tidak memiliki kontraindikasi. Hal ini dikarenakan kandungan osfit DHA yang merupakan vitamin dan mineral. Akan tetapi, ini tidak menutup kemungkinan adanya hipersensitivitas atau gangguan organ lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan sebelum menggunakan osfit DHA.

Manfaat Osfit DHA

Obat osfit DHA memiliki beberapa manfaat karena mengandung beberapa zat gizi penting. Manfaat osfit DHA melalui kandungan kalsiumnya dapat membantu proses pembentukkan tulang janin sehingga tulang terbentuk secara sempurna dan memiliki kepadatan yang baik.

Adanya kandungan kalsium di dalam osfit DHA juga dapat membantu produksi ASI ibu sehingga baik dikonsumsi oleh ibu menyusui. Masa kehamilan dan menyusui membutuhkan asupan kalsium yang cukup banyak.

Jika asupan kalsium Anda kurang selama kedua masa tersebut maka peluang untuk mengalami osteoporosis dini menjadi lebih besar. Namun, jika Anda mengonsumsi suplemen osfit DHA maka ini bisa mencegah terjadinya osteoporosis dini. Selain itu, kalsium juga bermanfaat untuk mencegah pre-eklamsi selama hamil.

Kandungan osfit DHA yang berisi vitamin D3 juga memiliki kontribusi terhadap pertumbuhan tulang dan gigi. Manfaat osfit DHA juga baik untuk perkembangan otak anak sejak masih di dalam kandungan.

Adanya asam lemak omega 3 di dalam minyak ikan yang merupakan salah satu kandungan osfit DHA dapat membantu fungsi otak anak berkembang dengan baik. Selain itu, minyak ikan juga di dalam osfit DHA juga bermanfaat untuk memperbaiki fungsi dari beberapa orga dan sistem organ seperti ginjal, saluran cerna, dan lainnya.

Manfaat osfit DHA juga bisa meningkatkan dan menjaga kesehatan indera penglihatan anak. Kandungan EPA dan DHA di dalam minyak ikan pada osfit DHA berperan terhadap kesehatan mata anak sejak di dalam rahim.

Dosis Osfit DHA

Hendaknya, pemakaian suplemen osfit DHA sesuai dengan dosis yang sudah ditentukan. Hal ini bertujuan agar Anda bisa mendapatkan manfaat osfit DHA dan juga agar terhindar dari efek samping osfit DHA.

Dosis osfit DHA adalah 1 hingga 2 kapsul dalam sehari. Minumlah osfit DHA bersama dengan makanan. Ini dapat mencegah rasa ketidaknyamanan pada lambung. Penyerapan kandungan osfit DHA juga lebih baik jika digunakan bersama makanan.

Belum tentu semua ibu hamil atau ibu menyusui cocok dengan dosis tersebut. Ada  kasus tertentu seperti hamil kembar yang membuat ibu perlu mendapatkan dosis lebih tinggi. Akan tetapi, tambahan dosis ini hanya bisa dilakukan atas rekomendasi dokter kandungan. JANGAN meningkatkan dosis tanpa izin dokter.

Efek Samping Osfit DHA

Umumnya, pemakaian obat osfit DHA tidak menimbulkan efek samping yang berarti jika digunakan sesuai aturan pakai dan dosis yang tepat. Namun, ada beberapa laporan yang menyebutkan bahwa efek samping osfit DHA bisa memicu rasa mual.