Terbit: 3 Oktober 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Selama ini kita hanya mengenal orgasme yang dialami pria didapatkan dari rangsangan penis saat melakukan seks atau masturbasi. Padahal orgasme yang dialami oleh pria jenisnya ada cukup banyak. Kenikmatan tidak hanya terjadi saat ejakulasi saja. Ada kenikmatan lain yang bisa dicoba pria.

Orgasme Prostat pada Pria, Apa Manfaat dan Bagaimana Caranya?

Apa Itu Orgasme Prostat?

Orgasme prostat agak berbeda dengan jenis orgasme yang dialami pria karena ada rangsangan dari penis yang intens. Orgasme prostat mungkin agar berbeda dan tidak sehebat orgasme dengan rangsangan penis. Meski demikian, mendapatkan orgasme prostat akan memberikan pengalaman yang hebat pada pria.

Oh, ya, karena prostat letaknya berada di dalam dan kerap diakses dari anus, banyak pria enggan mendapatkannya karena dianggap sangat homoseksual. Padahal kenikmatan yang didapatkan dari prostat tidak ada hubungannya dengan orientasi seksual seseorang sama sekali.

Apakah Orgasme Prostat Bisa Diciptakan?

Sebelum membahas ada atau tidaknya orgasme prostat, ada baiknya kita tahu terlebih dulu apa itu prostat. Prostat adalah organ kecil yang letaknya dekat dengan kandung kemih. Ukuran dari organ ini sebesar biji kenari meski efeknya cukup besar pada pria.

Prostat sendiri mirip sekali dengan klitoris pada wanita. Organ itu mengandung banyak sekali saraf yang terhubung ke otak. Kalau organ mendapatkan rangsangan, rasa nikmat akan langsung terasa. Prostat pun juga memberikan rasa nikmat pada pria hingga kemungkinan terjadi orgasme cukup besar.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Beberapa pria mengaku mendapatkan dorongan rasa nikmat saat prostat dirangsang dengan intens. Meski demikian, rasa nikmatnya sedikit berbeda dengan orgasme yang dialami saat melakukan seks vaginal. Pria tidak akan sampai mengeluarkan air mani meski rasa nikmatnya cukup besar.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan beberapa dokter, orgasme prostat belum dikategorikan dengan orgasme. Selain itu, belum ada penelitian yang banyak dan detail yang menjelaskan kondisi ini.

Beberapa pria merasakan nikmat yang hebat meski tidak sebesar orgasme yang biasa didapatkan. Meski demikian, orgasme prostat akan memberikan variasi orgasme yang dialami oleh pria. Dengan begitu mereka tidak akan mudah mengalami kebosanan.

Cara Orgasme Prostat yang Mudah

Seperti yang telah dibicarakan sebelumnya, orgasme prostat cukup susah dilakukan. Hal ini bisa terjadi karena letak prostat berada di dalam anus dan bersebelahan dengan kandung kemih. Untuk mengakses prostat, pria harus menggunakan jarinya untuk dimasukkan ke anus.

Selain menggunakan jari sendiri untuk melakukan pemijatan pada prostat, pria juga bisa menggunakan alat yang bentuknya mirip dengan dildo atau vibrator. Alat ini dimasukkan ke dalam anus untuk memberikan getaran atau sengatan listrik kecil agar rangsangan dirasakan langsung oleh prostat.

Pria jarang sekali mencoba orgasme prostat karena menganggap cara ini berkaitan dengan aktivitas seks pria homoseksual. Padahal pemijatan pada prostat tidak berkaitan dengan orientasi seks seseorang. Mendapatkan orgasme prostat tidak akan mengubah orientasi seks seseorang.

Selanjutnya pria juga malu kalau ingin melakukannya. Tidak mungkin pasangan disuruh memasukkan alat ke dalam anusnya padahal pria seharusnya melakukan hal itu pada pasangan. Oh ya, saat ini ada tren seks bernama pegging. Wanita akan bertindak seolah menjadi pria dan melakukan penetrasi pada pria.

Apa pun pilihan Anda dalam melakukan seks dengan pasangan, yang penting Anda bisa enjoy dalam melakukannya. Kalau tidak bisa enjoy melakukannya, berbagai aktivitas seks yang dilakukan pun tidak bisa memberikan efek nikmat dan juga puas. Jadi, perhatikan hal ini dengan baik,

Apa Manfaat Orgasme pada Pria?

Sebenarnya pria tidak harus melakukan orgasme prostat untuk menjaga kesehatan dari prostat itu sendiri. Kalau memang tidak nyaman dan berisiko melukai penis, jangan lakukan dan ganti saja dengan melakukan seks seperti biasa. Dengan melakukan seks vagina dan mendapatkan orgasme pria bisa melindungi prostat dari kanker.

Selain melakukan seks vagina, pria yang kebetulan belum menikah juga bisa melakukan masturbasi sesuai kebutuhan. Dari sebuah penelitian, mendapatkan orgasme dan melakukan ejakulasi setidaknya 21 kali sebulan akan menurunkan peluang pria mengalami kanker prostat sebanyak 22%. Kalau Anda ingin lebih bebas lagi perbaiki gaya hidup dan berhenti merokok sekarang juga.

Meski orgasme memiliki manfaat pada pria, ada baiknya untuk tidak melakukannya secara berlebihan. Dikhawatirkan kalau Anda terobsesi dengan orgasme, seks jadi tidak akan menarik lagi dan jadi ketagihan. Mau mendapatkan orgasme normal atau orgasme jenis apa pun tidak masalah, yang paling penting bisa memberikan kepuasan seksual.

Terkadang seseorang sudah mendapatkan orgasme, tapi dia belum puas. Seks tidak hanya berhubungan dengan kepuasan fisik semata, tapi juga kepuasan pikiran saat melakukannya.

Demikianlah sekilas ulasan tentang orgasme prostat yang bisa dialami pria. Nah, selama melakukan seks selama ini, jenis orgasme pada saja yang pernah Anda alami dengan pasangan? Apa pun jenis, tetap lakukan seks secara sehat, ya!

 

 

Sumber:

  1. Web MD. Are There Health Benefits of a Prostate Massage?. https://www.webmd.com/men/prostate-massage#1. (Diakses pada 17 September 2019).
  2. Dresden, Danielle. 2018. What are the benefits of prostate massage therapy?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/314168.php. (Diakses pada 17 September 2019).
  3. Inverse. Orgasm Study Reveals Why the Prostate Really is the ‘Male G-Spot’. https://www.inverse.com/article/39602-prostate-stimulation-sex-science-male-g-spot. (Diakses pada 17 September 2019).
  4. Melvoin-Berg, Ken. 2019. 5 Things You Need to Know About Prostate Health. https://www.verywellhealth.com/things-to-know-about-prostate-health-4066015. (Diakses pada 17 September 2019).

 


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi