Terbit: 15 November 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ada orang yang cenderung mudah mengeluarkan keringat meski suhu udara tidak begitu panas, namun ada orang yang justru tidak mudah berkeringat meski sudah kepanasan, melakukan aktivitas fisik, atau bahkan mengonsumsi makanan pedas. Sebenarnya, apa penyebab dari orang yang tidak bisa berkeringat?

Ternyata, Ada Orang yang Tidak Bisa Berkeringat

Pakar kesehatan menyebut kondisi ini sebagai anhidrosis. Meskipun tidak banyak, ada orang yang memang terlahir dengan kondisi ini. Penyebabnya masih belum diketahui meskipun ada dugaan jika hal ini terkait dengan gangguan saraf atau kulit.

Hanya saja, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh kekurangan asupan cairan seperti saat sedang diare, kulit yang rusak akibat luka bakar atau terkena gangguan psoriasis, kerusakan kelenjar keringat, kerusakan saraf, gangguan metabolisme seperti penyakit fabri, sindrom sjogren, hingga konsumsi obat-obatan tertentu.

Gejala paling jelas dari kondisi anhidrosis ini adalah tubuh yang hanya mengeluarkan sedikit keringat atau bahkan tidak berkeringat sama sekali meski tubuh sudah merasa panas. Biasanya, mereka juga akan mengalami kulit yang memerah, khususnya pada wajah, kram otot, sensasi melayang, hingga tubuh yang lemah dan kram otot.

Terkecuali jika hal ini disebabkan oleh dehidrasi atau gangguan saraf akibat diabetes, kondisi anhidrosis biasanya tidak bisa dicegah, apalagi jika seseorang memang terlahir dengan kondisi ini. Hanya saja, mereka harus mewaspadai kemungkinan adanya komplikasi dari kondisi anhidrosis yang berbahaya seperti heatstroke.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Sebagai informasi, heatstroke adalah kondisi yang membuat tubuh memiliki suhu lebih tinggi dari 40,5 derajat Celcius. Tak hanya kepanasan, penderitanya bahkan bisa mengalami penurunan kesadaran. Kondisi ini lebih sering menyerang anak-anak dibandingkan dengan orang dewasa karena tubuhnya belum mampu melakukan proses pengeluaran panas dengan efisien.

Jika sampai penderita anhidrosis kepanasan namun tidak kunjung bisa berkeringat, segeralah pergi ke tempat yang lebih sejuk. Jika mampu, nyalakan kipas angin atau AC dan lepas beberapa pakaian sehingga proses pendinginan tubuh bisa berlangsung dengan lebih baik. Jika memang akan beraktivitas di lingkungan atau cuaca yang panas, gunakanlah pakaian yang longgar dan tidak terlalu panas agar tidak sampai mengalami gangguan suhu internal tubuh.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi