Orang Indonesia Masih Malas Makan Sayur

sayur-doktersehat
Photo Source: Flickr/avlxyz

DokterSehat.Com– Meskipun sayuran termasuk dalam bahan makanan yang mudah didapatkan di berbagai tempat di Indonesia dengan harga yang murah, dalam realitanya konsumsi  sayur masyarakat Indonesia masih sangat rendah. Gaya hidup yang tidak sehat, khususnya dalam hal memilih makanan yang tidak memiliki kadar gizi yang seimbang masih diterapkan oleh sebagian masyarakat Indonesia.

Nuri Andarwulan dari Southeast Asian Food and Agricultular Science and Technology SEAFAST CENTER dari LPPM-IPB menyebutkan bahwa konsumsi sayuran dan buah masyarakat Indonesia baru 180 gram per kapita per hari. Padahal, standar yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia WHO mencapai 400 gram per kapita per hari. Hal ini berarti, konsumsi sayur dan buah masyarakat Tanah Air masih jauh dari standar sehat.

“Ironisnya, menanam sayur di Indonesia adalah hal yang sangat mudah dilakukan. Kita bahkan bisa menanamnya di lahan yang sempit atau di halaman rumah. Soal pasokan sayur dan buah, kita juga sama sekali tidak memiliki kendala,” ungkap Nuri.

Meskipun secara produksi sudah melimpah, distribusi sayur dan buah bisa jadi masih menjadi salah satu faktor mengapa konsumsi sayur dan buah di Indonesia masih rendah. Meski harganya di wilayah produsen buah masih murah, saat mencapai di kota-kota besar, harganya bisa naik cukup banyak.

“Buah misalnya, banyak yang harganya menjadi lebih mahal padahal dari petani langsung cukup murah. Masyarakat akan lebih mementingkan kebutuhan karbohidrat agar perut bisa kenyang dan menjadi sumber energi. Padahal, makanan berserat juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang sangat penting bagi kesehatan tubuh,” lanjut Nuri.

Orang dewasa membutuhkan 2.200 kalori setiap hari agar bisa mendapatkan energi yang dibutuhkan untuk beraktivitas. Sekitar separuh dari sumber energi ini didapatkan dari karbohidrat seperti nasi, sekitar 30 persen didapatkan dari lemak, dan sisanya berasal dari protein. Kita juga perlu mengonsumsi sayur dan buah yang kaya akan vitamin dan mineral yang sangat penting bagi kesehatan berbagai sistem yang ada di dalam tubuh.

Jika kita tidak memenuhi kebutuhan sayur dan buah dengan cukup setiap hari, dikhawatirkan kita akan mengalami masalah kesehatan seperti obesitas, diabetes, penyakit kardiovaskular, hingga gangguan pencernaan.