Terbit: 23 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Memiliki paha yang besar kadang menjadi momok yang selalu dirasakan oleh sebagian orang, khusunya wanita. Menurut mereka, paha besar memang bisa merusak penampilan, sehingga wajar saja jika orang berpaha besar kerap tak percaya diri dengan penampilannya. Hal itu diperparah lagi jika celana menjadi ketat dan lemak pada paha terlihat dengan jelas. Maka tak jarang wanita berpaha besar sering menggunakan celan kombor (tidak ketat) dalam setiap aktivitasnya.

Orang dengan Paha Besar Lebih Aman dari Diabetes?

Sampai saat ini, tidak sedikit wanita yang berupaya mengecilkan pahanya dengan serentetan cara, mulai dari membatasi makanan yang dikonsumsi sampai olahraga secara rutin. Bahkan, tak sedikit pula yang rela mengonsumsi obat-obatan agar bisa mengecilkan paha secara instan. Padahal obat-obatan yang dikonsumsi tersebut belum tentu aman dan pasti memiliki efek samping yang cukup membahayakan.

Perlu diketahui, sebenarnya Anda yang memiliki paha besar patut berbahagia dan jangan berkecil hati hanya karena merusak penampilan. Pasalnya, orang berpaha besar lebih aman dari ancaman penyakit berbahaya, seperti diabetes. Ya, itu fakta dan telah dibuktikan oleh penelitian yang baru saja dilakukan dipublikasikan dalam Journal of Endocrinology and Metabolism.

Dari penelitian tersebut, dikatakan bahwa lingkar paha seseorang menentukan risiko datangnya penyakit diabetes. Hampir dari 30 persen penderita diabetes adalah mereka yang memiliki lingkar paha yang kecil. Dijelaskan pula, lebih baik seseorang memiliki paha besar namun perut ramping, daripada paha ramping tapi perut besar.

Hal ini bukanlah mitos lagi, tapi sudah dibuktikan oleh penelitian tersebut. Dan hebatnya lagi, pada alat penelitian yang berupa skrining sederhana itu mendapati hasil normal ketika memeriksa pasien dengan paha yang besar. Dari ribuan orang pasien yang telah diperiksa menggunakan alat tersebut, didapatkan hasil bahwa penderita diabetes lebih banyak dari orang dengan lingkar paha non-tipis, alias berpaha besar.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi