Terbit: 18 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Aktivitas seks apa pun jenisnya masih berisiko menularkan beberapa penyakit berbahaya. Beberapa penyakit yang bisa ditularkan adalah kutil kelamin. Virus HPV yang hidup di sekitar kemaluan bisa masuk ke dalam mulut dan akhirnya menyebar ke tubuh khususnya di zona sensitif.

5 Persiapan yang Harus Anda Lakukan Sebelum Melakukan Seks Oral yang Aman

Selain virus HPV yang pada wanita bisa menyebabkan kanker serviks, oral seks juga bisa menularkan penyakit lain seperti HIV kalau di area mulut ada luka dan gonore yang sangat berbahaya bagi pria dan wanita.

Nah, agar risiko seks oral bisa dihilangkan atau dikurangi, lakukan persiapan dengan baik. Ikuti beberapa hal di bawah ini dengan benar agar seks jadi menyenangkan dan tetap sehat.

  1. Membersihkan diri

Sebelum melakukan aktivitas seks apa pun jenisnya, sebisa mungkin untuk membersihkan diri dengan mandi. Bersihkan semua kotoran yang ada pada tubuh mulai dari atas sampai ke bawah.

Bersihkan kemaluan hingga kesat dan tidak ada kotoran yang menempel. Kalau kemaluan bersih, seks oral bisa dilakukan dengan lebih aman. Anda bisa melakukannya dengan pasangan bergantian tanpa perlu takut terkena penyakit atau terjadi apa-apa dengan kemaluan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

  1. Menggunakan kondom atau dental dam

Melakukan seks oral memang disarankan menggunakan kondom atau dental dam. Kondom bisa dipasangkan pada penis sehingga bagian-bagian yang mungkin memiliki penyakit seperti kutil tidak akan menular ke pasangan sehingga ikut-ikutan terkena kutil atau malah kanker serviks.

Pada wanita, dental dam bisa diletakkan di permukaan dari vagina. Dengan meletakkan di sana, pria masih bisa memberikan stimulasi yang lebih besar. Meski wanita memiliki gangguan seperti keputihan, aktivitas ini tidak akan berisiko untuk dirinya atau pasangan.

Beberapa pasangan mungkin tidak suka dengan pengaman ini karena seperti mengisap karet. Untuk menyiasati hal ini Anda bisa menggunakan kondom aroma sehingga bisa melakukan seks oral dengan lebih intens.

  1. Membersihkan mulut dan tangan

Seks oral memang berfokus pada kemaluan saja. Namun, untuk melakukan aktivitas sini tangan dan mulut juga dibutuhkan. Nah, agar seks bisa berjalan dengan lebih lancar dan tanpa gangguan, coba untuk membersihkan tangan dan mulut sebelum memulainya.

Mulut yang kotor sehabis makan bisa saja mengandung bakteri yang buruk untuk kemaluan dan tubuh. Selanjutnya, tangan yang kotor bisa saja membawa bibit penyakit. Kalau tangan ini sampai menyentuh kemaluan dan Anda melakukan oral pada bagian itu, bakteri bisa saja masuk.

Sikat gigi hingga bersih sebelum melakukan seks oral dengan pasangan. Selanjutnya cuci tangan atau gunakan hand sanitizer.

  1. Periksa adanya luka atau kotoran

Setelah serangkaian mandi dan pembersihan badan dilakukan periksa kembali kemaluan sendiri atau pasangan. Biasanya dengan pengamatan langsung akan terlihat ada atau tidaknya kotoran yang masih menempel.

Perhatikan juga ada atau tidaknya luka yang muncul di sekitar kelamin. Di sekitar luka muncul hal aneh atau tidak seperti agak bernanah dan kasar. Jika ya, penggunaan kondom atau dental dam harus diakukan.

  1. Lakukan dengan perlahan

Seks oral tidak bisa dilakukan dengan tergesa-gesa. Pertama, kemaluan memiliki kulit yang cukup sensitif dan mudah sekali terluka. Kedua, mulut memiliki banyak gigi yang tajam sehingga kemaluan bisa saja terluka dan mengeluarkan darah.

Lakukan seks oral perlahan agar pasangan bisa menikmatinya. Setelah pasangan tidak tahan, barulah penetrasi bisa dilakukan kalau memang Anda menginginkannya.

Semoga cara melakukan seks oral di atas dapat Anda praktikkan dengan baik sehingga aktivitas di atas ranjang bisa berjalan dengan hebat.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi