Terbit: 13 Agustus 2018 | Diperbarui: 14 Agustus 2018
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Operasi plastik tidak hanya digemari oleh para wanita saja, tetapi juga para pria. Di beberapa negara seperti Thailand dan juga Korea Selatan dengan tingkat operasi plastik yang sangat tinggi, operasi plastik pria juga menjadi hal yang lumrah.

7 Jenis Operasi Plastik Pria yang Paling Digemari

Operasi plastik pria Indonesia juga kini bukan lagi hal yang mengagetkan. Banyak kalangan artis yang memilih prosedur ini sebagai usaha untuk memperindah penampilan. Salah satunya adalah seperti Roy Kiyoshi yang merupakan salah satu presenter yang namanya sedang naik daun belakangan ini yang dikabarkan melakukan prosedur operasi plastik beberapa waktu yang lalu.

Di Indonesia sendiri angka pasien operasi plastik wanita dan pria memang tidak jauh berbeda, terutama di kota-kota besar. Operasi plasik pria apa saja yang paling banyak dilakukan oleh pria di dunia? Berikut adalah 7 di antaranya!

1. Gynecomastia surgery

Operasi plastik pria paling diminati yang pertama adalah gynecomastia surgery atau yang disebut juga dengan male breast reduction. Ginekomastia merupakan kelainan akibat ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan payudara pria membengkak dan terasa nyeri. Perubahan bentuk tubuh yang tidak lazim ini tentunya mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri pengidapnya.

Karena penyebabnya adalah hormonal, maka ginekomastia tidak dapat disembuhkan dengan diet dan penurunan berat badan. Salah satu cara paling tepat adalah melalui pembedahan eksisi ataupun sedot lemak. Kasus ginekomastia cukup tinggi sehingga operasi ini pun menjadi salah satu operasi plastik pria dengan kasus terbanyak setiap tahunnya.

Pemulihan total setelah operasi plastik ini membutuhkan waktu selama kurang lebih 3 hingga 6 bulan. Anda juga tidak diperbolehkan untuk berolahraga dan beraktivitas berat selama kurang lebih sebulan setelah melakukan operasi plastik ini.

2. Pectoral Implant Surgery

Operasi plastik pria yang paling digemari selanjutnya adalah kebalikan dari male breast reduction, yaitu pectoral implant surgery. Operasi plastik pria yang satu ini memiliki prosedur yang mirip seperti breast augmentation pada wanita. Namun perbedaannya adalah silicon yang digunakan lebih kaku dan kuat dibandingkan dengan yang digunakan untuk implan payudara pada wanita.

Tujuan dari operasi plastik pria yang satu ini tentu saja untuk mendapatka bentuk dada yang bidang secara instan. Sama seperti male breast reduction, operasi plastik ini juga tidak membolehkan Anda beraktivitas terlalu berat pada beberapa minggu awal.

3. Operasi mata

Operasi plastik pria yang paling digemari yang ketiga adalah operasi mata. Operasi ini juga menjadi operasi plastik yang digemari oleh para wanita. Operasi plastik mata yang bertujuan untuk menambah kelopak mata banyak dilakukan oleh orang Asia yang kebanyakan memiliki mata monolid.

Selain untuk menambahkan kelopak mata, banyak juga pria yang melakukan operasi plastik bagian mata untuk menghilangkan kantong mata dan kerutan di sekitar mata agar terlihat lebih muda.

4. Operasi hidung

Operasi hidung bisa dikatakan sebagai salah satu operasi plastik pria Indonesia yang paling diminati. Operasi hidung tidak selalu berkaitan tentang kecantikan, tetapi ada juga yang melakukan prosedur ini karena memang memiliki kelainan pada hidung. Biasanya akan dibutuhkan tulang rawan yang akan diambil dari bagian telingan atau tulang rusuk untuk meronstruksi bentuk hidung.

Jaringan pada hidung baru akan terbentuk sempurna kurang lebih satu tahun setelah operasi dilakukan. Tapi operasi plastik pria yang satu ini biasanya hanya membutuhkan waktu pemulihan bebererapa hari saja hingga efek bengkak menghilang.

baca juga : Heboh Roy Kiyoshi, Seperti Apa Sih Dampak Operasi Plastik?

5. Operasi dagu dan rahang

Selain operasi hidung, operasi plastik pria Indonesia yang tidak kalah diminati juga adalah operasi dagu dan rahang. Operasi plastik dagu atau chin plasty adalah prosedur untuk merubah konstruksi dagu baik itu menembahkan maupun mengurangi.

Bentuk dagu memang seringkali dihubungkan dengan ketampanan seseorang. Tapi selain untuk kepentingan estetik, operasi rekonstruksi dagu dan rahang juga sering kali dilakukan pada orang yang memiliki bentuk rahang yang kurang sempurna dan hal tersebut tidak hanya mengganggu penampilan tapi juga bisa menimbulkan rasa sakit ketika menggerakkan rahang.

6. Transplantasi rambut

Masalah kerontokan rambut juga lebih sering menyerang pria dibandingkan dengan wanita. Tentunya tidak semua pria juga merasa percaya diri dengan modet rambut botak. Hal ini lah yang menjadikan transplantasi rambut sebagai salah satu jenis operasi plastik pria yang paling digemari.

Terdapat dua jenis transplantasi rambut yaitu Follicular Unit Transplantation (FUT) dan juga Follicular Unit Extraction (FUE). Metode FUT menghasilkan hasil rambut yang lebih alami tetapi juga membutuhkan biaya yang lebih mahal dibandingkan dengan FUE.

7. Liposuction

Tidak hanya wanita saja yang tidak percaya diri dengan lemak di bagian perut, banyak pria yang mengalami hal serupa. Liposuction atau dikenal juga sedot lemak adalah proses pembuangan jaringan lemak yang umumnya pada bagian perut dan panggul.

Liposuction hanya membutuhkan sayatan kecil pada prosesnya dan hanya membutuhkan waktu kurang lebih dua mingu untuk pemulihan.

Itu dia 7 operasi plastik pria paling diminati di dunia. Selain prosedur operasi plastik, banyak juga pria yang melakukan prosedur lain seperti filler, botox, hingga tanam benang untuk memperindah wajahnya.

Operasi plastik merupakan prosedur yang harus dikerjakan oleh ahli medis profesional. Apapun alasan Anda melakukan operasi plastik dan prosedur kecantikan lainnya, pastikan Anda sudah mengerti apa saja risiko yang akan Anda hadapi ke depannya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi