Terbit: 16 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Biasanya, prosedur operasi dilakukan dengan lampu yang terang. Tujuannya adalah agar dokter bedah bisa melihat dengan jelas bagian mana yang perlu diangkat. Namun, operasi yang dilakukan di Hospital of the University of Pennsylvania ini justru dilakukan dengan mematikan lampu. Kok bisa?



Photo Source: AP

Dikutip dari Fox News, di dalam kegelapan, dada pasien seperti menyala dan di area sekitar jantung terlihat seperti memendarkan cahaya berwarna pink keunguan. Ternyata, cahaya ini berasal dari semacam pewarna khusus yang memancarkan cahaya. Pewarna ini bisa mendeteksi kanker yang tersembunyi dan tidak bisa dilihat oleh mata biasa.

Dr. Sunil Singhal dari University of Pennsylvania menyebutkan bahwa dengan memakai pewarna khusus yang bisa bercahaya ini, maka dokter bisa mendeteksi sel kanker dengan lebih jelas, bahkan meskipun sel ini tersembunyi. Bahan pewarna yang bisa memancarkan cahaya berpendar ini masih dalam tahapan percobaan dan sepertinya akan disetujui penggunaannya oleh Food and Drug Administration (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat).

Sepuluh tahun lalu, Dr. Singhal mengoperasi seorang siswa yang menderita kanker paru. Operasi selesai dilakukan namun ternyata masih ada sel kanker yang tersembunyi dan tidak Ia angkat. Siswa tersebut pun meninggal tak lama setelahnya. Sang dokter sangat terpukul dengan kejadian ini.

Saat bermain dengan anaknya, Dr. Singhal terkesima dengan stiker yang bisa memancarkan cahaya saat gelap. Ia pun berpikir jika mungkinkah hal ini bisa membuat sel-sel kanker juga bercahaya.

Ia pun kemudian mencari informasi tentang zat pewarna benama ICG yang memang sudah lama dipakai dalam dunia medis. Jika diinjeksikan pada tubuh pasien sehari sebelumnya dalam dosis yang banyak, maka zat pewarna ini akan terkumpul di sel kanker dan membuatnya bercahaya jika terpapar sinar infra merah.

Dr Sunghil pun kemudian menggunakan zat pewarna ini pada Ryan Ciccozi, pria berusia 45 tahun yang juga harus dioperasi karena kanker. Hasilnya adalah, Ia bisa menemukan banyak sekali sel-sel kanker tersembunyi yang perlu diangkat. Operasi pun bisa dilakukan dengan jauh lebih baik dari sebelumnya.

Di masa depan, penggunaan zat pewarna ini sepertinya akan semakin banyak dilakukan, khususnya pada penderita kanker payudara dan kanker lainnya.

Kemajuan teknologi kesehatan semakin keren saja, ya Sobat Sehat?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi